Oleh: Ari Sampit/wongtani | 18 Juni 2010

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Pilek Pada Ayam

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Pilek Pada Ayam
Penyakit pilek yang menyerang pada ayam masuk ke dalam kategori penyakit yang berbahaya dikarenakan penyakit ini dapat menular dengan sangat cepat dan dapat menyerang ke semua jenis ayam.

Ayam yang menderita penyakit pilek pergerakannya berubah menjadi pasif.

Gejala lain yang muncul pada ayam yang terserang pilek adalah nafsu makannya menghilang, kepalanya bergoyang – goyang dan sering bersin – bersin. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut – larut, kondisi ayam akan semakin parah.

Dari lubang hidung dan kedua matanya akan keluar semacam cairan yang pada akhirnya nanti dapat membuat hidung ayam tersumbat sehingga membuat ayam menjadi susah bernafas.

Penyakit ayam ini disebabkan oleh bakteri haemophilus galloinarum dan dapat menyebar melalui makanan, minuman dan udara. Untuk mengatasi penyebaran penyakit pilek ini, peternak ayam harus segera memindahkan ayam yang sedang sakit ke kandang khusus untuk dikarantina.

LANGKAH PENGOBATAN

Beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit pilek pada ayam adalah neofet, kapsul anti snot dan bubuk coryuit. Dosis pemakaian obat dan cara pemberian obat harus disesuaikan dengan petunjuk yang ada dikemasan obat.

Selain itu, penyakit ini juga dapat disembuhkan dengan cara menyuntikkan cairan streptomycim berdosis 0,2 cc / suntikkan / hari. Proses penyuntikkan berlangsung selama 5 hari dengan bagian tubuh ayam yang disuntik adalah leher bagian belakang.

Beberapa jenis obat yang biasa dikonsumsi oleh manusia ditengarai juga dapat digunakan untuk mengobati ayam yang sedang terserang penyakit pilek. Mereka adalah refagan dan bodrex. Caranya adalah : satu tablet obat dilarutkan ke dalam 1 sendok air teh dan kemudian diminumkan kepada ayam.

LANGKAH PENCEGAHAN

Pemberian antibiotik (streptomycin dan sulfanilamida) secara berkala dapat membantu mencegah ayam tidak mudah terserang pilek. Vaksinasi (corryta naccin dan vaksin snot) juga harus dilakukan ketika ayam masih berumur 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan dan menjelang usia dewasa.
Sumber Tulisan : Info Agribisnis
(sumber gambar : endang_99.blog.plasa.com)

About these ads

Responses

  1. […] Mencegah dan Mengatasi Penyakit Korisa pada Ayam […]

    Suka

  2. ADUH PAK AYAM PETELUR SAYA ADA YANG MATI KARNA STRES DAN PILEK ,BAGAIMANA YA PAK OBAT NYA

    Suka

  3. Kalau cuma daun sirih sma daun pepaya d rebus bisa buat obat ngak pak? Maklum sya kan bka usha aym ptng baru2 ini..di tnggu jwbn ny pak..

    Suka

  4. Kalau cuma daun sirih sma daun pepaya d rebus bisa buat obat ngak pak? Maklum sya kan bka usha aym ptng baru2 im.

    Suka

  5. kalo pilek dan ngorok nya pasca pacrok g mana tuh om,..udah dua hari ini,…

    Suka

  6. Info yg 0ke

    Suka

  7. Klu buat ayam bangkok umur 7 bln bodrex’y berapa biji b0z.?
    Sy tkut ayam sy overdosis,mohon penjelasanya b0z.

    Suka

  8. tnk s infonya

    Suka

  9. PA PRODAK NASA DI SUBANG BAGIAN PUSAKANAGARA

    Suka

  10. ayam saya lgi pilek,matanya keluar cairan,ngorok,dan tidak nafsu makan,sudah 3hari ini tersang penyakitnya,………obat yg sudah saya berikan anti snot..tp blm sembuh juga..apakah ada solusi lain?

    Suka

  11. kalo daun pepaya dicampur daun sirih bagusya diapain direbus apa dicincang?

    Suka

  12. pakai bodrek flu&batuk…..,, pasti topcer?? trus dikorokin dengan bulu ayam,.. tapi dengan minyak tanah… 1 hari langsung hilang ngorok sama flu nya..

    Suka

  13. ayam.q ngorok am g mau mkn.. mata.x berbusah dan kayak memar.. d kasi aph

    Suka

  14. ayamku juga kena pilek dan gak sembuh-sembuh? malah kayaknya mau mati tu ayam

    Suka

  15. Tolong d bantu ya. . Obat tradisional apa untk ngobatin ayam ngorok . . Di minum kan atw d jdi,in pakan? Trimakasih

    Suka

    • pake aja rebusan air daun sirih untuk menghilangkan lendir dan daun pepaya untuk kekebalan tubuh

      Suka

  16. ayam ku gax mau makan, ngantuk dan ngorok, tlong apa solusinya??
    penyakit ne cepat menular, dan membuat ayam ku meninggal.

    Suka

  17. karena cuaca saat ini di daerahsaya sangat extrim angin dan hujan terus terusan, maka ayamsaya terkena enyakit ngorok.bagaimana solusiyangbaik dengancara tradisional ?

    Suka

    • jangan lupa kebersihan kandang dijaga dan beri jahe+merica biar hangat

      Suka

  18. mw tanya kalo saya punya ayam pernah saung tpi kalah trus kalo misalnya seminggu ketemu ayam itu lagi kira kira brani gak

    Suka

  19. ayamku sudah seminggu terkena penyakit di atas alias ngorok parah, aku bingung harus bagaimana……..?? stres berat karena ayam kesayangan. tolong kasih solusi yg pas dan tepat ya, tlp: 081934701112

    Suka

  20. uda 5 hari ayam broilerku terserang snot,uda pengobatan pake trymizyn tp belum sembuh-sembuh, infox dong pake obat apa yang manjur???

    Suka

  21. d tmpat mana yg menyediakan obat tsb?

    Suka

  22. larutan pnyegar bisa juga buat ngobatin….klu memang ada ayam yang sakit yg mnular cpet dipisahin. .
    klu mau di potong usahain tulang jerohan jangan dibung smbarangan yang saya alami bisa nular jg. klu pnya ayam petarung saran saya cpet di vaksin saja. jngan lupa kandang rutin di bersihin…..situs ini sangat membantu…..

    Suka

  23. tadi pagi ayam boiler sy filek,,,. dan pengalaman anak kandang sy ngeblender daun pepaya dan hasil nya tadi sore aga baikan. mudah mudahan besok dan seterusnya sebuh buh buh.

    Suka

  24. bos kira kira harga obat fileknya berapa duit tuh dan belinya dimana

    Suka

  25. di mana shie dapet abot2 yg saudara bilang,soal nya ayam aq keburu hbis akibat filek,,krim email klo dah yg jual d tokot terdekat.tksh.

    Suka

    • Obat2an biasanya sudah lengkap ada di poultry terdekat,gunakan saja sesuai aturannya. Namun kawan2 disini kadang punya pengalaman atasi filek pada ayam sesuai bahan yg mereka dapatkan disekitar kandang atau ke lahanpetani seperti daunpepaya dan sirih, kami gunakan viterna yg juga berpungsi untuk menambha daya tahan ayam terhadap penyakit

      Suka

  26. sedikit tips:pake obat ultra flu juga bisa, lumayan manjur,
    1/2 L air di kasih 6 tablet, buat minum si ayam. dan kasih juga ke pakan 1/2 pakan pake 1 1/2 tablet. lebih bagus pakanya juga di campur sayuran di cincang. daun pepaya byasanya.. selamat mencoba :)

    Suka

    • Manteps wes pengalamannya….bisa juga air sirih mas buat melancarkan napasnya

      Suka

  27. bagaimana caranya telih ayam bangkok saya gk bisa turun2 dalam beberapahari sampe mati ayam bangkoknya?

    Suka

  28. mas ayam saya sakit pilek ama di leher nya bengkak mata nya juga tertutup kepala nya goyang goyang obat nya apa ya maaass

    Suka

    • kasih inex sama goyang inul aja gan… hehehhe

      Suka

  29. Ayam saya sudah 3 hri pilek.tadi sudah saya kasih bodrex .. Sampai brapa hari byasanya sembuh nya mas.??

    Suka

    • He he he…ngebodrek juga ya..kan ada tuh antibiotiknya mas kaya therapy dll. biasan dikasi 3 hari berturut-turut sudah oke…aya saya ga pernah parah..saya yakin karena sejak awal saya kasi Viterna sehingga daya tahan tubuhnya lebih bagus

      Suka

      • sejenis obat apa tu mas viterna???kapsul tau serbuk???
        dan ada di mana kita bisa dapat???

        Suka

  30. ayam saya pilek

    Suka

    • bawa za ke dokter biar cepet sembuh,,,,

      Suka

  31. ayam saya nafasnya ngorok dan pilek

    Suka

  32. trims

    Suka

  33. dimana kami bisa mendapatkan/membeli vaksin utk snot & obat kapsul anti snot, kami tunggu balasannya trimakasih

    Suka

  34. ingin punya usaha yg membantu kita dalam kehidupan sehari hari . saya yakin dengan beternak ayam insa allah berhasil

    Suka

  35. gimana klo pemakaian obat herbal kayak jahe sma bawang putih

    Suka

  36. saya mau berternak ayam bangkok pemula, yg utama bagaimana sy mendapatkan obat dan vaksinasi untuk ayam mohon bantuaanya

    Suka

    • jangan dulu tanya obat n vaksin,,,, sudah siap kah mental n visik anda tuk brgaul ma ayam bangkok ?

      Suka

  37. mas klo pky bodrex dosissnya gmana,…..?

    Suka

  38. wah ayam saya bru 13hr bnyk yang terkena pilek dan stres.mhon km beri alternatifny untk mengatasi.trimakasih

    Suka

    • filek dan stress dapat disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang, perubahan cuaca ekstrem dengan perlakuan terhadap ayam. Filek yang menyerang ayam anda kemungkinan disebabkan ayam telah mengalami stress sebelumnya sehingga mudah terkena penyakit. Untuk mengatasi kami menyarankan untuk menggunakan antibiotik yang mengandung oxytetraxiclin HCL seperti koleridin dan sebagainya dan apabila ayam telah sembuh dari penyakit segera berikan vitamin seperti vita chick selama 5 hari berturut-turut. Jangan lupa untuk menjaga stamina kedepan berikan jamu ayam dengan bahan Jahe merah satu ruas, Kunyit, daun paria kemudian campur dengan madu. Berikan sekali seminggu. Atau madu dapat digantikan dengan gula merah. selamat mencoba

      Suka

  39. untuk mas Theo dan rustam……saya ada obat utk ayam agar cepat sembuh dari pilek atau tetelo.hanya satu hari bisa sembuh.dan di jamin tdk akan menular ke yg lain.
    hub saya di : 0813 49564050 atau email : wjs_link@yahoo.co.id

    Suka

    • mau tanya mas nar apa obatnya peyakit pilek pada ayam,karena ayam saya penyakitnya dak sembuh2.tolong beri imformasinya.

      Suka

  40. untuk mas Theo.saya ada obat utk ayam agar cepat sembuh dari pilek atau tetelo.hanya satu hari bisa sembuh.dan di jamin tdk akan menular ke yg lain.
    hub saya di : 0813 49564050 atau email : wjs_link@yahoo.co.id

    Suka

  41. dah 4kali merugi,kandang yg satu jg calon merugi jg gara penyakit pilek,bingung dah jdnya………….

    Suka

  42. sippppp

    Suka

  43. Saya dari Banda Aceh. mohon informasi perttanian dan peternakan broiler

    Suka

    • Pak Junaidi…boleh pak..bisa hubungi no hp saya aja….tersedia vcd kesaksian dan teknis budidaya ayam pedaging, semoga nanti bisa membantu…

      Suka

  44. Mas, perlu kah menyiramkan detergent atau kaporit cair pada seluruh areal kandang,agar penyakit tidak menyebar kepada ayam yg lain.? Dan bisakah ayam yang sehat tidak dapat tertular,? Padahal sebelumnya mereka satu kandang dengan ayam yang sakit.

    Suka

  45. boss ayam bangkok saya kena penyakit di atas,,uda saya kasih bodrex pagi dan sore,,uda saya pisakahkan tapi kok tetap menular ke yang lain…ada obat lain yang agak tinggi gak dosisnya dan apa nama obatnya…???matur nuwon…

    Suka

  46. mampir ke situs saya yaa

    Suka

  47. waduh pak, sama ini juga pusing….. pilek semua ayam nya padahal insya Allah minggu depan panen. mohon berbagi ya dengan saya…. trims

    Suka

  48. Ayam jg sakit yg sama

    Suka

  49. Wah mas banyak juga yang kena di daerah juga mas….

    Suka

  50. Pada periode ini ayamku kena serangan penyakit diatas..padahal habis pengobatan dengan produk untuk penyakit tsbt. .wah sempat stress juga aku ….yg bisa kulakukan segera perintahkan anak kandang memisahkan ayam yg sakit, pagi diberikan vitamin dan sore saya naikkan dosis viterna/nasa 2 tutup/20 ml per 10 liter air, hasilnya ada perubahan ke arah yg baik dan setelah tiga hari akan kembali dikasi obat, wah moga aja selamat bisa panen ….dan mungkin pengunjung blog ini bisa dan mau berbagi ilmunya…

    Suka


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 519 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: