Oleh: Ari Sampit/wongtani | 25 Agustus 2009

VARIETAS IR 64

Banyak yang mampir ke blog ini mencari keterangan mengenai padi IR 64 sehingga aku mengcopy paste kan dari Balitpa sukamandi Jabar seperti dibawah ini.  Varietas IR 64 memang benar benar sudah menjadi tuan rumah di negaranya sendiri, sangat lama sangat familier  dengan para petani padi sawah hingga kini masih bertahan walau secara nasional telah digeser dengan kerabatnya CIHERANG .  Aku sendiri di tahun 2001 masih tanam IR 64 namun karena aku nilai agak rewel pada tanah dengan PH 4,5 ke bawah akhirnya tahun 2002 aku tanam Ciherang yang saat itu benihnya kau dapat dari berburu ke daerah Jawa Timur tepatnya Kota Malang di PT Pertani Malang, setelah itu Ciherang dikenal luas di Kalteng.  Masih juga petaniku banyak yang tanyak IR 64 namun karena aku tidak tanam lagi akhirnya mereka ikut tanam Ciherang, Mekongga dan Cigeulis namun di Sampit pada umumnya dikuasai oleh Varietas Ciherang.

DESKRIPSI VARIETAS IR 64

Nama Varietas : IR 64
Kelompok : Padi Sawah
Nomor Seleksi : IR18348-36-3-3
Asal Persilangan : IR5657/IR2061
Golongan : Cere
Umur Tanaman : 115 hari
Bentuk Tanaman : Tegak
Tinggi Tanaman : 85 cm
Anakan Produktif : 25 batang
Warna Kaki : Hijau
Warna Batang : Hijau
Warna Daun Telinga : Tidak berwarna
Warna Lidah Daun : -
Warna Daun : Hijau
Warna Muka Daun : Kasar
Posisi Daun : Tegak
Daun Bendera : Tegak
Bentuk Gabah : Ramping, panjang
Warna Gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Tahan
Kerebahan : Tahan
Tekstur Nasi : Pulen
Kadar Amilosa : 27%
Bobot 1000 Butir : 24,1 g
Rata – Rata Produksi : 5,0 t/ha
Potensi Hasil : -Tahan wereng coklat biotipe 1, 2 dan wereng hijau
Ketahanan Terhadap Hama : – Agak tahan bakteri busuk hawar daun (Xanthomonas oryzae) – Tahan kerdil rumput
Ketahanan Terhadap Penyakit : 1986
Anjuran : – Baik ditanam untuk i sawah irigasi dataran rendah di Jawa Timur – Cukup baik untuk padi rawa/pasang surut
Pemulia : -
Peneliti : 5,0 t/ha
Teknisi : -
Dilepas Tahun : 1986

About these ads

Responses

  1. bos, kenapa harga IR 64 bervariasi (perbedaan harganya cukup jauh)?, apa yg membuat perbedaan harga?, apa ada jenisnya?

    Suka

    • Perbedaan harga benih padi non hibrida terletak pada warna labelnya saja, warna biru adalah benih sebar yg biasa dipasarkan ke petani, Label warna ungu (benih pokok) untuk petani penangkar benih namun kini di jawa petani dah lebih suka pakai ini dan harganya lebih mahal. Selanjutnya Label warna putih (Benih Dasar) lebih mahal dan untuk penangkar benih atau balai2 benih saja. Terakhir Benih Penjenis dari pemulianya langsung yg diproduksi oleh Balai Penelitian, harganya bisa mencapai 35.000/kg.
      Demikiam mas Rachman….

      Suka

  2. sya mau tanya apa si keunggulan bears ir 64 dan kelemahannya???sdah keliling cari gk ktmu jg.

    Suka

    • Mbak dewi…kalau untuk menjawab secara detail sih aku gak bisa nih..hanya memang karena sudah sangat lama familier dengan lidah yg menuntut tekstur nasi yg pulen maka IR 64 dengan kadar amilosa 27% sama dengan pulen dan cocok dengan selera sebagian besar orang indonesia, Namun kini perkembangan vareitas yg cukup pesat dan menyesuaikan spesifik lokasi maka didaerah saya telah mulai disukai varietas baru Inbrida Padi Rawa (inpara 1, 2 dan 3 ) yang relatif cocok dengan tanah masam dengan PH dibawah 5 dan perlahan menggeser ciherang. Sedangkan IR 64 sudah tamat…he he he…didaerah saya !

      Suka

  3. mohon pencerahan kepada bpk2 semua,
    saya tinggal di daerah Tuban Jawa Timur, cocoknya saya ini tanam padi jenis apa? kebiasaan tetangga sekitar sawah banyak yg nanam jenis ciherang karena bibitnya mudah di dapatkan. mksh atas pencerahannya.

    Suka

    • Mas Sueb…kalau yang disukai Ciherang…ayo coba Inpari 13 yo..umur genjah 103 hari dan bakal ganti ciherang karo iR 64….

      Suka

  4. yah ir.64 unggulnya sudah lama dikenal petani aja…kalau produksi masih tinggi Ciherang…namun saat ini telah terjadi pergeseran secara nasional bahwa ciherang sudah menguasai pertanaman di indonesia. sementara dari rasa nasinya sama saja…cuman bentuknya agak besar ciherang..

    Suka

  5. pak,,mau tanya nih…
    IR 64 itu letak keunggulannya dimana? kalo dibandingkan dengan ciherang

    Suka

  6. Sama sama pak, Deskripsi intani ada kok liat si wbsitenya balitpa sukamandi jabar ada diblogroll saya dan klik aja deskripsi pilih varietasnya..

    Suka

  7. makasi infonya, anda punya deskripsi varietas padi intani ?

    Suka


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: