Oleh: wongtani | 21 Mei 2009

DESKRIPSI VARIETAS CIHERANG

bbu /CIHERANG (7)Nama Varietas : Ciherang
Kelompok : Padi Sawah
Nomor Seleksi : S3383-1d-Pn-41–3-1
Asal Persilangan : IR18349-53-1-3-1-3/IR19661-131-3-1//IR19661-131-3-1///IR64 ////IR64
Golongan : Cere
Umur Tanaman : 116-125 hari
Bentuk Tanaman : Tegak
Tinggi Tanaman : 107-115 cm
Anakan Produktif : 14-17 batang
Warna Kaki : Hijau
Warna Batang : Hijau
Warna Daun Telinga : Putih
Warna Lidah Daun : -
Warna Daun : Hijau
Warna Muka Daun : Kasar pada sebelah bawah
Posisi Daun : Tegak
Daun Bendera : Tegak
Bentuk Gabah : Panjang ramping
Warna Gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Sedang
Kerebahan : Sedang
Tekstur Nasi : Pulen
Kadar Amilosa : 23%
Bobot 1000 Butir : 27-28 g
Rata – Rata Produksi : 6 t/ha
Potensi Hasil :  8,5 t/ha
Ketahanan Terhadap Hama :-Tahan terhadap wereng coklat biotipe 2 dan 3-:
Ketahanan Terhadap Penyakit: Tahan terhadap bakteri hawar daun (HDB) strain III dan IV
Anjuran : -Cocok ditanam pada musim hujan dan kemarau dengan ketinggian di bawah 500 m dpl.
Pemulia :-Tarjat T, Z. A. Simanullang,., E. Sumadi dan Aan A. Daradjat-
Peneliti :
Teknisi :
Dilepas Tahun : 2000

About these ads

Responses

  1. […] Wongtaniku, 2013. Deskripsi varietas Ciherang. http://wongtaniku.wordpress.com/2009/05/21/ […]

  2. […] Wongtaniku, 2013. Deskripsi varietas Ciherang. http://wongtaniku.wordpress.com/2009/05/21/ […]

  3. wah saya tahunya CIHERANG Dempo, apa dempo itu merek ya?

  4. ciherang jenis dempo bisa saya dapat dari mana ya (wong ngawi)

    • Apa ada ya mas Rastyo..ciherang jenis dempo setahuku ciherang ya ciherang sesuai deskripsinya….

    • Maaf Pak ikut meluruskan mengenai ciherang. Diberbagai daerah memang banyak jenis ciherang.. Salah satunya ciherang taiwan, ciherang jumbo dll.. Akan tetapi yang asli hanya ciherang aja nmanya.. Nggk ada embel2nya. Tks

  5. pak,saya mau tanya tentang padi umbul….maaf klo kluar dari topik..trima kasih sebelumnya…

  6. saya ni masih baru dalam hal bertani……..jd saya ingin b tanya tntang …..penyemaian dan pemupukan yang baik

    • Maaf mas Budi Agung..(petani Muda) telat balsnya….silahkan chating fia fb atau ym aja yah…kita berbagi soal tanam padi…saya tunggu !

      • Apakah Bapak tahu cara menyilangkan Benih Padi?

  7. saya senang sekali membaca tentang pertanian yang mengulas tentang padi, karena saya di rumah ada kios jual benih padin cuman kendala saya bgm caranya mendapatkan padi ciherang ir 64 dan lainnya yang di produk oleh boyolali soalnya kalau saya beli di toko harganya sdh terlalu tinggi jadi kalau di jual terlalu mahal kasihan petani sebenarnya berapa harga skrg dr boyolali dan apakah kalau beli 1 rit juga di antarin ke tujuan trimakasih sebelunya salam petani

    • ibu/mbak ismiati coba tanyak ke dinas pertanian Boyolali dimana alamat Balai Benih padi mereka atau produsesn benih di boyolali dan langsung datangi mereka semoga harganya bisa lebih murah ya…..posisi harga benih padi semua varietas di Balai Benih di Kotaku yang berlabel Biru rp. 5.000/kg

  8. tks tas infonya

  9. Mas coba selusuri di lamat bb padi yah tuh diatas, biar lebih lengkap.
    Situ Bagendit termasuk padi Gogo namun dapat gelar padi “amfibi” karena dapat ditanam juga dilahan tadah hujan maupun sawah dengan hasil yang bersaing dengan ir.64. Namun sayangnya menurut sebagian org rasa nasinya tidak seenak ir.64. Kalau ciherang potensi hasilnya lebih tinggi namun dia hanya cocok ditanam disawah mas….Lihat deskripsi kedua vairetas tersebut maka mas akan lebih jelas. Varietas ciherang sudah tersebar diindonesia dan menggantikan posisi IR.64.

  10. pak saya sedang dapat tugas tentang padi situbagendit dan padi ciherang, apa perbedaan keduanya dan apa keunggulan masing-masingnya, saya mohon bantuannya ma kasih sebelumnya pak.

  11. Pa Khabar Pak Ari, mo tanya alamat website Balitpa Sukamandi apa ya? dah cari di google ga nemu, atau barangkali ga kenal jadi ga engeh…he..he..

  12. nm saya panca tolong mas keunggulan dan kekurangan varietas ciherang klo bs kirimin via email ya mas, eh ya sdh ada blom yah yg ngembangin cara tanam padi organik..thx

  13. Ciherang dari boyolali, mgkn jg tp blm tau juga asal dan siapa yg mngusulkan sgga dilepas jd nama ciherang, namun tetuanya mmg ir.64, cari saja di balai benih di sana mas, atau di daerah sukoharjo ada balai benihnya saya lupa, PP kerja jg ada disolo. Org jawa suka bilang pari Serang

  14. namanya ciherang boyolali berarti dari boyolali untuk di tempat boyolali berapa Ya ?
    Ada yang tau dan alamat mana

  15. Mbak hella ya…duh maaf sekali mbak gak bisa penuhin keinginannya pas aku sibuk sekli…ini baru liat comen mbak hella, pada initnya sama saja mbak dengan yg ada di tulisan Teknis Budidya padi, hanya pada pilihan persemaian dan umur tanam saja…semakin muda bibit semakin baik dipindah tanamkan, namun apabila diderahku yg pasang surut dan air susah kita atur tanam saat usia bibit 14 sd 21 HST agar tidak terbenam saat air melimpah. jarak dan tata cara tanam tergantung juga dengan kondisi dan SDm petani setempat, makin bagus tata cara tanam ya makin bagus potensi hasilnya karena populasi tanamn bisa terukur. Pemupukan Tiga kali, pemupukan dasar, pertengahan setelah penyiangan dan terakhir umur 35-45 HST. Pemeliharaan sesuaikan terhadap OPT yang ditemukan. Gunakan pupuk organik nasa agar tanaman mendapatkan asupan nutrisi yg lengkap…sehingga tanaman akan tumbuh dan berkembang secara maksimal.
    Hal ini aku utarakan sesuai yg kuhadapi disawah karena banyak faktor x yg menghambat cita-cita produksi yg tinggi, namun dengan NASA AKU TEMUKAN JAWABANNYA. semoga bisa MEMBANTU

  16. Bapak,,saya dapat tugas tentang bagaimana pola tanam padi varietas ciherang mulai dari persemaian sampai panen (termasuk metode pemberian air dan pemupukan)..saya sudah cari dimana2 tapi masih belum lengkap..mungkin bapak mau membantu saya..terima kasih sebelumnya,,

    nb: bapak bisa kirim ke email saya,,kalau bisa sebelum hari Senin ya pak..terima kasih banyak,,

  17. Halo pak suhendri senang bisa kenal bapak, Kalau yang biasa dlakukan jarak tanamnya adalah 20×20 cm pak, dan itu sudah sangat umum dilakukan. Namun banyak sistem/cara tanam bapak tinggal pilih, yg terbaik dengan jajar legowo dua satu, setiap dua baris tanam dihilangkan satu baris tanam artinya hanya dua baris tanam diberi jarak 40 cm kemudian dua baris tanam lagi dst…sementara jarak dalam baris hanya 10 cm pak…. Usahakan tanam bibit masih muda pak, dengan maksimal 2-3 rumpun saja. Kalau tenaganya mampu bibit muda dan secepatnya ditanam dan hanya satu bibit…pilihan tergantung kondisi lahan dan tenaganya pak…Trims. semoga bisa membantu

  18. pak.. saya mau tanya. berapa jarak tanam padi sawah varietas chiherang dan jumlah rumpun bibit perlubang yang ideal yang sudah diteliti oleh orang-orang

  19. [...] petani padi sawah hingga kini masih bertahan walau secara nasional telah digeser dengan kerabatnya CIHERANG .  Aku sendiri di tahun 2001 masih tanam IR 64 namun karena aku nilai agak rewel pada tanah dengan [...]

  20. Wah aku belum sama sekali nyoba sistem SRI mas jadi gak bisa comment deh,…..

  21. kalau ciherang ditanam dengan sistem SRI hasilnya sampai berapa Ton per Ha ?

    • saya pernah tanam padi ciherang dgn metode SRI dlm penelitian saya hasilnya 6,284 ton ha. hasil itu mungkin dpt meningkat seiring peningkatan kesuburan tanahnya.. mengingat tanah yg saya gunakan merupkn tanah yg bru pertama kali digunakan untuk pertanian organik

      • selamat mbak diah, itu akan meningkat sejalan meningkatnya kesuburan tanahnya akibat sistem SRI yg menggunakan pukan atupun kompos serta pupuk organik lainnya, sayangnya lahan kami pasang surut jadi belum bisa coba SRI nya…

  22. Salam Kenal
    Ini Adalah salah satu varietas pilihan terbaik.
    Tukerin link. Linknya aku dah pasang sila dicek.
    makasih………..

  23. Malam pak, maaf telat nih maklum m2 saya lagi lelet disampit, oh luar biasa nih tertarik dengan urusan padi he he he jarang jarang nih…boleh…dicopy paste juga boleh pak atau kunjungi aja website nya balitpa sukamandi jabar disana lebih komplit deh… soal budidayanya mari kita berbagi pengalaman

  24. terima kasih infonya
    sy jd tertarik mau nanam padi jenis ini
    boleh ga kirim artikelnya ke email sy.
    thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.556 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: