Oleh: Ari Sampit/wongtani | 30 Januari 2009

Benih padi

benih1Seperti inilah jadinya kelak tanaman padiku, dengan tampilan bulir yang penuh bersih dan berwarna cerah sesuai varietasnya.  Gabah calon benih ini diperoleh dengan perhatian yang cukup dari masa vegetatif, generatif dan terutama saat pasca panennya sehingga keringat kita tak tertumpah sia-sia.

Gambar diatas  adalah gabah calon benih varietas ciherang yang saat ini pesat berkembang diseluruh indonesia yang sudah menggantikan kesohoran varietas IR 64 pendahulunya.  Varietas ini aku kembangkan di Sampit sejak tahun 2002 dan seinggatku kamilah yang pertama kali menanamnya di sampit setelah aku membeli benihnya di PT. Pertani Jatim (Malang).  Sampai saat ini ternyata cukup adaftif dengan tipe lahan di Kalimantan Tengah sehingga permintaan akan benih Ciherang cukup menggembirakan. dan untuk mempertahan kemurniannya selalu kita membeli benih baru dari Balitpa sukamandi Jawa Barat.  Tidak hanya Ciherang yang kami kembangkan, Padi Gogo Situ bagendit denga gelarnya sebagai Padi Amfibi juga menarik minat petani, Mekongga saudara mudanya Ciherang juga cocok dilahan kami.  Emmm kini petaniku banyak pilihan bila ingin bertanam padi Unggul Bermutu namun pada kasus lahan yang masih tinggi tingkat kemasaman tanahnya mereka tetap kembangkan padi unggul lokal yang adaftif dengan kondisi setempat.

Ciherangku Inilah Ciherangku saat musim tanam yang lalu,  panen bulan april 2008 dan sudah habis kejual sampai bulan September 2008. Tampak sehat kan…juga gak bikin bosen bila aku kerja disawah nih.

About these ads

Responses

  1. berpa harga bibit padi gogo di sana, karena saya punya lahan 10h, saya pengen tanam padi gogo, berapa harga bibit perbungkusnya, dan mengunakan pupuk merek ap,

    Suka

    • Koperasi Lamandau….maaf terlambat balas…harga benih padi gogo label biru Rp. 6500/kg. ada Varietas Situ Bagendit. Pupuk yang digunakan N P dan K plus Poc Nasa dan Hormonik untuk padi Gogo

      Suka

  2. Mas wahyoe coba cari di blogroolku Balai Besar penelitian Padi, disana ada dijual secara online semua jenis benih padi.

    Suka

  3. minta tolong info supaya kita llebih mudah mencari bibit padi gogo…

    terimah kasih

    Suka

  4. Pak wahyoe, padi gogo kita masih label putih, rencana tahun depan diperbanyak…jadi mohon maaaf tidak bisa memenuhi permintaan, kalau jagung manis dipasaran banyak seperti milik panah merah dan kapal terbang…

    Suka

  5. kita butuh padi gogo…
    ada yang bisa stock ngak..???
    call me 031-77527276..

    terimah kasih

    Suka

  6. Mas Murad, padi yg digambar itu varietas ciherang potensinya 8 ton/ha. berasnya pulen dan cocok dengan lidah kebanyakan orang indonesia. Namun diderahku dengan lahan pasang sururt cenderung asam ciherang mulai mengalami kendala untuk itu kami sdh mulai perkenalkan Inbrida Padi Rawa 1, 2 dan 3 yg lebih cocok dengan kondisi umunya di Sampit..
    Pesan benih bisa ke kami, yg tersedia Inpara 2 label putih (BD) Ciherang (BP) Batang Gadis (BD) Silugonggo padi Gogo (BD) dan Situ Bagendit (BD)

    Suka

  7. mas minta tolong, padinya jenis apa yah. untuk produktivitasnya berapa perhektarnya? soal rasa gimana? klo saya mau memesan benih pagi unggul ini mesti kemana?

    Suka

  8. [...] Benih padi jenis benih padi unggul [...]

    Suka


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: