Oleh: wongtani | 20 September 2009

BUDIDAYA AYAM PEDAGING (Broiler)

AYAMKU UMUR 38 HARI 2,6 KG

AYAM PEDAGING (Broiler)

I. Pendahuluan

Ayam Pedaging (Broiler) adalah ayam ras yang mampu tumbuh cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu). Broiler mempunyai peranan yang penting sebagai sumber protein hewani asal ternak. PT. NATURAL NUSANTARA berupaya membantu peningkatan produktivitas, kuantitas, kualitas dan efisiensi usaha peternakan ayam broiler secara alami (non-Kimia).

II. Pemilihan Bibit

Bibit yang baik mempunyai ciri : sehat dan aktif bergerak, tubuh gemuk (bentuk tubuh bulat), bulu bersih dan kelihatan mengkilat, hidung bersih, mata tajam dan bersih serta lubang kotoran (anus) bersih

III. Kondisi Teknis yang Ideal

a. Lokasi kandang

Kandang ideal terletak di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk, mudah dicapai sarana transportasi, terdapat sumber air, arahnya membujur dari timur ke barat.

b.Pergantian udara dalam kandang.

Ayam bernapas membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Supaya kebutuhan oksigen selalu terpenuhi, ventilasi kandang harus baik.

c.Suhu udara dalam kandang.

Suhu ideal kandang sesuai umur adalah :

Umur (hari) Suhu ( 0C )

01 – 07 34 – 32

08 – 14 29 – 27

15 – 21 26 – 25

21 – 28 24 – 23

29 – 35 23 – 21

d.Kemudahan mendapatkan sarana produksi

Lokasi kandang sebaiknya dekat dengan poultry shop atau toko sarana peternakan.

IV. Tata Laksana Pemeliharaan

4.1 Perkembangan

Tipe kandang ayam Broiler ada dua, yaitu bentuk panggung dan tanpa panggung (litter). Tipe panggung lantai kandang lebih bersih karena kotoran langsung jatuh ke tanah, tidak memerlukan alas kandang sehingga pengelolaan lebih efisien, tetapi biaya pembuatan kandang lebih besar. Tipe litter lebih banyak dipakai peternak, karena lebih mudah dibuat dan lebih murah.

Pada awal pemeliharaan, kandang ditutupi plastik untuk menjaga kehangatan, sehingga energi yang diperoleh dari pakan seluruhnya untuk pertumbuhan, bukan untuk produksi panas tubuh. Kepadatan kandang yang ideal untuk daerah tropis seperti Indonesia adalah 8-10 ekor/m2, lebih dari angka tersebut, suhu kandang cepat meningkat terutama siang hari pada umur dewasa yang menyebabkan konsumsi pakan menurun, ayam cenderung banyak minum, stress, pertumbuhan terhambat dan mudah terserang penyakit.

4.2. Pakan

- Pakan merupakan 70% biaya pemeliharaan. Pakan yang diberikan harus memberikan zat pakan (nutrisi) yang dibutuhkan ayam, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga pertambahan berat badan perhari (Average Daily Gain/ADG) tinggi. Pemberian pakan dengan sistem ad libitum (selalu tersedia/tidak dibatasi).

- Apabila menggunakan pakan dari pabrik, maka jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam, yang dibedakan menjadi 2 (dua) tahap. Tahap pertama disebut tahap pembesaran (umur 1 sampai 20 hari), yang harus mengandung kadar protein minimal 23%. Tahap kedua disebut penggemukan (umur diatas 20 hari), yang memakai pakan berkadar protein 20 %. Jenis pakan biasanya tertulis pada kemasannya. -Penambahan POC NASA lewat air minum dengan dosis 1 – 2 cc/liter air minum memberikan berbagai nutrisi pakan dalam jumlah cukup untuk membantu pertumbuhan dan penggemukan ayam broiler.

- Dapat juga digunakan VITERNA Plus sebagai suplemen khusus ternak dengan dosis 1 cc/liter air minum/hari, yang mempunyai kandungan nutrisi lebih banyak dan lengkap.

- Efisiensi pakan dinyatakan dalam perhitungan FCR (Feed Convertion Ratio). Cara menghitungnya adalah, jumlah pakan selama pemeliharaan dibagi total bobot ayam yang dipanen.

Contoh perhitungan :

Diketahui ayam yang dipanen 1000 ekor, berat rata-rata 2 kg, berat pakan selama pemeliharaan 3125 kg, maka FCR-nya adalah :

Berat total ayam hasil panen =

1000 x 2 = 2000 kg

FCR = 3125 : 2000 = 1,6

Semakin rendah angka FCR, semakin baik kualitas pakan, karena lebih efisien (dengan pakan sedikit menghasilkan bobot badan yang tinggi). Penggunaan POC NASA atau VITERNA Plus dapat menurunkan angka FCR tersebut.

4.3. Vaksinasi

Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Vaksinasi penting yaitu vaksinasi ND/tetelo. Dilaksanakan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata, dengan vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

4.4. Teknis Pemeliharaan

- Minggu Pertama (hari ke-1-7). Kutuk/DOC dipindahkan ke indukan atau pemanas, segera diberi air minum hangat yang ditambah POC NASA dengan dosis + 1 – 2 cc/liter air minum atau VITERNA Plus dengan dosis + 1 cc/liter air minum/hari dan gula untuk mengganti energi yang hilang selama transportasi. Pakan dapat diberikan dengan kebutuhan per ekor 13 gr atau 1,3 kg untuk 100 ekor ayam. Jumlah tersebut adalah kebutuhan minimal, pada prakteknya pemberian tidak dibatasi. Pakan yang diberikan pada awal pemeliharaan berbentuk butiran-butiran kecil (crumbles).

- Mulai hari ke-2 hingga ayam dipanen air minum sudah berupa air dingin dengan penambahan POC NASA dengan dosis 1 – 2 cc/liter air minum atau VITERNA Plus dengan dosis 1 cc/liter air minum/hari (diberikan saat pemberian air minum yang pertama). Vaksinasi yang pertama dilaksanakan pada hari ke-4.

- Minggu Kedua (hari ke 8 -14).

Pemeliharaan minggu kedua masih memerlukan pengawasan seperti minggu pertama, meskipun lebih ringan. Pemanas sudah bisa dikurangi suhunya. Kebutuhan pakan untuk minggu kedua adalah 33 gr per ekor atau 3,3 kg untuk 100 ekor ayam.

- Minggu Ketiga (hari ke 15-21).

Pemanas sudah dapat dimatikan terutama pada siang hari yang terik. Kebutuhan pakan adalah 48 gr per ekor atau 4,8 kg untuk 100 ekor. Pada akhir minggu (umur 21 hari) dilakukan vaksinasi yang kedua menggunakan vaksin ND strain Lasotta melalui suntikan atau air minum. Jika menggunakan air minum, sebaiknya ayam tidak diberi air minum untuk beberapa saat lebih dahulu, agar ayam benar-benar merasa haus sehingga akan meminum air mengandung vaksin sebanyak-banyaknya. Perlakuan vaksin tersebut juga tetap ditambah POC NASA atau VITERNA Plus dengan dosis tetap.

- Minggu Keempat (hari ke 22-28).

Pemanas sudah tidak diperlukan lagi pada siang hari karena bulu ayam sudah lebat. Pada umur 28 hari, dilakukan sampling berat badan untuk mengontrol tingkat pertumbuhan ayam. Pertumbuhan yang normal

mempunyai berat badan minimal 1,25 kg. Kebutuhan pakan adalah 65 gr per ekor atau 6,5 kg untuk 100 ekor ayam. Kontrol terhadap ayam juga harus ditingkatkan karena pada umur ini ayam mulai rentan terhadap penyakit.

- Minggu Kelima (hari ke 29-35).

Pada minggu ini, yang perlu diperhatikan adalah tatalaksana lantai kandang. Karena jumlah kotoran yang dikeluarkan sudah tinggi, perlu dilakukan pengadukan dan penambahan alas lantai untuk menjaga lantai tetap kering. Kebutuhan pakan adalah 88 gr per ekor atau 8,8 kg untuk 100 ekor ayam. Pada umur 35 hari juga dilakukan sampling penimbangan ayam. Bobot badan dengan pertumbuhan baik mencapai 1,8 – 2 kg. Dengan bobot tersebut, ayam sudah dapat dipanen.

- Minggu Keenam (hari ke-36-42).

Jika ingin diperpanjang untuk mendapatkan bobot yang lebih tinggi, maka kontrol terhadap ayam dan lantai kandang tetap harus dilakukan. Pada umur ini dengan pertumbuhan yang baik, ayam sudah mencapai bobot 2,25 kg.

4.5. Penyakit

Penyakit yang sering menyerang ayam broiler yaitu :

- Tetelo (Newcastle Disease/ND)

Disebabkan virus Paramyxo yang bersifat menggumpalkan sel darah. Gejalanya ayam sering megap-megap, nafsu makan turun, diare dan senang berkumpul pada tempat yang hangat. Setelah 1 – 2 hari muncul gejala syaraf, yaitu kaki lumpuh, leher berpuntir dan ayam berputar-putar yang akhirnya mati. Ayam yang terserang secepatnya dipisah, karena mudah menularkan kepada ayam lain melalui kotoran dan pernafasan. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, maka untuk mengurangi kematian, ayam yang masih sehat divaksin ulang dan dijaga agar lantai kandang tetap kering.

- Gumboro (Infectious Bursal Disease/IBD)

Merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang disebabkan virus golongan Reovirus. Gejala diawali dengan hilangnya nafsu makan, ayam suka bergerak tidak teratur, peradangan disekitar dubur, diare dan tubuh bergetar-getar. Sering menyerang pada umur 36 minggu. Penularan secara langsung melalui kotoran dan tidak langsung melalui pakan, air minum dan peralatan yang tercemar. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan vaksin Gumboro.

- Penyakit Ngorok (Chronic Respiratory Disease)

Merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum Gejala yang nampak adalah ayam sering bersin dan ingus keluar lewat hidung dan ngorok saat bernapas. Pada ayam muda menyebabkan tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk dan diare dengan kotoran berwarna hijau, kuning keputih-keputihan. Penularan melalui pernapasan dan lendir atau melalui perantara seperti alat-alat. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat-obatan yang sesuai.

- Berak Kapur (Pullorum).

Disebut penyakit berak kapur karena gejala yang mudah terlihat adalah ayam diare mengeluarkan kotoran berwarna putih dan setelah kering menjadi seperti serbuk kapur. Disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum.

Kematian dapat terjadi pada hari ke-4 setelah infeksi. Penularan melalui kotoran. Pengobatan belum dapat memberikan hasil yang memuaskan, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan dengan perbaikan sanitasi kandang.

Infeksi bibit penyakit mudah menimbulkan penyakit, jika ayam dalam keadaan lemah atau stres. Kedua hal tersebut banyak disebabkan oleh kondisi lantai kandang yang kotor, serta cuaca yang jelek. Cuaca yang mudah menyebabkan ayam lemah dan stres adalah suhu yang terlalu panas, terlalu dingin atau berubah-ubah secara drastis. Penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus sukar untuk disembuhkan. Untuk itu harus dilakukan sanitasi secara rutin dan ventilasi kandang yang baik. Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan ayam, ketahanan tubuh ayam, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA dapat dicampur dengan Hormonik dosis 1 botol POC NASA dicampur dengan 1-2 tutup botol Hormonik, atau 1 botol POC NASA dicampur dengan 2-4 kapsul Asam Amino. Dapat juga menggunakan VITERNA Plus yang merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :

1. Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan dalam, pembentukan darah dan lain-lain.

2. Asam-asam amino utama seperti Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine , Phenylalanine, Threonine, Thryptophan, dan Valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh

3. Vitamin-vitamin lengkap, yaitu A, D, E, K, C dan B Komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.

4.6. Sanitasi/Cuci Hama Kandang

Sanitasi kandang harus dilakukan setelah panen. Dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pencucian kandang dengan air hingga bersih dari kotoran limbah budidaya sebelumnya. Tahap kedua yaitu pengapuran di dinding dan lantai kandang. Untuk sanitasi yang sempurna selanjutnya dilakukan penyemprotan dengan formalin, untuk membunuh bibit penyakit. Setelah itu dibiarkan minimal selama 10 hari sebelum budidaya lagi untuk memutus siklus hidup virus dan bakteri, yang tidak mati oleh perlakuan sebelumnya.

About these ads

Responses

  1. mohon bantuan pak wong, utk pembelian cod wilayah palembang dimana ya? klo ada no telp yg bs dihub. trims..

  2. Mari berbagi pengalaman dan ilmu di dalam pengembangan ayam potong. Silahkan berkunjung ke http://www.aosfarm.blogspot.com. Berbagi itu indah, untuk keberhasilan bersama.

  3. salam… saya sangat berminat dengan ternak ayam potong. saya dari NTT apa bisa saya bekerja sama dengan mitra bapak.?
    mohon balasannya.. terima kasih

    • pak anto, kami hanya menyediakan pendukung peternakan ayam potomg terutama pada nutrisinya yakni Viterna Poc Nasa dan Hormonik, untuk kemitraan silahkan bapak cari di daerah bapak mestinya ada

  4. Kami menyediakan pakan ayam konsentrat dari bahan bermutu tinggi dengan harga relatif terjangkau khusus ayam pedaging dan petelor dengan harga berkisar 5000 perkilo sudah termasuk ongkos kirim untuk daerah gersik dan surabaya jika berminat bisa hub no ini 081938277055

  5. Saya menjual pakan ayam konsentrat untuk ayam pedaging maupun petelor saya buka harga 4000 per kilo jika ada yg berminat bisa hub saya di nomer ini 081938277055 trims…

  6. Numpang buka lapak, dijual kandang kapasitas 10 ribu, plus gudang pakan, gudang sekam, gudang peralatan, dapur n rumah, jalan udh beton di wilayah sumedang, yg berminat hub.085320673357

  7. asslmkm….setelah membaca artikel di atas saya sangat tertarik ingin mencobanya dan ingin bermitra dengan perusahaan yang bapak kelola…untuk di daerah karawang saya harus hubungi kemana ya…? tolong balas ke imail.memodarmanto@gmail.com..trmkasih

  8. Maf numpang pomosi klo pak ato ibu membutuh kan burih kandang seumpamanya bapa ibu kenang meperkerjakan saya hubungi no 087719360364

  9. numpang lewat gan
    disewakan kandang didaerah sumedang kapasitas 10 rb,plus gudang,air,listrik, dapu karyawan, yang berminat hub.085320673357

  10. artikel yang bagus dan bermanfaat .semoga bermanfaat bagi banyak orang .saya tunggu artikel lainnya.

  11. Mau tanya bos.kal standard mingguan bobot dan fcr doc 707 brp? Trmks

  12. ma’f pak mau tanya,, kalau untuk 500 ekor ayam kira-kira ngabisin berapa Kg pakannya..
    trimakasih :-)

  13. Mo tanya, klo stock doc ayam broiler di wilayah NTT khususnya sumba barat ada gk ???

  14. assalamualaikum…
    mungkin saya sangat ketinggalan jauh baca blog ini…
    saya imam dari surabaya…
    saya jual ayam ptong lebih tepatnya agen/rumah potong ayam kecil2an di surabaya daerah kenjeran…
    alhamdulillah Alloh ngasih rezjeki ke saya per hari saya jual habis -+ 200-350 kg..
    kenapa saya bilang trjual habis..krna saya mendatangkn ayam sesuai permintaan pelanggan2 saya..
    untk smentara ini saya biasa di kirim ayam sama pedagang/agen di surabaya juga.bukan peternakk/pabrik..sama sperti saya cman rejekinya lebih gedean..
    untk harga ayam dari juragan saya cukup mahal prkilonya..sangat nipis..
    di daerah saya lumayan banyak agen keccil2an..jadi saya tidak bsa mengikuti harga saing agen2 yg lain skitar saya…

    intinya saya cari agen wilayah surabaya & sekitarnya yg bsa ngasih harga ayam hidup lebih murah ( anda untung saya juga untung) agar saya bsa bersaing harga pasaransecara sehat…
    & bisa sediakan ayam tiap hari..banyaknya sesuai di atas & ayamnya besar2…

    NB: untk harga ayam hidup prkilonya klo di kirim brapa di ambil sendiri/jemput berapa….??? tanks…

    cp: 08563235333#
    em@il: pendaki_maniak@yahoo.com

  15. halloooo para pecinta broiler salam kena saya teguh dari bogor

  16. NUMPANG BUKA LAPAK ;
    kami menyediakan bibit DOC ayam potong dan pakan ayam partai besar
    * harga DOC per box Rp 550.000 (pembelian min 10 box)lebih dari 15 box harga 500.000 per box.
    *harga pakan ayam (POR BR) Rp 8500 per kg(pembelian minimal 100 kg)
    lebih dari 200 kg harga 8000 per kg

    melayani pengiriman..dan ongkir di tanggung penjual dan pembeli alias setengah setengah
    malang jatim

    contac:089623034551 (reza)
    email:metharez89@gmail.com

  17. NUMPANG BUKA LAPAK GAN :

    kami menyediakan bibit DOC ayam potong dan pakan ayam partai besar
    * harga DOC per box Rp 550.000 (pembelian min 10 box)lebih dari 15 box harga 500.000 per box.
    *harga pakan ayam (POR BR) Rp 8500 per kg(pembelian minimal 100 kg)
    lebih dari 200 kg harga 8000 per kg

    melayani pengiriman..dan ongkir di tanggung penjual dan pembeli alias setengah setengah
    malang ,jatim

    contac:089623034551 (reza)
    email:metharez89@gmail.com

    • per box isi berapa ekor boz…. .. ?

  18. trims untuk wong tani.baru baca webnya udah dpet banyak ilmu……moga sukses slsalu..

  19. kalteng’x mana pak?aq kalteng juga.

  20. saya mau nanya kalo 5000 ekor itu kebutuhan pakan serta obat obat dll sampai panen itu habis berapa biayanya?

  21. cara utuk menaksimalkan pertumbuan ayan boiler,,,,,,,,tlg minta saran,,,thaks

  22. slm knal mas, klw sy pgen lbh jelas mengenai ternak ayam pedaging klw d bandung alamatnya d mana mas. thks

    • Salam kenal juga, ndak ada mas aku di kalteng

  23. numpang tanya aq modal ada tp…ap bener nih biaya kandang tuk 5000 ekor nyampai 30 jt an nih…dri banjarnegara nih..mohon di share…

  24. ass saya berdomisili di wonosari gunungkidul, saya minta supot dan informasinya dari bapa, saya sangat ingin sekali berternak ayam pedaging, tapi saya bingung hasil panen ayam nya bila udah cukup beratnya harus kemana saya jualnya dengan harga yang wajar sesuai pasaran, di samping itu harga pakannya menurut saya sangat mahal kisaran 260000/sak sampai 285000/sak kelas BR, saya pengen menggunakan produk bapak yang dari nasa gimana caranya saya bisa dapatkan di wonosari tempat saya tinggal? Makasih wasalam muhyan

    • Datang aja ke kantor nasa mas, di Ring Road Barat,Salakan Trihanggo Ngajogjakarta…

      • assalamu,alaikum …wr..wb. sebelumnya terimakasih telah membaca tanggapan dari kami. saya asep dari bandung, baru mau mulai usaha ternak ayam untuk skala pertama saya akan coba 3-5ribu ekor, menanyakan, untuk kerjasama, kami mohon arahannya untuk PT, yang bapa anjurkan di daerah kamii, kalau berkenan kami minta alamat yang harus kami datangi, beserrta toko nasa di kota kami, terimakasih

  25. APASIH PAK PENYEBAB BNYAK ANAK AYAM PEDAGING TU KOK YANG KERDIL,,,,,,?

    • wah aku gak paham ini mas..biasanya sih urusan genetika alias turunan si ayam he he he

    • tidak hanya faktor genetika(keturunan) faktor lain seperti suhu, vitamin dan pemberian pakan yang tidak rata juga bisa mempengaruhi. biasanya kalau pakan kurang merata ayam akan berebut makanan, yang menang rebutan bisa gemuk yang kalah asupan nutrisinya kurang jadi bisakerdil.

  26. Saya ingin membuat kandang kapasitas 2000 ekor,, kira kira brapa biaya yg dbutuhkan,, saya brlokasi didaerah kalmntan timur,, mhon bantuannya….
    trimakasih sblumnya…

    • Di Kotaku habis dana sekita 15 juta an belum termasuk alat2 kandang

      • kalo pake saka cor hbis dana brapa pak?

      • kalo punya dana 25 dah brani mendirikan blum.. air+listrik sudah ada

  27. saya dan suami sangat terinspirasi dengan blog bapak, kami berencana memulai usaha ternak ini dalam skala 5000 ekor dengan sistem mitra, sy yang telepone bapak beberapa hari lalu (ibu dwi), minta tlg dikirimkan vcd lengkap tentang beternak ayam yang baik, domisili sy di tangerang pak, rencana memulai di daerah salatiga jawa tengah, mohon bimbingannya krn kami msh awam dalam usaha ini. terima kasih atas supportnya ya pak, sy tunggu kiriman VCD nya, tks

    • Trims ibu dewi…..semoga bermanfaat vcd nya

  28. tanks atas infonya
    saya akan coba2 smoga sukses ,,,

  29. ass… pak sy lg merencanakan beternak 1000 ekor dgn luas tanah 150 m2, dan sy pgen tau pemasarannya sya didaerah cianjur..bsa gak bapak wong kasih tau no hp yg bsa mmbeli ayam yg sdh sy ternak dg harga yg pantas dan tdk membuat rugi dg modal yg sudah dikeluarkan..klo da sms ke no sya 088809690031(an.Dede)..trims.wass

  30. infonya sangat menarik tapi apakah bisa ditambahkan tentang formulasi pembuatan pakan???

  31. salam kenal……….. saya mempunyai lahan 1 hektar di daerah purwakarta, saya ingin memulai usaha ayam potong, untuk mencari mitra dan pensuplai bibit dan pakannya dengan siapa ya pak.. ? mohon bantuannya thanks

  32. assalam, saya baru temukan web ini pd tgl 05 agustus 2012,semoga informasi2 yg di berikan sangat bermanfaat bagi saya yg baru akan mencoba berternak ayam potong. saya sudah punya kandang untuk 1000 ekor ayam di atas kolam ikan ( panggung) tapi saat ini msh di sewakan ke peternak lain dan rencananya akan sy kelola sendiri suatu saat nanti. mohon di bantu ya untuk informasi2 nya jika saya kesulitan dalam berternak ini,terutama untuk mendapatkan bibit DOC unggulan, pakan dan vaksin nya. terimakasih sebelumnya, wassalam. nurdin di garut jawa barat. ( dinwargadinata@yahoo.com)

  33. bagi saudara yang membutuhkan DOC bisa menghubungi saya di 081804494076. saya ada stok DOC berbagai jenis seperti Sierad, wonokoyo, asia afrika, jaya mukti, dll

  34. Asslmualaikm,,
    pak wong sblumx termksh sudh membantu infox &saya ardi u/21 th di sidoarjo & saya tertarik dgn budidaya broiler & sudah menekuni berternak kecil2lan drmh sebanyk 200 ekor, saya mW brtanya uNtuk meNcri DOC yg bugus didaerah sidoarjo itu didaerh mNa y paK & produk viterna & poC nasa jg dpt dicari dmn jg mohon dibantu..
    Terimakasih byk ats infox pak..??

    • waallaikum salam mas ardi, hubungi komen yang dibawah ini tuh, aku dikalimantan ya ga bisa kasi info soal doc. soal produk nasa silahkan beli di sidoarjo nanti tak kasi alamatnya

    • mas sidoarjonya mana ?

      • mas Aris, sms saya dulu di 081250981098

  35. bagi peternak yang ingin mendapatkan bibit di wilayah surabaya dapat menghubungi saya di 031 72603939 saya punya wonokoyo dan patriot

    • saya mau tanya satu ekor berapa harganya pak? ini no hp saya. 085727050176

  36. Assalam Pak…..Sya di kupang…..cari DOC nya susa….sy butuh DOC dari surabaya….bantuannya utk Agen2 Doc Surabaya….Mhon dbantu pak…..Wasalam No. Hp. 085239334587

  37. saya butuh bibit ayam broiler husus kawasan surabaya tlf / sms > 085850992000

  38. Salam kenal juga.., saya peternak baru mau tanya nih.., dimana tempat untuk membeli DOC dan Pakan,karena letak kandang saya di daerah bekasi.., sekalian juga info harga DOC dan Pakan..? Terimakasih sebelumnya…

  39. Slam kenal, mohon infonya untuk alamat penjualan DOC di daerah bekasi dan seitarnya, serta info distributor ayam potong atau pemasarannya untuk wilayah bekasi, Terimakasih

    • kam distributor ayam siap membantu bapak..hub 085718445928..untuk wilayah bekasi

      • apakah untuk daerah purwakarta bisa??? hubungi saya agustriohartono@yahoo.com atau 087829993320

  40. Salam kenal pak., saya seorang peternak ayam potong pemula, cuma saya kebingungan mencari DOC yang bagus juga kebingungan untuk pemasarannya, mengingat biasanya ada distributor ayam potong yang membeli langsungke peternak, thanks

  41. Assalam..pak saya sedang membuat rancangan sistem informasi tentang peternakan ayam potong,namun minim data..gimana ya pak proses bisnis dari awal pembuatan kandang sampai pemotongannya pak..?mohon bantuannya pak,email saya ayu_ningsih02@yahoo.co.id….makasi sebelumnya pak

  42. terima kasih informasinya ya,,.

  43. pak wong,,,, saya dari kab.Saroalngun prop.Jambi mau tanya neh,,
    saya berminat untuk ternak ayam sistem mitra,, saya punya lokasi tapi minim modal,,, dimana saya harus bertanya tentang perusahaan/distributor yg mau diajak bermitra,?? saya belum pernah beternak ayam dalam jumlah besar,,, mohon bantuannya pak,tks.

  44. assalamualikum pak….saya mau bertanya…
    saya masih baru mau mulai beternak pak…saat ini saya cuman punya kandang ber ukuran 5×8 m saja.. kira kira muat dengan kapasitas berapa pak….trimakasih… mohon bantuanya dan balasanya di alamat facebook saya

  45. misi pak, saya mau tanya kalau saya mau beli DOC broiler daerah semarang dimana ya, tks. mohon kirim ke email saya saja. saya butuh dalam waktu dekat ini yg terjangkau pula ya harganya.

  46. mas jual bibit ayam potong di sulsel d mn yach????? . harap kirim ke email masdiuddin@yahoo.co.id.terima kasih.

  47. jika untuk daerah surabaya dimana ya untuk penyedia bibit dan pakan ayam potong. harap kirim ke email nel_wi@yahoo.com.terima kasih.

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  48. mas, saya baru mulai beternak ayam di lombok ntb, pa udah da distributor poc nasa sma viterna di lombok.

  49. mas.. saya mw nanya kalo mw mendapatkan produk naza d kawasan pasuruan. d mana yach?
    mohon infonya.. trims..

  50. saya adalah supplier bibit ayam broiler (DOC) merk Wonokoyo.Bibit langsung dari pabrik, pasti fresh dan lebih murah dari Poultryshop. Kapasitas hingga 200 box/minggu.Posisi saya di Pasuruan, Jawa Timur
    Untuk pemesanan hub Deny : 0896 7588 6839

    • mas deny saya juga tinggal d pasuruan, untuk harga DOC wonokoyo 1 boxnya brapa?

    • alamat lengkapnya dimana pak, saya jg dari pasuruan. saya butuh DOC.

  51. kalau untuk daerah bekasi ada ga yang tau tentang bibit ayam atau kemitraannya, mohon di balas

    • kami menyediakan doc berbagai merec…pengiriman jabodetabek sampai jatim minat hub 081808517611

      • untuk daerah purwakarta bisa??? agustriohartono@yahoo.com atau 087829993320

      • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  52. Bisa diajarkan cara penanganan ayam yang terserang ngorok…
    makasih sebelumnya….

  53. Salam kenal pak.Mw tanya Untuk kepadatan ìyg bpk gunakan 9ekor/m.Itu untk panen berat brp kilo pak.
    Sy pnya kandang kap 1000ekor Ukuran 6×10.Sy panen 1-1,2kg kira2 ideal ga kndang sy pak.

    • tidak ideal idealnya 5 X 20 M per 1000 ekor ayam
      .

  54. Wah sulit jga ya..

  55. Saya mempunyai usaha AYAM TULANG LUNAK ( http://www.tulanglunakgerobakan.com )
    saat ini sy sedang ingin beternak sendiri u/ memenuhi kebutuhan
    usaha sendiri. Sy sudah mencoba di daerah BABELAN BEKASI
    (www.ayamsupersehat.com) dan akan mengembangkan lagi dgn konsep
    kemitraan dgn PEMILIK KANDANG di sekitar BEKASI.
    Mhn infonya trm ksh..

  56. Terima pemesanan BIBIT AYAM AYAM BOILER (DOC BOILER) Hub. 082142349489 Bpk DEDDY

  57. salam kenal pak
    saya ingin mencoba vitera dan poc nasa
    dimana saya bisa mendapatkanya?
    saya tinggal di jambi

  58. mas saya tinggal di jambi,saya punya ayam 5000 ekor
    klo di jambi jual viterna dan poc nasa di mana ya mas?
    saya ingin coba

    • Fauzi, wah maaf mas saya gak ada jaringan distirbutor di Jambi, coba sarching di google ya,,,atau dikirim dari sini atau anada jadi distributor saja dan order via Jogja nanti kita bantu. trims

    • kebetulan saya ada di daerah bengkulu kalau anda tertarik untuk bermitra kerja hub 081-8038-24-168 a.n Heru.s saya sediakan DOC,pakan serta obat2an

  59. Semangat Pagi..!!
    Daging ayam merupakan daging favorit di negara kita, karena hampir 100% orang Indonesia suka makan daging ayam. Sehingga berbisnis ternak ayam potong merupakan peluang yang sangat bagus untuk dikembangkan. Beberapa waktu yang lalu, bisnis ayam potong sempat mengalami kemunduran ketika flu burung melanda dunia. Banyak pengusaha ayam potong yang gulung tikar karena daging ayam menjadi “tersangka” utama sehingga menyebabkan orang takut mengkonsumsi daging ayam lagi. Sekarang isu flu burung sudah perlahan menghilang, inilah prospek cerah untuk beternak ayam potong yang mulai menguat kembali.
    Btw kira kira butuh modal berapa berternak ayam potong bagi pemula???

  60. Salam Kenal ,
    sy mempunyai peternakan ayam broiler kapst. 3.000 ekor dgn kandang panggung. gimana menekan angka kematian dari penyakit stress dll, mandapatkan bobot ayam diatas 1.9kg umur 35 hari & meminimalkan angka FCR. apa ada produkx : apa namax, brp hargax & dimana sy bs membelix. Thanks. Sukses Buat Bapak.
    Hormat Saya, Anto Pyan – Lawallu, Kab. Barru, Sulawesi Selatan.
    HP : 085242653955

  61. gimana cara jitu untuk mencegah peyakit pada ternak kususya pda ayam pedaging,,,,,,,,,,?

  62. pengen ternak tapi bingung di estimasi biayanya…..kalo 1000 ekor kira2 berapa biayanya ya….mohon info kang…

    • kalau kapositas 2500 ekor kt membutuhkan dana kisaran 70 jt dalm bentuk kandang panggung,itupun sudah termasuk biaya oprasional dan perlengkapan isi kandang(pakan & t4 Minum)jd kira2 untuk kap 1000 ekor mas cuma butuh estimasi dana 20-23 jt itu dah sngt longgar

  63. lagi minat mau usaha ini tapi belum dapet tempat yang cocok

  64. saya org baru di bidang ternak broiler!!
    sy cuma mau bertanya, apa nama obat atau vitamin yg baik untuk kekebalan atau pencegahan penyakit pada ayam yang dapat dikonsumsi ayam setiap hari?
    makasih……

  65. saya mau usaha ayam potong.prtama 200 ekor,kra2 dibutkan biaya brapa pak,trus ukuran kandang yg idial brapa?klau cara ke mitra’an gmana caray?tolong kmtary pak.(malang jawa timur)

    • klo butu doc dpt hub 082142349489

      • ass saya mau tanya pak bibit merek apa yg paling unggul untuk ayam boiler sekian trima kasi

  66. hey saya peternak ayam pemula pelihara 14000 ekor mo nanya ni gmana cara menekan tingkat kematian ayam,awlnya ayam saya sehat tpi di umur 2minggu mulai lemas dan tidak bisa berdiri atau pengkar gmana cara ngatasinya ya,,,,,,

    • Biasa nya yang saya tau dari kenyamanan ayam seperti sirkulasi udara sama pnaburan alas kandang,,,

    • umur 2 minggu setelah / sesudah sebelum vaksin gumboro dan mulai belajar turun sekam (lantai panggung) biasanya mulai rewel penyakit, bener kata mas sopyan diatas..atur sirkulasi udara. dan saya membiasakan sejak doc masuk min sampai umur 2 minggu diberikan VITERNA 1 cc/liter air minum sekali sehari, ayam saya lebih sehat makan kuat dan kurang kena penyakit…

  67. hey saya peternak ayam pemula mo nanya ni gmana cara menekan tingkat kematian ayam,awlnya ayam saya sehat tpi di umur 2minggu mulai lemas dan tidak bisa berdiri atau pengkar gmana cara ngatasinya ya,,,,,,

  68. pak, saya beternak ayam potong jmlah 100 ekor. untuk waktu 4 minggu, berapa krung pakan yang saya butuhkan, jika 1 karung pakan berisi 50 kg pakan ayam. makasih

    • 4 karung pak 2 br1 ,2 br2

  69. salam kenal pk.saya handri saya baru 2 periode beternak,sama di daerah
    gunung sindur bogor jawa barat,saya tertarik dengan obat poc nasa dan viterna plus ,gimana sy bisa mendapatkan ke2 obat itu,,,saya ingin mencoba’a,ayam sy 1400ekor,berapa bnyk yg sy butuhkan tolong di balas

  70. pak saya mau mendalami cara pembesaran ayam,klo mau ktmu alamatnya dmn pak.trmksh

    • kontak saja mas no hp saya..

  71. gmana carax menanggulangi ayam ngorok

    • Berikan antibiotik mas sesuai takaran tiga hari berturut turut (bila sudah kena) pisahkan ayam yg ngorok agar tdk cepat menyebar..setelah itu berikan vitamin. atau ikuti program obat2 dari kemitraan.

  72. pak saya mau tanya buku pedoman yang paling lengkap untuk ternak ayam pedaging, mulai dari kandang sampai dengan cara panen. mohon bantuannya..

  73. dimana tempat mendapatkan bibit ayam pedaging di palembang ya mas? trima kasih.

    • hub 081234016238

  74. maaf, jika mebuat kandang kapasitas 5000-10.000 apa perlu ijin,
    jika perlu sampai mana?
    yang kedua kebutuhan listrik kapasitas 5000 sekitar berapa?

    • ada sapa mau kerja reban ayam..tolong kontek saya di malaysia..0127378077 saiful…

    • pak Wisnu Nugroho coba hubungi dinas peternakan setempat pak soal perijinannya

  75. menggunakan broding home yang berkapasitas 100ekor dengan tujuan agar lebih terkontrol dan bisa memisahkan yang sakit dalam menghindari penularan, apakah baik ?
    mohon jawabannya !
    terimaksih.

    • Baik saja pak…dest45, namun repot juga bila ayamnya buanyak..saya hanya konvensional peternak lokal jadi brooding sederhana saja dengan pemanas kayu bakar…selama ini oke…!

  76. saya sangat tertarik dengan usaha ayam broiler…..saya mau bertanya bera ukuran ideal kandang untuk pemeliharaan ayam broiler 2000 ekor maksih….

    • Saya Pakai ukuran 7 x 35 meter pak Fajar, kepadatan 9 ekor per meter perseginya.

      • pak bisa minta no hp nya ga? ino no hp saya 085266674000

      • Oke bos….ini no hp saya 081250981098

  77. saya fuji dari bogor ..
    saya kemarin berkhayal untuk punya ternak ayam,
    hari ini saya sedang brwosing tentang budidaya ayam..
    sebagai pemula berapa modal minimal yang harus saya keluarkan untuk melakukan usaha tersebut?
    tolong dibantu pak…… saya masih berusia 22 tahun

    • saya fuji dari bogor ..
      saya kemarin berkhayal untuk punya ternak ayam,
      hari ini saya sedang brwosing tentang budidaya ayam..
      sebagai pemula berapa modal minimal yang harus saya keluarkan untuk melakukan usaha tersebut?
      tolong dibantu pak…… saya masih berusia 22 tahun
      tolong ditanggapi

  78. Salam Knal Pak, nama saya Rabin, saya ingin beternak ayam pedaging di daerah palembang sumatera selatan, saya minta informasinya tentang Kemitraan yg bisa untuk bekerja sama di palembang, karena saya masih awam. saya juga sudah ternak ayam pedaging kecil-kecilan sekitar 100 ekor, tapi masih bingung ternak yang baik itu seperti apa.
    tolong informasinya pak. ini email saya: jonathanrjsmu@yahoo.co.id
    terimakasih pak, salam kenal.

  79. slam kenal
    sya peternak ayam pedaging (broiler) saat ini mengalami masalah yaitu ayam ternak saya banyak yg mati di saat umr 2 – 7 hari

    bagai mna cra mengatasinya supaya tidak terlalu banyak yang mati
    mohon informasinya pak

    • doc nya yg bagus gk?didaerah mana?

  80. Aslmualkm , ,
    mas,
    sya mau tnya, minimal penurunan sekam maksimal umur berapa dan bobot harus berapa . . ???
    Trus dari umur 8-14 hari produksi berat ga maksimal sama pakan , giman ya, cara penanggulangi nya , , , ??

  81. saya mau cari pemasok Bibit ayam pedagimh (Broiler) DOC sekitar 20.000 ekor untuk dikirim ke Kal Tim (Smarinda) beserta makan ayamnya.
    Please call me 0818.300553, kalau bs dari wilayah Jawa Timur. Adji di surabaya

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  82. salam kenal..!!
    bagaimana cara mendapatkan bibit ayam pedaging..terutama di bagian sulawesi-selatan (makassar)!

    • hub. distributo PT. unggas raya bpk. edi 081234016238

    • anda jg bisa menjadi mitra di pt Ciomas di bwh naungan Pt.Japfa Alamatnya di mall daya jl.Ir.Sutami Blok g 11

  83. dimana saya bisa mendapatkan pakan ayam broiler dgn harga yg terjangkau, serta DODnya. Trims. Papua

    • anda dpt hub 082142349489

  84. misi pak..sya mw nnya..gmn cra mngurangi bau kotoran ayam..sya prnah d ksih tw tmen ktax mnumanx d campur tetes tebu..pa bnar bisa?mohon bntuanx..trima kasih..

    • @ Rozy : Dikasi VITERNA aja mas lebih lengkap nutrisinya kotoran juga berkurang baunya..

  85. Salam Kenal! Saya bternak sdah 2 thun. untk mgatasi aym btuk pilek saya hrus pke obt apa. . . ???

    • Pak Suparno…wah senioran jenengan pak…aku pakai standar aja seperti yg digunakan Kemitraan..cuman aku iseng2 kasi tumbukan daun sirih yg diperes ambil aire..dicampur air minumnya ….trus viterna sih aku asi terus…walau kena kok ya pulih aja mas…

      • salam kenal saya kasmin dr sul sel peternak plasma baru kap 4500 ekor mau nanya mas manfaat daun sirih itu apa mas n gmn cara pengelolaanya.

    • beli aja etamox rasa stawberry di campur kan ke air minum 1mg 1liter air 5 hari berturut2 ilang itu ayam pilek ama ngoroknya.nafsu makan juga bertambah^^

  86. Salam kenal pak! Nama saya Suwandi. Saya baru sekali beternak ayam potong. Sekarang baru berumur 21 hari. DOC saya masukkan dalam kandang 2800 ekor. Saya agak kerepotan dalam hal secara teknis pemeliharaan : misalnya: kapan harus di ambil tirai, kapan sekam harus di turunkan dan seberapa jumlah diberi makan, kapan di vaksin dst. Apakah ada buku pedoman scara detail pak. Kalau ada judulnya dan karangan siapa. Makasih pak. Email saya : suwandi_gm@yahoo.com.

    • Pak Suwandi…Saya hanya punya VCD Teknis Budiaya Ayam Pedaging by PT. Natural Nusantara..

  87. tolong bls ke toha_run@yahoo.com tlp 085869017090

  88. tolong bls ke toha_run@yahoo.com

  89. nomor tlp bpk yg tertera tdak bsa dihubngi!..sya btuh produk NASA tlong solusinya..mhon bantuanya pak

  90. pak wong sya butuh produk NASA+VITERNAnya untk awal masing2 2 botol kemana saya harus hubungi bpak? Saya tggal dIBREBES

  91. salam kenal pa wong, sy tinggal dibrebes ingin belajar beternal broile.. Saya butuh produk NASA+VITERNA untuk awal saya butuh masing2 dua botol..bisa dikirim ke brebes gak!? Bgaimana prosedurnya tolong dibalas

    • di jatibarang juga banyak produk itu, langsung aja ke toko khusus pakan ternak ayam boiler dan tanya produk yg anda butuhkan

  92. pak,utk spesifikasi ujicoba yg dilakukan nasa menggunakan strain pa,MD pakan yg d gunakan pa?
    sy pke cp 707 n viterna plus,tp tngkt fcr ny msih tinggi. pkan yg sy gunakan mpy kdar protein 21%. mhon bntuan ny?!

  93. salam kenal ……

    mohon maaf, saya tertarik untuk usaha ternak ayam , oleh karena itu pengin tahu alamat dan telp suplier DOC yang bisa dihubungi di surakarta dan disekitarnya

    terimakasih

    • untuk bibit atau DOC bisa pesan di PT UNGGAS RAYA MOJOSARI MOJOKERTO
      atau hub no, 081234016238

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  94. salam kenal pak,
    saya ingin mencoba beternak ayam potong pak, kira2 sebagai pemula bagaimana rekomendasi bapak untuk :
    1, bibit ayam
    2. model kandang
    3. pakan (merk, harga)
    4. suplemen dll (merk, harga)

    sebagai awal saya mempunyai lahan kosong jauh dr pemukiman 400m2
    trimakasih sebelum ny pak, mohon kira ny di balas pak

    slam,
    tulus n
    email : natos_iho@yahoo.co.id

  95. trim blognya cukup membantu kami……..
    saya baru merintis peternakan ayam dengan membuat kandang pangung terbuka yang saya akan tanyakan, penggunaan kompor pemanas dengan merek gasolek bagus apa tidak mengingat kompor tersebut luas penanmpangnya kecil

    • Mas Aaang..kami peternak tradisionil aja sih…pemanasnya cuman pake kayu bakar..dibakar dalam drum…gitu saja sudah apik dan hemat biaya…nah yg merek anda sebutkan kami belum pernah tahu jadi gak bisa komentar.
      Terimakasih sudah mampir ya…

      • Kira kira lo mw cari pruduk poc nasa n viterna plus daerah bali dimana ya pak……..tolong infox

    • kalau menurut saya, lebih efisien menggunakan gas gasolek..tapi biaya awal untuk investasinya lebih besar dibanding pakai kayu atau batu bara..kalo di daerah saya di kabupaten muara enim lebih cenderung pakai batu bara di bakar di drum.

  96. Selamat pagi pak,

    Pak, saya dodo, mau coba wirausaha ayam boiler, kira-kira butuh biaya berapa pak untuk wirausaha ayam boiler tersebut?
    saya sudah ada tanah 500 meter dan kandang ayam berbentuk panggung bisa muat 1000 ekor.
    thanks,

  97. Pak, ini dengan hamdan di lhokseumawe Aceh, bekerja di sebuah peruhaan membina usaha masyarakat lemah, diantaranya ada beberapa klien kami adalah peternak ayam potong, dan Alhamdulillah berhasil, tapi ada kendalanya yaitu untuk mendapatkan bibit/DOC sangat susah sehingga kandang harus istirahat samapai 1 bulan lebih sehingga perputaran uang agak lambat, Pak Gimana ya solusinya ?. dan di Aceh belum ada produksi DOC.

    • anda dapat hub 082142349489

    • ual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  98. Bos mo tanya,lo harga vocnasa / btol’y brpa…mksih

  99. salam kenal saya berencana untuk mencoba produk nasa baik itu untuk peternakan+pertanian.bisa pak untuk kirim ke sultra? contack person 085299432217

  100. salam kenal pak wong !
    saya pemula dalam bidang ternak ayam broiler, untuk ayam 400 ekor
    berapa ukuran ideal kandangnya dan berapa zak pakan yang harus
    di siapkan serta obat2an nya apa saja yang harus di siapkan.
    mohon dibalas pak dan trims infonya.

  101. bibit ayam samsung kok banyak yang mati tiba dilokasi apakah bibitnya kurang bagus ????????

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  102. bagaimana ayam broiler supaya pertumbuhan sangat cepat pada umur 20 hari apa vitaminnya yang cocok didaerah dingin

  103. saya pingin berternak 100 ekor ayam modal sampai hasil panen itu berapa pak?
    trimakasih

  104. Assalamualaikum.
    Salam kenal mas.
    Aku denny. pekerjaanku seorang guru honorer. aku ingin sekali buka ternak ayam. minta sarannya untuk pemula seperti saya. jika berkenan, tolong kirim cara beternak ayam bagi pemula, ini e-mail ku. denny85@ymail.com.
    Sukron sebelumnya.

    • Wsslam…Mas denny..kurang lebih seperti diatas aja…plus ketekunan dan ketelitian aja…Insya Allah bisa kok…

  105. artikel ilike

    untuk daerah batulicin bisa kagak bos kita saling bermitra untuk viternax

    bos karena aku masih pemula untuk ayam potong katakan paling sederhana umpama kita ambil dari 100ekor ayam,, itu kira2 dalam umur 28hari habis pakan berapa sak, insya,,, target kita umur 28-30hari kita panen

    • Mas Kolik…di Batulicin…deket nih dengan Sampit he he he…boleh sekali bermitra dengan Viterna….ke Sangata aja aku krimin kok.
      Ayam seratus habis pakan 6 sak dengan target 35 hari minimal rata2 1,8 kg, jika dikalsel biasanya ayam dijual ekoran dgn ukuran lebih kecil aku pikir umur 28-30 hari 5 sak cukup. aku tunggu nih orderan Viternanya…

      • pak wong…. untuk daerah sengata, peternakan yang bermitra dengan bapak tepatnya beralamat dimana… karena saya sangat awam, baru ngin memulai usaha ini… jadi ingin melihat langsung hasil produk Nasa pada Peternakan yang bekerjasama dengan bapak…
        sekalian ingin menanyakan tentang supply DOC dan lain2nya… Terima kasih

      • asslmualakum mas, saya berminat ingin mencoba berternak ayam, saya ingin memulai dri 1000 ayam, tolong di bantu mas.
        kira-kira butuh tempat dan pakan berapa yah untuk panen 30 hari?
        makasih.

      • Ary, sudah saya emailkan file Teknis beternak ayam by Nasa…power poin

      • ass.maaf pak saya dari bengkulu,saya mau nanya kalu mo cari doc di sini di mana pak ya,mohon infonya.f1koaryanz4@gmail.com.trims…wass

  106. Hai, salam kenal semua, saya siti.. ada minat untuk buka usaha peternak dan membuka lahan di daerah bogor dgn modal sendiri, tapi setelah saya baca dan cari informasi, itu membutuhkan dana yang lumayan banyak, dan berbagai vaksin yang belum pernah saya dengar sebelumnya ( awam ) maklum saya ini orang yg biasa pekerja di balik meja yang baru mau turun jadi peternak,, hehe apa ada saran untuk beternak ayam broiler dengan biaya yang efisien, dan apakah cara kemitraan itu lebih mudah? saya baru dengar ada sistem kemitraan dalam bidang perternakan, apa ada info yang bisa saya hubungi lebih lanjut ttg kemitraan tersebut, tolong bantu saya donk bagaimana saran terbaik nya,, makasih banyak sebelumnya… ;-) salam, Siti

    • Mbak Siti…tanya mas Goggle bisa juga atau ke dinas peternakan setempat mestinya punya info daftar perusahaan kemitraan tsb. trims udah mampir..

    • saya jg bru mau mulai usaha ini…sama kendala saya jga di modal. sya sdh 1 th yg lalu sdh ingin usaha ini dan terus pelajari dibidang ini. smpat kmaren sya eksperimen 100 ekor hasilnya bagus dan memuaskan. mkanya sya berminat terjun di usaha ini. klau anda berminat kt bs bermitra.

      hai pak wong,

      tolong dikasih simulasi cara berternaknya ya.

      thank’s

  107. pak wong, mohon bantuan , kalau 5000 ekor ayam potong, berapa ukuran kandang yg diperlukan.

    • Pak Chipto dah Oke yah…aku pake kepadatan per meter perseginya 9 ekor…sesuaikan aja

    • bpopulasi 1 kandang 7 kali 45 buat 2 kandang itu kandang untuk panen 35 hari.kalau lebih ayam bisa kepanasan didalam dan bisa megakibatkan kematian pada ayam atau stres dan penyakit

  108. salam kenal pak..
    saya pemula yg tertarik untuk budidaya ayam broiler..
    saya ingin bertanya jika saya membudidayakan di sekitar daerah cengkareng,apakah dngan kondisi cuaca tersebut tetap dapat berhasil??
    tolong di balas ke email saya y pak di
    initial1989@hotmail.com

    saya bnyak membutuhnkan saran dan masukan nya..
    thx..

    • Pak William, budidaya ayam broiler membutuhkan tempat yg tenang jauh dari pemukiman karena menimbulkan masalah bau yg bisa mengganggu tetangga he he he…dan ayam mudah stress, keberhasilan budidaya diantaranya dipengaruhi ketelitian/kerajinan dan disiplin anak kandang….dimulai aja pak…dulu saya juga memberanikan diri begitu saja dengan berbekal vcd teknis budidaya ayam pedaging NASA dan tanya kawan2 peternak…yah lumayan dari 10 kali bangkrut sekalai ha ha ha…

  109. salam kenal pak…sya tertarik untuk ikut kemitraan sya baru mendapatkan kandang di daerah bandung..kira2 sistem kemitraan yg bagus sperti apa yah…mungkin ada info untuk didaerah bandung? dan untuk viterna bagaimana cara pembeliannya dan kira2 membutuhkan berapa lt untuk populasi 8000 ekor…mohon infonya agar dpt dikirim ke email sya angga_lesmana2000@yahoo.com…thx

    • Pak Angga…Sistem kemitraan menerapkan kontrak sesuai kondisi disanana, namun kebanyakan dikontrak dengan harga tertentu, bila FCR masuk dan harga pasar melebihi harga kontrak ada perhitungan bonus.
      Untuk Viterna di bandung ada teman/distributor kami yg bisa dihubungi nanti…untuk 8000 ekor minimal 50 botol

  110. Bpk saya mau menjadi petani penggemukan ayam, bagaimana caranya harus hubungi siapa.trim agung ch putro semarang

    • Mas Agung ch putra…maksudnya apa sudah punya ternak ya mas….kalau ya kan tinggal gunakan Viterna, bila belum punya di daerah biasany, ada Kemitraan. Kita hanya siap kandang dan alat Mitra yg siapkan Sapronaknya, kalau alamat mereka (PT. kemitraannya) yah ditanyakan di dinas peternakan setempat aja mas….mereka pasti tau.

  111. Salam Knal Pa…nama saya iwan, saya ingin beternak ayam pedaging,,di daerah kuningan jawa barat…saya minta informasinya tentang Kemitraan yg bisa untuk bekerja sama…..Kira2 Pt apa yg bagus sistem nya….???

    ini email saya Pa : iwandadys@yahoo.co.id
    Trimakasih…….

    • Mas Iwan..sudah saya email jawabannya…soal kemitraan didaerah biasanya ada dan sesuaikan saja dengan kondisi setempat terutama soal bagi hasilnya.

  112. Salam Knal Pa…nama saya iwan, saya ingin beternak ayam pedaging,,di daerah kuningan jawa barat…saya minta informasinya tentang Kemitraan yg bisa untuk bekerja sama…..Kira2 Pt apa yg bagus sistem nya….???

    • Salam Knal Pa…nama saya iwan, saya ingin beternak ayam pedaging,,di daerah kuningan jawa barat…saya minta informasinya tentang Kemitraan yg bisa untuk bekerja sama…..Kira2 Pt apa yg bagus sistem nya….???

      ini email saya Pa : iwandadys@yahoo.co.id
      Trima kasih….

  113. beternak ayam padaging jangan lupa pakai viterna dan poc nasa, hasilnya memuaskan..

    • Alhamdulillah memang mantaps…saya sendiri telah membuktikannya…trims mas Kurniawan dkk

  114. budidaya ayam pedaging menggunakan poc nasa dan viterna hasil panen luar biasa..

  115. mas saya cari doc cp 707
    klu pnya info tlg contak saya

    021 9625 9910

    • ual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  116. untuk wanda leong ga ada setrain yg anda tulis diatas.. leong pake cobb slow n cobb fast

  117. PAK, saya ingin beternak ayam pedaging,,lahan dan prasarana yang lain sudah ada, tinggal bibit aj yang bagus dimana ya,,di daerah madiun/magetan. Terima kasih..Habibi Al Amin. Saya tunggu jawABAN nya via email ya pak. habibialamin@yahoo.com

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  118. Salam Buat Semua, Saya Anton domisili di Klaten, setelah saya pertimbangkan, Saya tertarik untuk Budidaya Ayam Pedaging, Maaf minta informasinya tentang Kemitraan yg bisa untuk bekerja sama, Prosedur Budidaya, Kapasitas Ayam dlm Kandang, Mohon informasinya bisa dikirim ke email: Antonsetyonugroho@yahoo.com, Trma Kasih..

    • aku punya tehnik &cara budi daya ayam yg lbh efisien dng lingkungan di sktar kt tnpa hrus menggunakan lhan pribadi kt hub aq nehru tegalgondo

  119. Saya kebetulan memproduksi supllement buat ayam potong ( Broiler ) Bahan utamanya dari gula aren yang di cairkan dengan teknologi tinggi,sehingga menjadi produk yang berkualitas tinggi,,,dan ini aman kalaupun di consume sama manusia,,,,di samping itu harganya relatif murah cuma Rp 5000/sachet ( 1 sachet =250 ml ),,aturan pakainya,,1 ml dicampur dgn 1 liter air,,,bila tertarik silahkan hub hadi_p3rmana@yahoo.co.id

  120. Mas Ulum, berapapun akan kita upayakan mas tuk dikirim, kemasan per botolnya 500 ml mas.

  121. Ade Junaidi, terimkasih sudah berkenan mampir…sesuai permintaan sudah aku emailkan jawabnnya yah…kurang jelas contak aja aku di 081250981098

    • beli minimal berapa botol pak

  122. kalo saya sukses dengan usaha ternak ini, maka yang memberi info ini akan sukses berlipat lipat dari penguasaha ternak yang lain. thanx bgt mas. oya untuk ternak 100 ekor ayam butuh modal berapa? saya cuma 5juta baiknya gimana ya? tapi kandang dan tempat sudah ada. trus harga per ekor berapa?tempat jualnya di agen atau ke pasar??tolong dijawab semua ya ke 083897495600 atau ke ade_dj26@ymail.com

  123. Mas taro trims….tak emailnya ntar…
    Mas Agus..sudah telpon-telponan…
    Thanks mas Felik majalengka…besok viterna meluncur kesana…moga bermanfaat !

  124. Perkenalkan nama saya Agus… saya dari jogja. Saya ingin belajar ternak ayam. sekarang saya punya modal kira-kira 60 jutaan. Dengan modal segitu sebaiknya saya bekerjasama dengan pihak kemitraan atau mandiri? dan apa bedanya? Mandiri dan Kemitraan? Kalau kemitraan bisa berapa ekor? dan kalau Mandiri termasuk kandang berapa ekor populasi ayam tersebut. Mohon pencerahannya yang kemarin telpon. 081328430608 atau di gueada_1@yahoo.com

  125. Wah luar biasa….tolong bagi info dunk na saya juga berminat ma VCD-nya..untuk inf deatail tolong mail ke boent_taro@yahoo.com

  126. Trism mas sutrisno dah chat dan kita sharing yah…

  127. saya baru mencari ilmu,info tentang budidaya ayam broiler karena saya pengin bngt berternak ayam broiler tetapi blm bisa tetapi semangat saya tidak akan pudar karena ada sesuatu hal,trimakasih bnyk infonya yang sangat bermanfaat bagi saya..dan mohon infonya DOC di Surabaya/Gresik alamatnya dimana ya..?trimakasih

  128. salam kenal

  129. Mas Octo, makasih udah mampir dan sukur ayamnya juga oke bisa panen yah ! sola beli viterna silahkan sekuatnya ha ha ha…maunya beli sebotolpun kita upayakan asal pihak ekpedisi tidak berkeberatan menerima karena bahan cairan…tapi saya sudah kirim kebeberapa daerah ok aja sih…

  130. salam kenal pak….wah……pak ilmunya bagus bnget,saya tertark dngan VITERNA nya.
    alhmdllh baru kemaren saya panen ya meski pun jumlahnya tidak banyak..
    hanya 25 ekor hehe karna saya ingin mencoba dulu…
    dari 25 ekor 22 ekor slamat sampai panen..
    pak kalau VITERNA nya harus beli dalam jumlah yang banyak atau bagai mana??? sblmnya saya ucap kan terimakasih.

  131. Pa saya baru aja ditawari ternak ayam broiler, tp saya msh awam cara2 meliharanya. Tolong dong pa kirimi ilmunya yang diatas plus manfaat memakai produk VITERNA ke email saya : lendrapuritna@ymail.com tanks sebelumnya

    • Lendra, ilmu nya hanya kemauan mas he he he…lha gimana klu cuman sebaris kalimat kan sulit….sebenarnya ada vcdnya sehingga proses belajarnya lebih masuk dengan cara audivisual dan menyaksikan pengalaman beberapa peternak di indonesia !

  132. Mas Rahadian, emailnya kayaknya gak pas tuh aku coba email gagal terus…. untuk lebih enaknya tinggal putar vcd nya aja kok…

  133. Pa.. tolong kirim penjelasan cara berternak ayam di atas ke email saya…rahadian.adha@yahoo.com
    Saya tertarik berternak ayam mohon bantuannya pak..

  134. pak kira2 berapa ekor ayam kl untuk pemula !

  135. Siapkan Kandang dan peralatnnya pak Agus, lapor aja ke perusahaan Mitra yg ada dikota anda, cermati kontrak yg ditawarkan…kalau sudah oke..ayo semangat jalankan usahanya pak…jangan lupa pake produk nasa, VITERNA.

    • saya baru belajar beternak ayam broiler, kira2 bagaimana mendapatkan produk NASA dan VITERNA

  136. salam kenal pak,saya ingin mencoba beternak ayam broiler.bagaimana langkah awal untuk bermirta ya …pak! maturnuwun

  137. Wanda..sabar bos..he he he…

  138. sy tunggu lho……… pakkkkk
    trima kasih

  139. oh iya bpak pke bibit cp 707 yang pnya pt .charoen phokphand jaya farm. kn brarti dy strainnya COBB
    donk kn pokphand strainyya utk pedaging dy nya cobb.trus pakannya punya comfeed kn. kmi rencana mau pake bibit leong (HUBBARD) dan pakannya malindo. klw d daerah bpk peternak d sana bnyak pke bibit apa… sy lagi cri info bibit pedaging yang unggul .biar ntar gak salah pilih

    • jual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  140. ia pak soal vcdnya jg bsa hargana brapa trus ongkons kirim brapa bpk pke rekenik ap ntar biar sy transper.yah trus soal obat2tan dan vitamin.apa2 aj .harganya brapa cra pkai dan pda waktu umur brapa aj vitamin dipakai.

  141. Sama saya bisa wanda…rasanya masih ada stock tuh….

  142. pak g mana sy bsa gk bli vcd tentang tata cara beternak ayam pedaging dri nasa.soalnya dah bntar lg bibit dh mo masuk kira2 awal bln 8.bos saya mau langsung antara 3000ekr dn 5000 ekr mhn bantu

  143. pak sx mau psan poc nasany .bsa hub bpk d mana

    • Hub saya di 08125140796

  144. pak sy ad kabar baik .sy dh dpt tman orang china dy ngajak sy beternak ayam yyy walaupun 1000 ekr .bsk kmi dan mulai cari kandang sewaan. klw sewa kan dang per ekrnya brapa yy jg gaji pegawainya.trus kalau saya pke poc nasanya ayamnya gx perlu lg di beri obat2 tan kn .selama pemeliharaan janis vaksin nya apa2 aj d pkenya pda wktu kpan. nama dn jenis vitaminnya ap mhn d bntu sy .kmi rencana lebaran mau panen

  145. Pak juanda, soal biaya lagi2 tergantung mahal tidaknya bahan2 didaerah bapak. kalau saya sekitar 500.000 an pak..

  146. pak kalau mau buat kndang panggung sederhana uk 4×5 kra2 biayany brapa ya..sy mo mulai 200 dlu ah….

  147. Kandang panggung mas. kandang lantai lebih murah. soal biaya tergantung bahan diderah masing2 to bos….sama alat-alatnya 25 juta an kandang panggung.
    Sudah sampai emailku ya..?

  148. bpk pakai kandang sistim ap lantai ato panggung . sy pnya rencana buat kandang ayam uk 7x 20 mtr populasi 1400 ekor dua kandang .jadi 2800 ekor. kira2 biayanya brapaan y untk kandang panggung & kandang lantai . mana yng lbih murah.

  149. pak kalau mau jadi peternak mitra syaratnya hrs pnya modal brapa…? dn jmlah ayam yang kita mau plihara terserah kita kn jumlahnya. trus lama2 ay kg jd penasaran y ama poc nasanya. blh minta infonya gx
    kirim aja keeeee juanda_s@ymail.com.tp jwb prtanyaan sy yg d ats dlu y

  150. Wanda, bahasanya yg gaul atau aku yg kurang memahami yah he he he..moga gak salah jawab; bibit/doc masuk langsung kasi gula habis air gula ganti aja pake viterna icc/liter air sehari sekali sampai menjelang panen semoga mengurangi tingkat kematian karena imunitas ayam bertambah krn ayamnya sehat he he he. Ikut aja kemitraan, aku juga ikut kemitraan kok..sepanjang hitungannya oke…kalau biaya sendir wah besar juga resikoya tapi besar juga untungnya mas, tinggal pilih aja. Sudah 8 priode aku ikut kemitraan dan alhamdulillah untung, dan semoga bulan juni ini populasi ayamku naik jadi 12.000 an ekor yang kumulai belajar dari 2200 ekor.

  151. mas ps lagi bibit masuk ato 2 3 hari stelah bibit msuk
    g mana cra meminimalisir angka kematian pada docny walaupun gx nyampex 100%(gx ad yg mti) trus mas ntar sy mau bermitra dngan prusahaan pembibita doc punya (HUBBARD) nama pabriknya itu PT.EKSPRAFET kira2 mnjadi peternak mitraitu untung gx

  152. Uffsss..maaf mas yah namanya sih bikin aku panggil mbak he he he…!, 100 ekor harusnya cukup 6 Zak atau 300 kg dan umur 37 hari mestinya udah 1,8 kg BW nya mas…yah melesetnya 7 zak namun kematian harus di bawah 5%, dan aku berani bilang itu karena dah coba dan tentunya pake Viterna mas…selamat berjuang mas…pantang mundur yah….he he he..!

  153. pak wong sy iki jantan kog malah di panggil mbk.mo.tny lg sebaiknya bagi pemula yng lagi mau beternak ayam sebaiknya jumlah yang d plihara brapa ekor dlu.
    sy entar mau cba cp 707.trus kalaw unt 100 ekor ayam ntu pakan habis brapa sak untk 1 kali panen dan kira 2 bobotnya bsa brapa kg

  154. Mbak wanda, Kami kebetulan pakai bibt CP 707 dan pakan dari Comfeed. Ayam kuntet diluar karena gen mungkin saat doc masuk pemanasan yg anda lakukan tidak baik menyebabkan doc seneng ngumpul alias ngerumpi he he he…, akhirnya ayam males makan ya dan celakanya sebagian tumbuh tidak merata. Usahakan doc datang dikasi larutan gula plus 1 cc Viterna perliter air, buat pemanasan yg baik, kami menggunakan tungku dengan bahan arang plus kayu bakar, jangan lupa alas sekam dilapisi koran dan ditaburi makanan di atas koran untuk mengajari doc makan…doc akan lincah dan menyebar bila kehangatan dalam ruang cukup mbak kalau masih dingin ya maklum aja mereka pada ngumpul he he he..
    Ayo mbak wanda…beternak lagi akupun dalam proses belajar karena penasaran dan ingin buktikan Produk Nasa..ternyata Luar Biasa (Ngecap ni ye..)

  155. pak .penyebab ayam kuntet itu apa yy sy soalnya udah pernah plihara tp pertumbuhan ayam nya tidak merata ad yg bsar dn yang kuntet .itu kenapa y.trus kog setiap kali bibit saya masuk 2-3 pertama dy gx pada mau makan malah ngumpul2 gtu.apa pakannya yg salah .sy rasa doc ny pn krng bagus .sy pake doc japfa

  156. pak bibit ayam yang pling bagus apaan y… trusss pakannya jg sekalian….

  157. slm kenal.. pak, sy sngat pnsaran dgn prduk viterna, mohon pnjelasan dr bpk manfaat apa saja dgn pnggunaan prodak tsbt? sy ptrnak broiler dr bekasi populasi 12000 ekor sblmnya sy ucapkan trm ksh..wassalam

    • Mas Indra, pemakaian viterna sungguh banyak manfaatnya…untuk emastikan manfaat itu aku sudah 10 periode beternak ayam, 9 kali ppopulasi 2200 dan satu kali 2500 ekor, semua menguntungkan dengan kematian dibawah 5 %, BW min, 1,8 pada umur 36 hari. panen terakhir populasi 2500 BW 1,89 umur 37 kematian 4% (cuaca amat panas) pakan habis 152 zak. Manfaat Viterna klik ini ya Viterna plus

  158. 2500 ekor butuh kandang ukuran 7 x 40 meter, atau bila tanah ukurannya 30×40 dibikun aja 7×20 berdempetan dihubungkan jalan antar kndang, kndng yg kumaksud adalah kandang panggung…jadi tuk lahan 30 x 40 terlalu sempit tuk populasi 10 rb ekor….

  159. pak untuk kandang ukuran 2500 ekor berapax brapa y k.untuk lahan 30×40 bsa gx buat piara 10rb ekr

  160. Mas Husin dan mas adrian…senang bisa membantu dan berbagi…besok saya panen ayam nih he he he…kondisi cuaca yg luar biasa panasnya dan posisi tanah dibawah kandang yang becek amoniak tinggi ayamku mampu bertahan, kematian dibawah 5%, sangat aman dengan harga hari ini 16.000/Kg…
    Mas berdua mohon sms dulu ke no saya 08125140796 nanti saya kontak yah biar jelas…Trims ditunggu…

  161. Mas saya minat dgn viternanya.gimana cara pembeliannya,apa perpaket atau ecer & gimana cara pembayarannya.tlg diberikan no rekeningnya,karna klu bisa saya mau juga jadi agen tunggalnya,karna disini banyak juga peternak ayam seperti kita Mas,tlg infonya lbh rinci ya MAS….

  162. Mas saya sangat berminat dgn produk viterna dan poc nasa,tapi saya udh cari blm dpt,dimana bisa saya dptkan karna disini bnyk produk medion,1hal lagi tlg jelasin manfa’at vaksin pd umur 21hari,karna saya umur 4hariND dan 12hari gumboro makasih mas dari Kota T.Tinggi Medan.

    • Mas Husin, produk nasa bisa dibeli hanya pada distributor saja karena sistem pemasarannya dengan jaringan, kalau di tempat anda tidak ketemu bisa bergabung melalui bantuan saya seperti yg dilakukan kawan2 yang lain…tulisan diatas disadur dari PT.natural nusantara (NASA) dan aplikasi dilapangan sesuai kondisi setempat, kalau dosis nasa dan viterna sama persis kadang aku naikkan 2 cc/liter diumur 15 hari sampai panen. pengalamanku sih oke banget buktinya peternak pemula seperti saya bisa panen dengan optimal…Untuk vaksin aku hanya lakukan umur 4 hari dan 14 hari saja mas…

  163. Terima kasih atas info pengalamannya dan ini sangat berarti buat saya yang baru mau memulai beternak ayam ini. Dan mudah-mudahan pengalaman bapak dan sharing teman2 diblog ini membantu saya untuk terus maju melihat beberapa kendala yang membuat saya down. Tapi saya yakin dgn pengalaman bapak, saya akan mencoba mempraktekkannya. oya ngomong2 saya mau tanya pa berapa besar modal untuk memulai usaha ini dan untuk mendapatkan VITERNA dan POC NASA itu dimana pa? jawaban bapak sangat saya harapkan atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    salam,

    adriand

  164. pak gmna cranya untuk mendapatkan ip diatas 400

  165. Senang bisa kenal mas Din…, jangan khawatir mas lakukan saja maka mas akan menjadi tau dan akhirnya ahlinya daripada takut dan tak berani memulai mas he he he…. Penyakit akan datang kalo kondisi kebersihanalat dan lingkungan kandang kurang baik mas, jadi ya harus rajin yah…he he he.
    Ayam an sudah divaksin jadi mengurangi resiko datangnya penyakit, namun demikian tetap waspada, selama ini kami sukses dibanding peternak lain karena menggunakan Viterna, Poc Nasa dari PT. Natural Nusantara. Bila mas pake kedua produk tersebut…yakin aja deh he he he…

  166. Trima kasih infony! Saya baru punya rencana untuk memulai ternak. Tapi setelah membaca bagian ‘penyakit’ saya jadi agak down dikit yah! Tolong pak gimana supaya meminimalisir kemungkinan penyakit yg bakal timbul, soalnya saya masih hijau banget tentang peternakan ayam ini!

  167. salam kenal pak, terimakasih atas info bapak

    • Salam Kembali dan Semangat pagi Mas Ferdi….sukses !

  168. tolong lebih detail pembahasannnya

    • trims mas rizki…..yang detail lagi gimana ya….coba deh sambil ternak ntar nemu sendiri…bahkan lebih detail dari ini he he he…

  169. Apakah gìgitan nyamuk dalam jumlah besar dpt menurunkan trombosit ayam, apa solusinya, terima kasih

    • Wah hal ini juga aku alami pak Hendro…karena kandangku sekitarnya rendah/mudah tergenang air, saat ini nyamuk luar biasa banyak dan sempat saya liat ayam agak pucat tidak sesegar biasanya. karena saya bingung gak tau cara pengendaliannya dan maklum kami tidak bisa membuat api/bakaran dekat kandang agar mengurangi nyamuk akhirnya saya perintahkan ke anak kandang untuk menaikkan dosis VITERNA dua kali lipat…dan alhamdulillah dua hari seger kembali…, saya yakin ada cara pengendalian secara kimiawi pak, semoga ada teman yg mampir mau berbaik hati berbagi ilmu…Trims sudah mampir pak Hendro

  170. Mbak or mas inung…..maksutnya kapur tuk ngapur kandang habis dicuci yah? klu itu aku gak pernah pake karena lantai kandangku pake bambu mudah dicuci lagian ayamku gak pernah kena penyakit parah kok…tinggi lantai kandang dari tanah sekitar 1,8 meter.

  171. Bagus, tapi aku cari2 masalah efek yang bagus kapur bla…bla…bla… koq tdk ada? kemana akan kucari????

  172. Thank alot abaut your information
    saya baru mulai beternak ayam tsb. munkin karena cuaca pd waktu itu kurang baik,jadi 2hari mau panen banyak yg mati ,yaitu adacairan di hidung dan mata bengkak.jdi mengala kerugian cukup lumayan.utk mengatasi hal tsb.bagemana trms
    yg ke 2 ayam 1500 hidup sampe umur 40 hri 1460 ekor bobot 2.3kg rata2 tapi makan habis 5500kg jadi tdk ada keuntungan,tlng gimana caranya.saya tunggu advisnya trims

    • Pak Wasito yang penuh semangat…kita sama pak pemula di ternak ayam pedaging, saya beranikan diri karena yakin dengan produk Viterna dari Nasa Jogja memberikan efek yg bagus tuk meningkatkan efisiensi pencernaan ayam dan membuat ayam lebih sehat sehingga imunitasnya terhadap penyakit meningkat. Dua periode kami lewati, dan sangat menguntungkan.
      Ayam bapak terkena snot….dan sudah susah diobati, kami yang awam sih hanya melakukan sanitasi dan menjaga ayam tetap fit, dan sebelum parah biasanya kami kasi larutan air sirih kadangkala garam (disamping pengobatan kimiawi) ….seratus ekor ayam mestinya cuman dipatok 6 zak pakan (300kg) pak,..dan dengan aplikasi Viterna 1 cc perliter air untuk minumannya 1 x sehari saja kami merasakan pakan bener2 efisien, bahkan ada penghematan terjadi kotoran ayam jauh berkurang baunya, bobot ayam mantap.
      Saran kami cobalah gunakan Viterna pak, ini tidak sekedar berpromosi karena ini semua dari hasil pengalaman kami saja…
      Trims…semangat pagi pak…

  173. Thanks balik Kaisa…barusan aja aku balik dari kandang ayam, tiga hari lagi panen umur 35 hari dengan berat rata-rata diupayakan 1,8 kg karena hasil sampling hari ini 1,63 kg. Ayo kita sama-sama belajar, aku juga baru mulai dua periode ini, namun berkat produk VITERNA aku makin PD saja, kematian ayam dari populasi 2240 hanya 30 ekor….
    Trims ya dah mampir..

  174. thanks banget.. info ini sangat berharga bagi saya, krn saya baru pemula.. dan baru mulai dri nol… terimakasih sekali tok wongtani .. sukses selalu

    salam

  175. thanks banget.. info ini sangat berharga bagi saya, krn saya baru pemula.. dan baru mulai dri nol… terimakasih sekali tok molibangunan .. sukses selalu

    salam

  176. Thanks Pak berkenan mampir di blog sederhana ini..mohon pencerahnnya juga…ayo kawan-kawan berkunjung ke informasi peternakan…

    • salam kenal
      saya pengin bngt budidaya ayam broiler,tapi saya blm memulai baru kumpul2 info,cari2 ilmunya ,karena ada suatu hal tapi saya tidak putus semangat,saya mohon infonya DOC di daerah surabaya/gresik dimana ya..?

    • maf pak, saya mau beli bibit ayam boiler yang baik dari jakarta barat, mohon bantuanya pak, trims….

      • ual doc grade a kw1 patriot,cibadak,manggis,cp707,anwar sirad,big top,as jual dod ,jual doc ayam kampung super ,pakan anwar sirad br1,br2 telp 087825425302 untuk daerah bandung bisa diantar untuk luar pulau atau daerah bisa via pesawat.thx

  177. nice info… salam kenal ya..
    bagus sekali nih sekali baca udah dapet berbagai ilmu di blog sobat…
    jika ada yang mau belajar dan memahami cara beternak ayam.. yuk mampir di informasi peternakan ayam

    salam

  178. Selamat berternak mudah-mudahan

    semua penghalang dapat di singkirkan,

    Salam sukses

    http://cariuang.tk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.560 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: