Oleh: wongtani | 26 Januari 2009

Timun Herkules

timun herkules kapal terbangTimun, siapa yang tak kenal komoditi yang satu ini, dikonsumsi segar memang bikin segerrr diolah pun masih juga bikin seger….nah tentunya juga bikin seger kantong petani pula. Banyaknya orang yang suka dan jenis makanan yang dihidangkan bersama timun membuat permintaan pasar juga terus menerus banyak, hal ini tentunya peluang bagi petani sayuran khususnya timun. Alasan utama petani menanam timun adalah sama dengan “tanam batu” artinya menurut mereka timun mudah dipanen dan berat timbangannya itu yang menyenangkan apalagi bila harganya bagus, didaerahku memang timun bisa sampai 6.000/kg namun bila banjir timun harganya hanya Rp. 200/kg.

ahmad-erwan-timun-herkules-1Menanam timun memang menyenangkan, eh aku juga ngiler pernah ikut tanam,  namun sayang saat panen harganya cuma Rp. 200/kg jadilah panen raya artinya dibagi semua tetanggaku ikut menikmatinya.  Memang dibutuhkan pengamatan dan pengalaman yang panjang agar saat panen harga bagus, tapi setidaknya aku berhasil secara teknis budidaya dilahan gambut dan aluvial.  Soal Teknis budidaya umumnya sama dapat dilihat budidya timun namun hanya disesuaikan dengan kondisi setempat.  Dari pelajaran tanam timun dan diajari petaniku ada beberapa hal yang harus diperhatikan : 1. Perendaman benih dengan larutan poc nasa dan hormonik membantu serempaknya benih berkecambah, 2. Pengolahan tanah yang baik dan syarat tanah yang agak lembab mutlak dibutuhkan si Timun, 3. Pemangkasan cabang air harus dilakukan sesuai hitungan ruas tanaman timun, 4. Pemupukan berimbang diterapkan dengan baik, didaerahku kapur Dolomit jangan dilupakan. 5. Hama utama lalat buah dikendalikan dengan perangkap Metilat nasa, dan penyakit bercak daun harus diwaspadai.

ahmad-erwan-timun-herkules-52Nah, mas Erwan mengingatkan kalau tanam timun benih harus disemai di polybag kecil atau bekas gelas akua, agar benih tumbuh baik dan bibit timun pertumbuhannya tidak mengalami stres saat pindah tanam.  Yang pasti benih dapat dihemat pak! dan jangan lupa semprotkan selalu POC Nasa dan Hormoniknya agar bibit sehat dan cepat dapat ditanam dilahan (gambar disamping, mas erwan sedang menyemprot poc nasa dan hormonik).  Iya si, bener juga karena kebanyakan petani menanam timun dengan langsung menanam benih dilahan, akibatnya banyak sekali hambatan yang dialami si benih saat mau tumbuh dan butuh benih lagi tuk menyulam.  Mahal lho benih timun ini.

timun herkulesku

Timun ini ditanam di dekat sawahku, yah hasilnya bagus tapi harganya lagi jatuh…yah gigit timun eh gigit jari deh…panen timunku.  ayo rujakan yok…gratis!

About these ads

Responses

  1. […] Sumber : http://wongtaniku.wordpress.com/2009/01/26/timun-herkules/ […]

  2. Reblogged this on Menebar Rahmat Berbagi Manfaat and commented:
    Sumber : http://wongtaniku.wordpress.com/2009/01/26/timun-herkules/

  3. Pak Jupriyanto, matursuwun sudah berkunjung balik…wah mmg saya gak punya sama sekali kebisaan di anggrek jadi gak bisa apa apa he he he, namun vcd soal tanaman hias dan didalamnya ada anggrek nasa sudah keluarkan…

  4. Pak Ari, walaupun saya memang menyukai tanaman, maklum putrane Pak Tani, banyak info nasihet dpt saya ambil, tapi yng seputra anggrek koq belum ada, kapan ditampilkan Pak..suwun…

  5. wah senang sekali ia bisa baca2 di web wongtaniku hehe makasih banyak sebelumnya jadi ada sedikit bisa baca2 artikel tentang menanam walau cuman iseng tapi siapa tau nanti di akan datang saya bisa jadi petani di kampung itu cita2 saya hehehe..

    saya mau bertanya dan minta pencerahanya
    kebetulan kalo di jkt gak ada lahan jadi di depan rumah ada sedikit tanah sekitar 1,5×4 meter luas tanah kosong jadi iseng2 buat nanam timun

    saya baru beli benih Sinar bumi (Mentimun)
    sasetan yang harganya 10ribuan

    nah di atas kurang begitu saya paham tentang cara penanamanya dan nama2 pupuk jg blum tau seperti apa…
    langkah apa pertama yang haru di lakukan?
    apakah dengan langsung memasukan benih timun kedalam tanah bisa langsung jadi???
    atau benih perlu perendaman dulu?

    terimakasih sebelumnya saya tunggu tanggapanya

    saya senang sekali bisa mengunjungi web ini

  6. timun yang lumayan.
    bagaimana pemasarannya??

  7. mas, saya mahasiswa
    lagi iseng nanem timun, di bekas lahan semangka yg sudah dipanen 2 minggu lalu, semangkanya lumayan lho
    lahan saya di pantai selatan, bekas tambang pasir besi, jadi disini sebenarnya padang pasir, hehe

    perawatan timun di tempat ekstrim gini gimna ya?
    ada saran2?
    saya tanam tanpa polybag, langsung masukkan pupuk kandang di tiap lubang tanam, kemaren sudah mulai tumbuh,

    dan disini banyak sekali hama bekicot, ulat (berbagai jenis), belalang, (ekstrim ya? padahal pasir semua)

    menurut mas gimna nih iseng2 saya?
    komoditi yg saya tanam malah LCC,
    cuma iseng nanem timun, mungkin sekitar 500 pohon lebih,

    terima kasih sebelumnya ya,

    • Halo Mas Ajang….yah keisengan mas mantab loh he he he…tanam dipasir membutuhkan pupuk kandang memang mas maklum kan mas dah tau kenapa, lebih sip berikan super nasa dan semprotkan poc nasa dan hormonik mas seperti di Lab lapangan Nasa di pantai Pandansimo, semua ditanam dipasir yg kehitaman (kandungan besi) dan hebatnya bisa produksi baik hnya dengan pupuk Nasa…
      Upayakan dipangkas ya mas alias diwiwil timunnya bila jenis Hibrida, agar lebih mantap yah…, LCC apa nih mas ha ha ha apa jenis covercrop??

  8. Mas Deny, bengkok bengkok yg pernah kami alami karena sejak timun masih kecil sudah disengat lalat buah sehingga pertyumbuhannya tidak normal, bisa juga pupuk yg anda berikan tidak lengkap nutrisinya…saya pikir jenis tanah juga berpengaruh namun biasanya petani setempat sudah paham mengatasinya…solusinya ya cari produk Poc Nasa, Hormonik, Super nasa dan untuk mengendalikan lalat buah pakai Metilat Lem dari nasa…lebih baik lagi gunakan pentana untuk mengatasi Hama Kutu-kutuan…

  9. mas,aq mau tanya…knp timun itu bentuk nya bengkok2 en cepat matii..kebetulan saya tinggal di batam,cuaca di sini panas banget mass..tlg kasih solusinya pakk..

  10. Halo pak/mas/akang Nasrrudin…wah mestinya dibogor lengkap dong bermacam jenis benih sayuran termasuk timun…karena daerahnya subur juga sejuk…coba cari ditoko sarana produksi pertanian yah…soal yg baik yang mana tergantung konsumen disana senengnya timun apa nih….kami disini daerah panas dataran rendah yg terbaik dan disukai hanyalah hercules, harmoni cap kapal terbang dan Monza cap panah merah.
    kalau nasa gak ada ditoko, karena adanya ditangan distributor mas, jadi ayo gabung dan menjadi pejuang nasa yg terbukti memang handal dan disukai petani…

  11. sekalian dengan pupuk nasa.

  12. saya orang bogor, mau tanya bibit timun yang terbaik dan cocok di tanam di daerah bogor di mana ya? bagai mana cara mendapatkan. saya sudah mencari-cari tapi kebanyakan yang dijual adalah timun lokal.

  13. halo mbak lydia, makasih udah mampir yah….timun perlu tiang tuk merambat begitu juga kacang, tanam agak dipinggir sebagai pagar hidup yang bikin seger he he he..kalau selada ditanam pada bedengan ya mbak dan terbuka…gunakan pupuk kompos atau organik begitu juga pestisidanya, kan aman bila dikonsumsi keluarga….coba ada produk nasa sudah lengkap deh pupuk, hormon dan ada pestisida organiknya. selamat bercocok tanam yah….

  14. wow….panen timun ya.
    saya sebenarnya benar2 baru dan buta untuk bercocok tanam.tapi saya mencoba menanam beberapa tanaman sayuran seperti timun,selada,kacang merah dihalaman(bibit dari agrowisata malang)

    tips untuk saya ya pa?bagaimana pupuk,pengaturan tanaman/? mkasih

  15. Mas Ali, belinya disetiap kios ada lho…lha wong pabrikya no daerah sidoarjo alias cap kapal terbang … coba juga hercules atau monza punya panah merah…ketiga varietas itu sangat berkembang disampit karena disukai konsumen

  16. mas kalau saya mau beli benih harmoni ( timun ) apa dapat di informasikan jika saya berada si surabaya

  17. Nasa itu kepanjangannya Natural Nusantara Asli karya anak bangsa Bang….dan telah teruji di multi lokasi, kondisi dan spesifik lokal di indonesia

  18. Seperti pernah saya bilang saya memang sangat tertarik dengan produk nasa.Insya Allah saya akan bergabung.tapi pak nasa itu buatan Indonesia apa buatan luar negri sih?

  19. Bisa saja pak..satu kilo aja ya rugi besar lah…kalau cara budidaya sudah oke tinggak berikan nutirisi yg handal…susah ceritanya nih,,kecuali bang zul dah pake nasa…

  20. Pak apa benar tamun herkules bisa berproduksi 5 kg pertamanan gimana caranya ya.soalnya di sini cuma bisa 1 kg pertamanan

  21. Aslkm wr…wb
    minta kabar penjualan timun Sukini
    sbb,sy sudah menanam tp gk berani jmbh bsr, sbb
    pasar blm kenal dgn timun trsbt.
    kalo ad yg memthkan timun herkules
    kyk nya dtmpt sy bnyk petani nya
    terima ksh.

  22. Nama latin timun sama aja mbak dengan yang mbak ketahui Cucumis sativus L, panah merah itu merk atau produsen benihnya al. timun, cabe, pare, jagung manis dll. sorry telat yah..lagi sibuk he he he

  23. ass, saya mau nanya..
    nama latin dari timun panah merah itu apa?
    sebelum nya saya ucpin trima ksh

  24. Mbak Christine makasih mampirnya ya,maaf mbak ya apa yg mbak tanam adalah varietas BABY MENTIMUN 007 F1 dari panah merah? kalau jenis ini memang tampak berduri namun semakin tua durinya gak tajem alias kaya benjolan aja. cocok ditanam didataran rendah panjang 7-8 cm. diameter 2,5 – 3 cm umur panen 33-35 hst. Timun siap panen secara fisik timun tampak cukup besar dan warna buah masih segar, kalau udah ketuaan warna semakin pucat atau kuning dan konsumen gak suka. karena diderahku suka jenis timun herkules dan harmoni maka pasar menghendaki yang masih hijau segar dengan buah ukuran sedang, kami panen dua kali sehari mbak krn dgn perlakuan ppk kami jadi lebih cepet panennya. telat panen banyak yg sudah besar dan jadi kurang laku deh…

  25. Timun! Mau tanya nih… Aku lagi coba tanam baby timun hibrida di pot ember dan sedang berbuah. Timunku kok ada durinya ya? Pdhl timun yg ada di pasar kan tdk berduri…. Kapan kita tahu bahwa timun itu sudah siap panen; terutama jika dilihat dari bentuk fisiknya. trims.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.561 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: