Oleh: wongtani | 23 Februari 2009

Timun Pak Jono

Kesaksian pak jono dengan tanamn timun ditanah gambutMasih di hari jum’at 13 Pebruari 2009, setelah dari kebun Bapak Suwarno da kawan-kawan kami melanjutkan untuk melihat tanaman timun milik pak jono yang ditanam dibawah pohon karet yang masih muda dengan kondisi tanah gambut yang masih relatif baru. Varietas yang ditanam adalah timun Monza dari panah merah, saat kami datang kondisinya sudah mengalami panen hingga 2 ton dengan luas lahan 2000 meter persegi jika dengan harga terendah saat itu Rp. 2.000/kg berarti beliau sudah dapat uang Rp. 4.000.000,- padahal harga timun berfluktuasi sampai harga rp. 5.000/kg.

Pak Jono kenal Nasa sejak masih di jawa, sehingga tidak asing lagi dan selalu menggunakannya disetiap tanaman beliau, pada kasus tanaman timun ini kesan beliau adalah daya tahan tanaman dengan hama penyakit karena tanaman tumbuh sehat walaupun ditanah masam (gambut). beliau menggunakan Super nasa yang disiramkan plus NPK dan secara rutin menyemprotkan campuran 4 tutup poc nasa dan 1 tutup hormonik dan apabila ada serangan hama dia semprotkan pestona pada sore harinya.

Secara umum di Kota Sampit, tanaman timun ini cukup digemari oleh petani. Walaupun harganya kadang merosot tajam namun mereka dengan setia membudidayakannya karena relatif mudah dan potensi keuntungaannya cukup besar. Kendala hama penyakit utama hanya lalat buah, penggorok daun dan kata mereka jamur kresek yang menyerang daun. Dengan pemangkasan yang tepat dan pemasangan perangakap lalat buah Metilat Plus mereka mengakui mengurangi biaya pembelian pestisida. Untuk varietas yang mendominasi adalah Herkules, harmoni dan monza.

Kita tunggu hasil liputan TS Nasa dan semoga bermanfaat bagi petani di lahan gambut. Salam Nasa…..

About these ads

Responses

  1. BPK….SAYA ADALAH PETANI YG KEBETULAN MENANAM TIMUN YG LUAS LAHANNYA NGGAK SEBERAPA BESAR.YG MERISAUKAN SY ADALAH TIMUN YG DIHASILKAN UKURANNYA NGGAK NORMAL DAN DAUNNYA BERWARNA KUNING PADAHAL BARU DUA KALI PANEN.OBAT APA YG TEPAT UTK MENGATASI HAL INI?MOHON SARAN NYA….

  2. askumwrhmtllah wbrkatuh………saya mau tnya,jenis obat apa yg dipakai untuk mengendalikan kresek daun pd tanaman timun!terima kasih.

  3. pak saya dr kota banjar.apa pupuk nasa dijual bebas di pasaran apa outlet tertentu.matur suwun

    • Mas haryanto, banjar jawa barat atau banjar Kalsel ya he he he, Nasa dipasarkan secara berjenjang atau MLM yg khusus bergerak di Bidang Agrokomplek dan berkembang ke produk2 fenomenal yg sangat bermanfaat. Jadi pemasarannya ya via distributornya mas….siapapun dimanapun boleh gabung dengan Nasa…

  4. sebelum nya salam,saya dari sumatra barat .
    saya mau nanya pak…daerah saya tropis pak
    dan lahan saya di perbukittan….bagai mana pak cocok kah timu tumbuh…..

  5. Bisa pak..namun bukan saya yg tanam mungkin petani /teman2 saya…apa yg anda tawarkan selain benih…

  6. Bapak kalo saya minta tolong ujikan timun hibrida saya di tempat bapak , boleh? saya punya varietas timun baru yang sampai hari ini uji masih sebatas dalam pulau Jawa, Matur Suwun

  7. Bisa saja pak asal hibrida….

  8. Mau tanya lagi ni pak,Teknik pemangkasan timun herkules di atas bisa gak diterapkan untuk jenis lain seperti mercy dan misano dari panah merah.

  9. Bang Zul….ya kedua kutu itu vektor virus tersebut, kalau pake kimia cepet matinya loh….yang dipucuk tanaman biasanya lengket dansering di tanaman kacang panajang, kutu kebul biasanya menjelang musim kemarau banyak datang….gunakan winder, actara, virtaco, confidor…pasti mati pak…namaun bila rada aman lingkungan dan produk timunnya yah pake yang organik lah he he he he…

  10. Tapi kini ada kendala baru lagi ni pak,yaitu hama trips yang memenuhi pucuk tanaman dan kutu kebul di permukaan bawah daun.hasilnya daun jadi kuning dan kerdil mirip serangan virus gemini pada cabai

  11. Halo Bang Zul…semoga petani kita sukses yah…hidup petani!… Betul sebagin da yang suka monza namun sebelumny bisa pake Hercules…Usahakan agar daun dipangkas, ruas satu sampai lima cabang yg muncul dibuang, ruas 6-10 sisasakan satu bunga dan pangkas atasnya, ruas 11 danseterusnya biarkan bebas tumbuh…imbangi dengan nutrisi hebat dari produk Nasa maka lihatlah hasilnya…..semua tergantung kondii setempat dan keahlian petaninya…Bavo bang Zul….kirim timun ke Kalteng busuk di jalan he he he…

  12. Saya pernah tanam timun monza(sebelumnya saya diberi tahu,timun monza tak sebagus mercy, walaupun harga benihnya lebih mahal,tapi buahnya banyak yang bengkok),tapi tetap saya tanam soalnya benihnya udah dibeli.awalnya terlihat bagus,bahkan bakal buahnya sangat lebat.tapi benar hasilnya buah kurang bagus(bengkok,mengerucut),raranya juga pahit padahal waktu itu sering hujan.kenapa ya…?.Disini(langkat,sumut)harga timun paling mahal dua ribuan,paling murah ya gak laku,kalau di sana mahal nanti saya bawa kesana aja ya.hee…hee

  13. Saya pernah tanam timun monza(sebelumnya saya diberi tahu,timun monza tak sebagus mercy, walaupun harga benihnya lebih mahal,tapi buahnya banyak yang bengkok),tapi tetap saya tanam soalnya benihnya udah dibeli.awalnya terlihat bagus,bahkan bakal buahnya sangat lebat.tapi benar hasilnya buah kurang bagus(bengkok,mengerucut),padahal waktu itu sering hujan.kenapa ya…?.Disini(langkat,sumut)harga timun paling mahal dua ribuan,paling murah ya gak laku,kalau di sana mahal nanti saya bawa kesana aja ya.hee…hee

  14. Senang mengenal anda pak nasarius langlaut. Pak jono petani jawa yg hijrah ke Gambut…tapi dia berhasil dengan tantangan ditanah gambut dengan menggunakan dolomit, pupuk kandang dan tentunya produk nasa yakni Supernasa dan poc nasa serta hormonik. masalah bapak adalah masalah klasik ditanah gambut yakni akibat kemasaman tanah, atasi itu semua dengan kapur pertanian dan nutrisi lengakap siap saji dari NASA, tertarik dn saksikan vcd pengalaman pak jono….mari gabung pak…

  15. semoga tambah sukses buat pak jono. Oya, saya adalah petani timun dimana saat ini saya juga menenem timun di lahan gambut sekitar 2000 meter persegi. saya mempunyai masalah yaitu timun yang dihasilkan ukuran gak normal dan berwarna kuning bila timun mulai besar. obat apa yangtepat untuk mengatasi hal ini? dan apa penyebab masalah ini? trims buat sarannya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.561 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: