Oleh: wongtani | 6 Januari 2009

HAMA KEONG EMAS

keong-mas-3 Keong Emas atau Siput Murbei, Lampasa, orang menyebutnya, sekilas organisme ini bila dilihat nampak menarik dengan warna keemasan atau lebih keliatan kuning bila hidup pada air yang jernih. Sebagian orang memanfaatkannya untuk pakan ternak, juga dikonsumsi sebagai lauk dengan cara merebusnya terlebih dahulu baru digoreng atau di sate… wah menurut pengakuan mereka rasanya enak juga sih tapi jadi ngeri juga kalau-kalau jadi inang cacing pita dan masuk keperut kita, hii…. . Ada yang mungkin menaruhnya ke dalam akuarium atau sekedar dipelihara dalam wadah ember atau drum buat iseng atau hiburan?! yah karena memang cepat sekali perkembangbiakannya, cukup dikasi makan hijauan saja dia sudah bisa hidup dan beranak pinak. Eh..asal jangan iseng aja habis itu di bawa dan dilempar ke daerah persawahan yang memang belum ada keong masnya, bisa-bisa disumpahin tuh sama Bapak bapak Petani karena akan merepotkan bahkan cenderung membikin prustasi petani sepert aku.

Keong mas disawah kami berawal dari keisengan teman di tahun 1998 an, dia iseng bawa dua ekor untuk dipelihara dan mungkin lupa akhirnya si keong beranak pinak dan keluar dari tempatnya…pada tahun 2001 sudah ada masuk sawah, dikendalikan manual dengan menangkap dan membunuhnya. Seterusnya tahun 2006 ke 2007 aku mulai stres dengan begitu banyaknya keong disawah, dengan membayar upah tangkapan 1000 per kg keong anak-anak dan orang dewasa ramai menangkapinya giliran yang bayar pusing he he he……karena kadang total terkumpul sampai 400 kg lebih, hal ini kulakukan karena tak ingin padiku rusak juga untuk menekan opulasi keong mas menginggat saat itu belum menemukan pengendalian secara kimiawi.

Gimana gak prustasi bibit padi yang baru ditanam tak nunggu hitungan jam apalagi hari, udah pada dimakan habis. Akhirnya kita sulami dengan bibit baru eh…masih juga ludes dimakan, hingga sudah sering masuk media massa terjadi serangan keong mas di daerah A derah B dan seterusnya. Memang luar biasa merusak karena jumlahnya banyak kalau sedikit yah itu tadi menarik kalau udah jadi banyak wah BIANG KEROK dah, sehingga tetangga lain daerah sudah panen punya kita telat jadinya bahkan ada yang mogok gak ditanami lagi.

 telur keong

Coba dilihat foto diatas…., merah muda…segar…kaya bubur mutiara deh! tapi jangan dimakan lho…itu telor” SANG BIANG KEROK” alias Keong Emas. Keong Emas meletakkan telornya didahan, ranting, rumput dimana dia hidup dan selalu dipermukaan, menariknya setelah kami amati dia letakkan telornya sesuai ketinggian air pasang artinya hampir bisa kami pastikan air pasang yang masuk akan setinggi atau dibawah sang keong emas meletakkan telornya. Menarik bukan untuk dicermati, sehingga pada sawah selalu kami tancapkan kayu atau bambu untuk sang Keong meletakkan telornya kemudian kami musnahkan, sehingga mampu menekan populasinya.

Untuk saudaraku petani ditulisan berikutnya aku bahas bagaimana caranya memusnahkan si BIANG KEROK, agar kita bisa tersenyum lagi…

About these ads

Responses

  1. Saya ♍åÛ menawarkan keong tutut mentah /kg 7000. Stok bnyak hub kami ĐĨ 021 96527171

  2. aslakum, klu belh dan tidak keberatan , cantumkan juga nutrisi kelemahan keong sawah , perbandigan antar tepung keong mas dan tepung ikan

  3. Kepada para petani sangat disayangkan apabila hama ini tdk dimanfaatkan krna menjadi komoditi yg berharga.daging buat ternak dan tu2pnya/cuplik harganya sangat mahal 7000-8000/kg.yg pnya tu2p keong mas hub.081321970319

    • monggo silahkan

    • bos aku punya tutup keong mas banyak di kediri085736273957 tapi kalo ada informasi keong masnya kasih tau aku ya

    • ASSALAMU’ALAIKUM
      semuanya,,,, mintol penjelasannya mengenai perbedaan dan persamaan keong mas dengan keong sawah alias tutut?
      mohon dibalas.
      terimakasih

  4. Salam kenal untuk Pak Andrio Member. menjawab pertanyaan bapak kalau gak salah :
    - Makanan keong mas : eceng gondok, daun pisang, ganggang air dan batang padi(jerami)
    - Makanan bekicot : gedebong pisang di iris2 dan daun2an
    - Makanan jangkrik : daun singkong dan daun pisang kering
    mungkin itu pak diantaranya kalau ada yang lain lagi boleh ditambahkan itu cuman pengeatuan saya aza pak

    • jangkrik makan krokot juga LHO…

  5. Keong mas jadi hama klu kita tidak bisa memanfaatkan. Kami dari KOMERCYNDO ( Koperasi Megarency Indonesia )memanfaatkan hama keong mas dengan menjadi pakan lele caranya keong mas direbus sampai buih putih keluar atau tutup cangkang keong mas copot lalu cungkil isinya terus cincang atau iris kecil-kecil lalu taburkan ke kolam lele bereskan.

  6. Wah keong mas jangan dibasmi dibikin pakan ikan azza lumayan mengurangi kos pakan ikan

  7. Salam kenal dan Salam NASA

    saya mau bertanya :

    Apa makanan Keong mas?

    Apa saja makanan Bekicot?

    Apa saja makanan jangkrik?

    Terima kasih

  8. SOC (Suplemen Organik Cair) mutlak diperlukan untuk setiap langkah-langkah aplikasi agar hasil bisa maksimal.
    SOC sendiri adalah Nutrisi Bio Organic yang dikembangkan oleh PT HCS untuk mendukung terwujudnya PETERNAK HEWAN DAN IKAN YANG SUKSES DAN MANDIRI.
    Sedangkan manfaat SOC untuk hewan ternak adalah :
    = Menyehatkan ternak.
    = Mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan
    = Mengurangi stress dan menambah daya tahan terhadap penyakit
    = Meningkatkan Antibodi pada ternak
    = Menyeimbangkan microorganisme di dalam rumen hewan dan meningkatkan nafsu makan
    = Mempercepat pertumbuhan ternak
    = Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging
    = Mengurangi angka kematian pada anak Ayam
    = Mempertinggi kwalitas pada telur
    Klik http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html

  9. Kepada PAra petani Indonesia yang sawahnya mengalami serangan hama KEONG RACUN EHH SALAH (KEONG MAS !) Ini saya mau bernagi penagalaman mengenai hal tersebut.

    1. Lahan yang hendak ditanami / siap tanam kita tebari dengan racun keong
    yang banyak dijual di toko pertanian yang bernama/merek (SAMPONEN)
    Waktu pengobatan 2 (dua) hari sebelum tanam dan kedalaman air
    kurang lebih 10cm.
    2. Setelah dua hari lahan siap tanam.
    3. Selama penanaman bersihkan cangkang keong yang telah mati.

    Semoga berhasil para petani Indonesia.

    Supaya Indonesia “TIDAK LAGI IMPOR BERAS”.

    • aslamualaikum, mau tanya kalau padinya baru tanam ternyata banyak keong masnya, gimana solusinya

      • Bikin cerukan dipinggir atau tengah sawah..keringkan airnya..keong akan mengumpul dicerukan..dan aplikasikan pestisida atau tangkapin saja,

  10. bila anda mengalami kesulitan dalam mengendalikan hama trisipan (Cerithidae sp)di tambak, atau keong mas di sawah, jamur (fugi), bakteri dan ragi (yeast) di air payau, jgn kuatir lg, karena dengan menggunakan Mitrans 45wp bisa mengatasi masalah anda. dengan cra mencampurkan Mitrans 45wp dengan air, dosis 0.5 -1 kg/ha, sebarkan merata di seluruh permukaan tambak, atau semprotkan di sawah yang terserang keong mas, selain mengatasi keong mas, mitrans 45wp jg bisa mengatasi busuk akar dan pertumbuhan vegetativ pada tanaman padi

  11. skrg di daerah saya ngawi buanyak hama keong, saya pernah baca2, katanya keong bisa di jadikan obat mematikan rumput liar di sawah. apa ada yg tahu cara pengolahan ?

  12. seeru juga yah nimak keong mass..
    wah para petani sekarang mungkin bisa mengatasi hama tsb, atau mungkin bisa nambah penghasilan lagi

  13. Waduh….tetangga desa tempat saya berjangkit… meresahkan sawah satu hektar 1minggu ludes…., apa benar enak dimakan..?, apa betul bagus untuk bebek..?, apa bagus untuk pakan ayam…?, KEONG MAS ITU…!!!!,

    • menjengkelkan memang tuh keong, pagi ditanam siangnya dah ilang apalagi ampe besok pagi….mmmm bnyk manfaat keong mas namun lebih banyak merugikan tuh !

  14. kita harus mendukung orang yg akan berwirausaha budidaya keong tp dengan cara yg benar,agar keong jgn sampai masuk kesawah dan membuat resah para petani,khususnya untuk tanaman padi,agar swa sembada beras dinegara kita bisa diwujudkan..

  15. keong mas itu jangan dibasmi mendingan dikendalikan atau bahasa bisnisnya dimanfaatkan. yang punya sawah pun bisa dapat penghasilan tambahan dari penjualan keong mas. sebab kadar proteinnya tinggi menyamai tepung ikan. setuju gak????

    • wah solusi yg mantap nih dari riyana sofyan….ayo dikumpulin aja…., disini masih jadi hama sih karena peminatnya sedikit dari pada populasinya, yg ternak lele atau itik pun belum ada, penah aku suruh pekerja sambil tanam kumpulin itu keong dan kubeli 200/kg…hanya tuk dimusnahkan….wah banyak juga ampe tekor nih ha ha ha….

  16. Aduuh gimana sih, keong mas daripada dibasmi pake obat yang aneh2 mendingan dipungutin lalu dikumpulin trus dijual saja. pan jadi duit lumayan buat jajan. silakan kalo ada yang mau ngumpulin untuk daerah ciamis saya tampung rp. 500,-/kg. hubungi 0813 149 45678. sok silakan kalo ada yang mau. keong mas mah malah saya ternakin, lumayan buat tambahan pakan lele daripada beli pelet.

    • Keong rawa atau keong di sawah itu kan di makan,bisa di olah dlm bentuk kemasan kemudian pasarkan ke mall,bukan?ngapain harus di basmi justru kalau di daerahnya banyak budidayakan sekalian Mas.

  17. Mau tanya ini, klo itik makan keong trus itik itu berak di sawah apakah kotoran itik itu akan hidup jadi keong atau bagaimana? Mohon balasannya

    • Wah ajaib yah bila kotornnya itik jadi keong…he he he, yah gak mungkin mas…keong netes dari telurnya kayak difoto tersebut…sementara si itik membantu petani mengurangi populasi keong diswah dan si itik sehat jadinya..bertelornya tambah rajin he he he…

  18. Sikeong memang nakal yah..ampe jadi lagu keong racun he he he…, trims sobat distributor produk natural, mas M.Syahri dan Mas pram….

  19. hadah hama tp manpaatnya bnyak jga yaaaa

  20. Kami siap membantu hama keong mas yang terdapat di sawah dan kebun . Silahkan Hubungi kami : B-Organic , merupakan pestisida cair organik yang dijual dengan kemasan 1 liter. Hubungi SEGERA 081510964064 KAMI SIAP MEMBANTU KESULITAN ANDA DENGAN HAMA KEONG MAS

  21. Wah….Indonesia memang kreatif. dulu keong jadi hama, sekarang jadi dicari. Yang penting Nasa jalan terus ya gan……
    Semangat pagi neh….

  22. Pak Rustam Aji, terimakasih atas tulisannya semoga yang membaca bisa mengikuti jejak bapak mamanfaatkan keon mas tuk selingan pakan ternak. Selamat bergabung ya pak, eh bergabung di Nasa maksudnya ya pak….. Nah bagi yang memerlukan dan sharing soal keong mas hubungi beliau aja tuh…

  23. nama saya rustam aji saya tinggal di tangerang banten,saya baru bergabung pada hari ini, keong yang dianggap sebagai hama ternyata disisi lain memiliki nilai plus kebetulan saya sendiri peternak ikan lele, dulu saya sering di pusig kan oleh biaya tambahan untuk pakan lele sekarang biaya pakan lele bukan merupakan masalah bagi saya, karena ada tepung keong sawah yang saya cari sendiri disawah, bahkan saya sekarang sedang membudidayakan keong mas secara intensiv untuk keperluan pakan ternak ,bila ada teman-teman yang membutuhkan keong mas dalam jumlah berapapun dapat menghubungi saya di 081385448164 hormat saya rustam aji

    • Ass. Wr. Wb. selamat pagi .. mas Rustam Aji, saya mohon informasi serta penjelasan, bagaimana cara membudidayakan / ternak Keong Mas agar populasinya tambah berkembang pesat. Selanjutnya bagaimana pada tahap awalnya kita mempersiapkan tempat dan berapa biji Keong Mas yang akan diternakkan dalam tempat tersebut. Terus berapa lama pertumbuhan Keong Mas tsb, diberi pakan apa untuk Keong Mas setiap harinya. Demikian permintaan penjelasan & informasi yang kami sampaikan. Terima kasih. Wassalam. Tokoh M. di Sidoarjo.

    • bos harga berapa aku di kediri no ku 085736273957

  24. Cangkang Keong Emas Dpt Dibuat Souvenir Boneka yg unik dan antik serta dpt menambah nilai jual sbg tambahan pendapatan keluarga…kami sudah ada CD nya…serta ikut pameran di Jakarta..Sulawesi ( Palu ),,Menado serta Lokal Musirawas kalau mau Info silahkan hubungi kami..F.Trikoyo,Tugumulyo Kabupaten Musirawas Prop.Sumatera Selatan

  25. Mas keong mas di tempatkau jadi sumber penghasilan paling menarik tanpa merepotkan….caranya kita pelihara bebek semampunya kita untuk iseng2 taruhlah enam ekor…terus kt bikin kandang jangan dilepas …..setelah itu pagi dan sore abil tuh keong mas satu embe atau berapa di kasih ke bebek wah bertelor terus di tempatku dulu kerepotan buangnya setelah tau begitu kerepotan nyarinya karena sana sini pada melihara bebek terus dikasih pakan itu pasti telurnya lancar…carana keong di pecah terus di lemparin ke kandang bebek wah seberapa banyak klo kt mau turutin bebek mau aja….jadi iseng2 abis sholat subuh setelah baca Alqur’an ke sawah sambil olah raga…terus..sore hari sehabis Sholat asyar kira2 jam 4 kesawah lagi hitung2 sambil liat tanaman di sawah..wah menyenangkan.

    butuh info lebih lanjut bisa hubungi saya 081380117521 akan saya bantu semampu saya.

    yang jelas keong mas akan jadi sebuah ladang bukan momok

    • Alhamdulillah, trimakasih info yg bermanfaat ini Mas Sidik jadi keongnya malah bermanfaat ya !

  26. “obat keong mas”
    Bayluscide ini bahan aktifnya disebut Niklosamida 250 g/l, adalah moluskisida yang bekerja secara racun kontak dan pernafasan berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan, berwarna coklat jernih untuk mengendalikan keong mas (pomacea canalicutata) pada tanaman padi. Keunggulan dari bayluscide ini adalah (1) efektif mengendalikan keong mas mulai menetas, siput muda sampai siput dewasa.(2) bentuk formulasi prima, penyebaran emulsi sempurna di air, (3) Kualitas terjamin, tidak bersifat korosif pada kemasan.
    Seandainya ingin mencoba, Bayluscide ini mempunyai dua kemasan yaitu 80 ml dan 250 ml. Harga HET Bayluscide kemasan 80 ml sekitar Rp. 17.500 sedangkan yang 250 ml sekitar Rp. 47.000.

    • Bayluscide tersebut dimana saya bisa mendapatkan atau pesan pestisida tersebut , salam kenal

  27. salam kenal…..
    bwt om reza 3000 rupiah itu dalam bentuk cacahan kering atau sudah berbentuk tepung??????
    lalu untuk penyalurannya dimana?????

    terimakasih….

  28. bisa jadi komoditas tuh mas….rebus saja trus cungkil…dagingnya di cacah kecil2..jemur…siap jadi pakan ayam….per kilonya 3000 rupiah…

  29. bagaimana cara budidaya ke0ng yg baik,,,trims

  30. bagi yang perlu tutut sama keong mas hubungi saya;085320052892 .bandung.

  31. [...] pengendalian mekanis untuk hama dilakukan dengan membuat perangkap hama (untuk walangsangit atau keong mas, atau yang lainnya), sedangkan untuk serangan penyakit bisa dilakukan dengan mencabut dan membakar [...]

  32. Salam Kenal & Hangat… kami membutuhkan keong sawah / bekicot dalam jumlah 500kg. harga nego. pssi kami di jkrta. jika ada yg mmpnyai info tolong kbri di 021-92755142 atau 085211143456 bsa jg e-mail ke davidleonardo82@yahoo.co.id. makasih semuanya

  33. wah sayangnya disini dibasmi aja mas, dan jarang yg besar sudah..lagian kalo ada jauh banget kirim ke depok dari kalimantan tengah…

  34. keong mas…..!!

    boleh tuh…

    berapa harga @kg

    saya butuh tiap hari…min..:20 kg

    • didaerah saya banyak keongmas mau terima berapa sekilonya.trims

  35. Salam kenal,

    Keong emas kurang enak kalau dimakan, beda sama tutut.
    Kalau ada yang mau mengumpulkan nanti saya beli.
    Hubungi saya di wiraanto@yahoo.com

    Thank

  36. saya ada pestisida organik untuk berantas keong mas.sudah dicoba di 12 kabupaten di seluruh jawa.hubungi saya bpk AAN 081249395555
    atau email ke aan.muda@yahoo.com

    • Trims Pak Aan…semoga kawan-kawan bisa menghubungi Bapak…karena hama keong mas ini cukup bikin pusing petani padi…

  37. Salam Kenal dan senang mengenal Ibu Mayang, wah disini (sampit) banyak sekali benih/anak keong mas dan bila tuk konsumsi bisa cari di sungai/selokan yang relatif tidak tercemar Pestisida, sayang ibu di jakarta jadi aku gak bisa bantu nih…mau dikirim via apa ya bu?….

  38. salam kenal pak,

    Saya tertarik sekali dengan pembahasan bp mengenai keong, kebetulan saya dan suami sangat menyukai makanan dengan bhn dasar keong.
    Domisili saya sekarang berada di jakarta, sepertinya agak susah tuk mendapatkan benih keong, sekiranya bapak bisa membantu memberikan saya info tuk benih keong2 tsb??…
    Atas perhatian bp, saya cuapkan terima kasih

    Mayang

    • berapa duit diteimanya anda bisa menghubungi hp.087870573999

  39. Rangga, keong hitam kaya apa tuh mas..apa keong didaratan itu yah….kalau keong mas sih diair bisa disawah atau parit/sungai/selokan.kolam jadi tergantung tempat hidupnya dah tercemar bahan kimia gak…kalau tercemar yah otomatis dagingnya dah tercemar juga kan…aku sih belum pernah makan tu keong namun yang suka juga buanyak he he he…

  40. bedanya keong mas sama keong hitam apa>>>..
    racun yang terkandung bahaya tidak>>….?????????????!!!!!!! kalau ttidak saya akan coba memasak di buat semur……………..

  41. yap pak imam…betul sekali..kita buat cerukan atau aliran..kemudian kita keringkan air sehingga air masih tersisa dicerukan yg kita buat dan keongpun kumpul ria disana….tinggal tangkap…kita sate yah he he he…

  42. berantas keong tinggal buat aliran air yang di tanami jadi lembab keong pasti di aliran air lalu kita tinggal mengabilnya dan buat pakan orang atu ternak

  43. sebenarnya keong tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak alternativ, apalagi kalau kita punya peliharaan itik,ikan lele dsb. katanya keong mas tersebut tinggi akan protein. selamat mencoba…

  44. Keong Mas juga merupakan siklus dari kehidupan alam, gak usah pusing, lihat, di Perikanan, Budi Daya Belut, Nirhono Blog Agro

  45. Halo mas gusti….yah katanya sih enak tuh..tapi aku gak mau makan takut aja jadi inangnya cacing pita he he he…tapi yang mau sih oke aja wong juga bergizi…tinggal cara masaknya aja to…ayo main ke sampit tak kasi banyak nih…

  46. aku kayanya mau coba makan keong mas, tapi opo ya enak disate.,..ga beracun ya… atau malah berkhasiat.

  47. wah ini nih resepnya…maknyuss tenan…ok mas aku cobanya yah….

  48. begini pak, keong itu dikumpulin yang ukurannya lebih gede dari buah duku, dibiarkan dalam ember, sampai semalam biar kotorannya delatif keluar, sokur2 dialiri air jadi tidak mati karena lendir yang berjejaljejalan.

    setelah itu rebus biasa hingga mendidih lebih dari sepuluh menit agar yakin binatang pengikutnya mati.

    kemudian dicongkeli pakai garpu kecil, dan tangan kiri yang pegang sambil jempolnya nahan bagian perutnya, jadi yang diambil hanya bagian badan dan kepalanya saja. itu udah jadi bahandasar.

    selanjutnya mau dimasak apaaja terserah anda, gulai,mangut,goreng,dsb.tambahkan batang arang sebesar 3jempol kaki minimal, untuk mengantisipasi jika ada racun yang ikut, akan terserap oleh arang.

    bisa juga pada proses perebusan pertama air dibuang digantu dengan air yang baru berikut bumbu seperti jahe, kunci,bawang, atau apa ajalah menurut ibuibu lebih tau.Jangan lupa masukkan juga batang arang untuk menyerap racun yang tidak diinginkan.

    nah nanti kalau udah mendidih yang ke 2, uapnya udah harum tuh,,,,,,,,,, dan siap disajikan.

    cara makannya enaknya bersama sama sambil ngobrol, malam malam minum teh/kopi.
    pegang tangan kiri, pakai garpu dicongkel, jempol tangan kiri nahan jeroannya, jadi yang terambil bodinya saja, lalu dicocolkan di sambal kecap n saus, atau sambal apa yang anda suka,
    teruuuuuuuuuuuuus ,,,,,,,diemplok.
    Maaaak Nyuuuuuuuus!!!!!!!

    di bandung ada yang jual satu porsi 9000 rupiah, tapi kayaknya tutut /keong hitam sawah.
    di jogja pernah ada yang jual sate keong , tentu saja dari keong yang sebesar salak/ bola tenis.

    yang di bandung masaknya, dengan ujung keong/bag. belakang dipotong, jadi ada kemungkinan kotorannya ikut keluar pada waktu rebusan pertama (walau tidak semua keluar).

    dan yang jelas maksudnya bisa dimakan dengan disedot dari depan mak, sruuuuut, bodi keong dengan perut dan kuah sueeedep ikut tertelan.

    INGAT!!!!!!!, BAHAYA KEONG MAS adalah, DARIMANA DIA DI DAPAT? KALAU DAERAH TERCEMAR YA,,,ANDA IKUT TERCEMAR.
    LOKASINYA SERING DISEMPROT PESTISIDA/HERBISIDA TIDAK? ATAU RACUN YANG LAIN.

    Amannya kalau keong yang diambil dari sawah/sungai, dipelihara di kolam sendiri, jadi yang dimbil anakannya, yang anda sendiri tahu dikasih makan apa keong tersebut, sehingga resiko pencemaran tidak ada.

    TAPI HARUS DIJAMIN KOLAM TIDAK BOCOR, BUANGAN AIR DITARUH DITEMPAT KERING JADI TIDAK MASUK SELOKAN,YANG DIHARAPKAN BIBIL YNG LEPAS MATI DI TANAH KERING/ BAGAIMANALAH CARA ANDA MENJAMIN TIDAK ADA YANG HIDUP LOLOS KE PERAIRAN.

    menurut saya keong mas untuk dimakan lebih bisa terkontrol dari pada kerang yang dijual di pinggir jalan, siapa tau berasal dari muara laut yang tercemar logam berat.
    lebih menngerikan lagi kerang yang dimakan, kan berikut isi perutnya,,,
    hiiiiii, makan isi perut karang dari laut yang kotor dan tercemar logam berat.

    kalau pengen mberantas di sawah sulit yah.
    paling dikurangi dengan menebarkan anak bebek pada padi yang masih kecil biar makan telur dan anakan yang kecil, kalau padinya udah besar, bisa pakai bebek yang sudah besar pula.

    ada pula kawan yang ingin buka warung dengan menu keong mas setelah mendengar cerita saya.

  49. Iya ujare puenak mas…tapi yg mau gak sebanding dengan jumlah keongnya he he he…aku sendiri belum pernah..ayo dong gimana carane masak?

  50. wah.. keong masnya kenapa g dimasak wae..
    kan bisa mengurangi populasi + bisa jadi lauk pauk buat keluarga… klo di tempat saya malah jadi uang itu pak

  51. Oke pak, wah tapi tanggung jumlahnya dan jauhnya jarak dari kotaku bila anda butuhkan?

  52. bila ada keong mas tolong hubungi saya, terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.555 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: