Tanya Jawab

nasa ok1.Tanya:Untuk apa saja penggunaan POC NASA dan POP SUPERNASA?

Jawab:POC NASA dan POP SUPERNASA dipergunakan untuk pertanian (semua jenis tanaman pangan, holtikultura (buah, sayur, tanaman hias), tanaman tahunan/perkebunan, perikanan (kolam, tambak) dan peternakan (unggas dan ternak).

2.Tanya:Mengapa tanaman membutuhkan POC NASA dan POP SUPERNASA?

Jawab:Tanah-tanah di Indonesia menunjukkan gejala semakin keras akibat penumpukan sisa-sisa pupuk kimia dalam tanah yang tidak hancur dan terikat selama puluhan tahun. Tanah yang keras akan menyebabkan pemberian pupuk tidak dapat optimal diserap oleh tanaman selain perkembangan akar tanaman akan terganggu. NASA akan melarutkan sisa pupuk kimia tersebut sehingga tanah kembali menjadi gembur kembali selain sisa pupuk kimia tersebut dapat dimanfaatkan kembali oleh tanaman. Selain itu, tanah-tanah kita kekurangan 10 unsur hara essensiil (mutlak/wajib dibutuhkan tanaman) karena selama ini hanya 3 jenis unsur hara essensiil saja yaitu Urea (N), TSP/SP-36 (P) dan KCl (K) yang sering diberikan, sedangkan tanaman untuk tumbuh akan menyerap paling tidak 13 unsur hara essensiil dan setelah panen tentu 13 jenis unsur hara kan hilang dari lokasi penanaman bersama dengan hasil panen yang diangkut ke luar areal penanaman. Kondisi ini di Indonesia sudah berlangsung puluhan tahun sehingga mudah dimengerti jika tanah-tanah kita kekurangan terutama 10 jenis unsur hara essensiil. Penggunaan NASA bersama dengan N, P dan K secara berimbang akan mengatasi masalah tersebut.

3.Tanya:Apa bahan baku POC NASA dan POP SUPERNASA dan proses pembuatannya?

Jawab:Bahan baku berupa kotoran ternak, kompos, limbah alam, hormon tumbuhan serta “bumbu-bumbu” alami lainnya yang diproses secara alamiah selama 4 bulan hingga jadi.

4.Tanya:Apa kandungan unsur dalam POC NASA dan POP SUPERNASA?

Jawab:Kandungan unsur POC NASA dan POP SUPERNASA terdapat ± 90 unsur mengingat bahan bakunya yang mengandung ± 90 unsur tetapi yang dicantumkan hanya 13 jenis unsur makro dan mikro (merupakan unsur yang mutlak/wajib dibutuhkan oleh semua tanaman yaitu unsur N, P, K, Mg, Ca, S, Cl, Fe, Mn, Cu, Zn, B dan Mo), dilengkapi juga asam humat dan fulvat (perbaikan tanah), Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Indole Acetic Acid (IAA)/Auksin, Giberelin dan Sitokinin serta asam-asam amino (protein) dan lemak nabati.

5.Tanya:Apa guna 13 jenis unsur hara?

Jawab:13 jenis unsur hara merupakan “4 sehat 5 sempurna”-nya tumbuhan. Untuk tumbuh dan berproduksi dengan sempurna, tanaman mutlak (wajib) mendapatkan 13 jenis unsur hara. Kekurangan satu jenis saja sudah akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan produksi.

6.Tanya:Apa peran Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)/hormon pada tanaman?

Jawab:Fungsi penting ZPT adalah untuk proses pembentukan perakaran, mempercepat pertumbuhan tanaman, merangsang tanaman berbunga dan berbuah serta mencegah/mengurangi tingkat kerontokan bunga dan buah.

7.Tanya:Apa peran humat dan fulvat?

Jawab:Peran humat dan fulvat adalah untuk melarutkan sisa-sisa pupuk kimia dalam tanah sehingga tanah akan menjadi gembur kembali (memperbaiki tanah), sebagai pelarut TSP/SP-36, membantu menstabilkan pH, mengatur pergerakan dan penyaluran unsur hara dalam tanah, juga akan menciptakan lingkungan yang sesuai bagi perkembangbiakkan mikro organisme berguna bagi tanaman pada tanah.

8.Tanya:Apa peran asam-amino (protein) dan lemak nabati?

Jawab:Peran asam amino dan lemak nabati adalah untuk memacu tingkat produksi unggas, ternak dan ikan sekaligus mengurangi tingkat kematian. Selain asam-amino dan lemak nabati NASA juga mengandung mineral-mineral alam selain 13 unsur hara seperti Na, Cl, Si, Mo, Cr, V dan As yang dibutuhkan juga oleh unggas/ternak dan ikan.

9.Tanya:Apa perbedaan POC NASA dan POP SUPERNASA?

Jawab:Kandungan unsur makro dan mikro, humat dan fulvat POP SUPERNASA lebih tinggi dari POC NASA sehingga POP SUPERNASA untuk disiramkan (tidak disemprot ke tanaman). POP SUPERNASA dapat mengurangi penggunaan pupuk makro lebih banyak (25% – 50%) daripada POC NASA (12,5% – 25%). Pelepasan unsur hara POP SUPERNASA bersifat slow release (bertahap) dibanding POC NASA. POP SUPERNASA mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam memperbaiki tanah rusak dibandingkan POC NASA. Guna dan Gejala masing-masing unsur hara dapat dilihat di belakang.

10.Tanya:Apakah POP SUPERNASA, POC NASA dan HORMONIK harus dipergunakan bersama-sama?

Jawab:POP SUPERNASA, POC NASA dan HORMONIK tidak harus dipergunakan sama-sama tetapi jika dipergunakan bersama-sama akan lebih optimal.

11.Tanya:Bagaimana penggunaan POP SUPERNASA, POC NASA dan HORMONIK pada tanaman semusim?

Jawab:-Jika dipergunakan bersama-sama, maka POP SUPERNASA disiramkan sebelum tanam untuk pupuk dasar, POC NASA dan HORMONIK disemprotkan ke tanaman untuk pemeliharaan

-Jika hanya menggunakan POC NASA dan HORMONIK, maka setengah dosis POC NASA disiramkan ke tanah sebelum tanam untuk pupuk dasar dan setengah dosis sisanya beserta HORMONIK disemprotkan ke tanaman untuk pemeliharaan.

-Jika hanya menggunakan POP SUPERNASA, maka 3/4 dosis disiramkan ke tanah sebelum tanam untuk pupu dasar dan 1/4 dosis disiramkan ke tanah untuk pemeliharaan.

Padiku umur 40 hari, apakahhabis menyemprot dengan pestisida padiku boleh disemprot dengan NASA – HORMONIK, atau selang berapa hari sesudahnya Tidak  ada keharusan untuk menunda penyemprotan, karena produk yang bapak akan aplikasikan adalah pupuk. Lain halnya jika setelah pestisida bapak menyemprot dengan BVR.. ini akan mengurangi efektifitas penyemprotan.
Untuk penyemprotan padi dengan POWER NUTRITION dan HORMONIK yang bagus waktu pagi apa sore?
POWER NUTRITION sebaiknya untuk ditaburkan bukan disemprotkan, namun jika disemprotkan dengan konsentrasi rendah bisa juga. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pagi dengan penjelasan sama dengan pertanyaan sebelum ini.
Pestisida kimia (DECIS/MIDOR) apa bisa campurkan di tangki bersama POC NASA dan HORMONIK untuk disemprotkan? Aku pingin bertani cara NASA . apa ada buku panduannya?
Pestisida bisa dicampur dengan produk pupuk dari NASA , namun aplikasi dalam penyemprotan tetap kami sarankan di pagi hari , berakhir sebelum jam 10 karena stomata akan tertutup jika cuaca panas. Untuk buku panduan dari NASA sudah lengkap baik teknis budidaya, hama dan penyakit, peternakan/ perikanan dan kesehatan manusia. Silahkan bapak beli di stokist terdekat.
Bagaimana cara pemupukan mangga yang udah berumur 7 tahun tidak dipelihara, supaya buahnya banyak?
Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memangkas daun (pangkas bentuk pohon) agar bisa berbentuk baik dan bercabang produksi lebih banyak. Kedua lakukan pemupukan dengan Dolomit 0,25 kg bisa dengan cara dikocorkan atau ditaburkan di piringan. Kemudian setelah 15 hari bisa kita pupuk dengan NPK 0,25 kg + produk NASA , kami sarankan dengan POWER NUTRITION 3 sdm . Kemudian penyiraman yang cukup agar tanaman bisa menyerap pupuk yang kita berikan. Ulangi lagi 2 bulan kedepan (tanpa dolomit) , dengan tercukupinya unsur hara, hormon dan air, semoga pohon buah bapak bisa cepat berbuah .
Pestona, Vireksi, NASA,HORMONIK, POWER , SUPERNASA , dengan dosis kecil dalam botol dicampur untuk semprot bawang merah bagaimana?
VIREKSI (karena berbahan dasar Virus) tidak bisa dicampur PESTONA atau pestisida lain, namun bisa dicampur sengan produk pupuk diatas. Silahkan pilih salah satu menunda penyemprotan VIREKSI nya atau PESTONAnya
Untuk pohon albasia yang tumbuhnya lambat (kerdil) sebaiknya pakai pupuk apa dan bagaimana caranya, berapa ukurannya?
Tanaman albasia kerdil bisa juga karena bibitnya yang kurang bagus, media di bawah ada terhambat batu, ataupun terjadi hambatan penyerapan unsur hara / pupuk yang diberikan. Untuk sebab yang ketiga , bisa bapak lakukan pemupukan dengan SUPERNASA 1 sdm + NPK 1 sdm + POC NASA dan Hormonik masing 2 1 tutup per 5 liter air. Kocorkan 0,5-1 liter ke bagian bawah tanaman (piringan 1 bulan sekali) , dan usahakan tanaman jangan kekeringan agar pupuk dapat terserap.
Bagaimana aplikasi GREEN STAR?
Sama dengan penggunaan POC NASA dan HORMONIK yaitu 1 sacchet GREEN STAR dituang ke tangki, masukkan air 14-15 liet dan semprotkan untuk daun tanaman pada pagi hari. Kebutuhan untuk luasan 1000 m? (tanaman semusim) sekali semprot 3 sachet atau 1 pack.
Kami punya mangga dan sudah 2x berbunga, tetapi setiap berbunga, selalu rontok, tidak pernah menjadi buah..kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ?
Rontoknya bunga / buah pada mangga bisa karena kurang hormon, kurang unsur kalium , kekeringan , atau hama penyakit. Gunakan POWER NUTRITION rutin 2-3 sdm + NPK 2-3 sdm per aplikasi, 1-2 bulan danjangan sampai kekeringan, dan pencegahan hama penyakit terutama penggerekbatang dan buah dengan BVR.
Pak untuk mendapat hasil sampai kira-kira 15 ton, pupuk NASA yang digunakan per hektar biasanya berapa? Terus jenisnya apa saja?
Produk NASA yang bisa digunakan antara lain SUPERNASA 5 kg, POWER NUTRITION 5 kg, POC NASA 5-7 liter, dan HORMONIK 1 liter, dan penggunaan NPK yang sesuai dengan standar rekomendasi dinas pertanian setempat. Namun perlu diperhatikan bahwa syarat lain selain pupuk masih sangat banyak misal air, jenis bibit, ketinggian tempat, panjang penyinaran, hama penyakit dll, sehingga pengalaman produk NASA yang bisa dipergunakan bisa menghasilkan hasil tinggi adalah juga karena faktoir lainnya mendukung.
Untuk pemupukan rabuk kandang sebaiknya dicampur apa ya..pada tanaman bawang merah dan dilakukan pada waktu bawang merah umur berapa?
Glio 1 pak yang dicampur rata dengan pupuk kandang 25-30 kg dan diperam 10 ? 14 hari (tidak kena sinar matahari), sebagai media dasar tanaman.
…..
Kalau POWER dicairkan apa bisa disemprotkan pada tanaman coklat pak?
Untuk menyemprot lewat daun kita sudah ada POC NASA dan HORMONIK, meskipun POWER bisa juga disemprotkan dengan konsentrasi rendah, namun untuk ketepatan sasaran dan cara kerjanya kami sarankan kocor atau tabur saja ke tanah.
Kakak saya punya sawit umur 8 bulan. Produk NASA apa yang cocok untuk sawit yang berumur 8 bulan?
Pergunakan POC NASA dan HORMONIK (4-5 : 1 tutup per tangki) untuk penyemprotan daun 1-2 bulan sekali, dan SUPERNASA 3,5 kg/hektar per 6 bulan bisa dikocorkan atau ditaburkan bersama NPK.
Karena saya lihat di VCD kalau sawit bisa dipanen bila sudah berumur 3 tahun. Apakah karet juga sama..bisa disadap sebelum 7 tahun pakai produk NASA?
Prinsipnya tanaman akan berproduksi jika sudah memasuki masa produksi yang umumnya tanaman sawit 30 bulan setelah tanam, dan karet 5 tahun keatas. Penggunaan produk NASA mampu mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga lebih cepat mencapai masa dewasa dan berproduksi. Pengalaman menggunakan produk NASA untuk sawit 30 bulan bisa panen (tanpa mengalami pembuangan buah pasir) dan karet bisa tepat umur 5 tahun (karena diameter batang sudah memenuhi persyaratan)
SUPERNASA bisa tidak untuk mempercepat proses pematangan pupuk kandang mentah?mohon dosis dan rekomendasi aplikasinya.
Produk NASA bukan berbasiskan teknologi bakteri sehingga bukan sebagai penghancur pupuk kandang, namun produk NASA (SUPERNASA) bisa berperan sebagai media yang disukai oleh dekomposer, sehingga secara tidak langsung mempercepat pertumbuhannya dan mempercepat proses penghancuran bahan organik, serta menyediakan nutrisi2 yang sudah dalam bentuk siap pakai oleh tanaman. Cara yang bisa dilakukan dengan menaburkan/mengocorkan 5-10 sendok makan secara merata pada tumpukan pupuk kandang/kompos yang akan diperam.
Apakah ada efek negative jika tanaman padi yang berumur 25 hari dikasih dolomite 25 kg, SUPERNASA 2 botol, dan POWERNUTRITION 2 botol , KCl 10 kg pada lahan 2100 meter, karena saat olah lahan tidak pakai.
Bisa saja pak meskipun untuk Dolomit dan SUPERNASA sebaiknya sejak awal olah tanah (karena sifatnya yang lambat tersedia) , sedangkan untuk POWER NUTRITION dan KCL bisa diberikan saat padi sudah mulai muncul bunga (akhir masa pertumbuhan vegetatif)
Apakah tanaman cengkeh bisa panen diluar musim kalau pakai POC NASA , SUPERNASA, dan HORMONIK, dan bagaimana caranya?
Untuk tanaman cengkeh membutuhkan syarat terutama iklim selain syarat-syarat lain yang juga tidak kalah penting. Produk NASA mampu mencukupi sebagian syarat-syarat tadi (terutama unsure hara Mikro, Hormon ,dan AS, organic tanah), namun untuk syarat yang lain seperti ketinggian tempat, air, bunsur makro juga harus dicukupi agar cengkeh bisa berbuah diluar musim. Namun setidaknya dengan menggunakan produk NASA mampu meningkatkan produksi cengkeh, sehingga mampu memberikan keuntungan lebih tinggi bagi petani.Caranya dengan menggunakan pupuk NASA dengan rutin, dan penyiraman yang cukup sehingga faktor intern dalam tanaman itu sendiri tidak menjadi factor penghambat lagi untuk berbuah (bahkan di luar musim) jika syarat yang lain sudah tercukupi.
Semprot POC di tanaman bisa tidak dicampur dengan pupuk kimia dalam 1 tangki (15 liter) ?
Bisa hanya perlu diperhatikan pupuk kimianya jangan terlalu banyak (terutama Urea) karena daun bisa terbakar , cukup NPK 1/3-1/2 sendok makan pertangki dan coba dulu dengan takaran yang kurang lebih dengan ukuran tadi .
Untuk lahan yang kena limbah bekas pengeboran pertamina sudah 4 kali penanaman gagal terus, daunnya kering dan mati. Kira2 harus bagaimana penanggulangannya dengan produk NASA?
Penggunaan Dolomit diperlukan untuk menetralkan PH, dan pengocoran SUPERNASA dengan dosis 2-3 kali lipat dosis umum/biasanya cukup membantu untuk mengatasi permasalahan tanah-tanah eks tambang.
Untuk perkebunan coklat, sebaiknya 1 botol Hormonik untuk berapa pohon, dan bagaimana aplikasinya.
Kebutuhan Hormonik untuk 1 hektar Kakao (asumsi 1 hektar 300-400 pokok) kurang lebih 400 ml (4 ) botol atau 1 botol HORMONIK untuk 75-100 batang kakao dengan cara dikocorkan disekitar pokok (jarak 1-2 meter dr batang)
Pupuk buah (POWER NUTRITION) 500 gr untuk berapa meter ? pak?
Untuk tanaman buah semusim bisa untuk 1000 m?, untuk tanaman buah tahunan bisa dilihat di label produk , karena tergantung ukuran diameter batangnya, namun kira? berkisar 30-50 gram atau (3-5 sdm) per batang.

Responses

  1. Kalau memakai kombinasi obat obatan dari Bapak Harganya berapa sampai di Kediri.
    jawaban secepatnya lewat E.Mail abdulwahab240855@yahoo.com

    Suka

  2. saya petani ikan nila kolam semen ukuran kolam 2,5 X 4 m sebanyak 37 kolam, sering mati dan lambat pertumbuhannya, padahal sudah saya campurkan pelet plus EM4, tambahan aerator 24 jam dan 3 hari sekali ganti air. Mohon pencerahannya apa yang harus saya lakukan kedepan , mohon jawaban secepatnya lewat E.Mail abdulwahab240855@yahoo.com

    Suka

  3. pak saya cb buat poc dr bhn sayuran n kulit buah,em4,gula, air leri. saya fermentasi 3 minggu ko baux seperti tetes tebu. tu udh bs d pakai pa trmasuk gagal. dan klau brasil takkaran poc brp / ltr air mkc

    Suka

  4. pak, kalo tanaman cabe umur 1 bulan mengalami daun keriting/layu pakai nasa yang mana pak…???

    Suka

    • wendo, gunankan bvr selang seling pentanan, layunya gunakan glio, namun demikian sudahkah pemupukan anda mencukupi untuk cabenya

      Suka

  5. assalamu alaikum…
    pak untuk cabe rawit sebanyak 10.000 pohon, apa saja produk nasa yg harus sy gunakan, dan berapa duit yg harus sy siapkan. sy rencana mau pesan pak. Hadi (Gorontalo)

    Suka

    • Hadi Gorontalo…Gunakan lengkap pak Supernasa Powernutrisi, poc nasa hormonik aero dan jangan lupa Glio dan corrin…untuk jumlah relatip pak tergantung keinginan bapak untuk hasil akhirnya..silahkan hub, saya di 081250981098

      Suka

  6. pak sya mau tanya…cuaca yg bagaimana yg sebaiknya menanam timun? di musim hujan atau kemarau? s

    Suka

    • semua cuaaca bisa, musim hujan siapkan produk pengendali hama dan penyakit, musim kemarau asal siap air oke saja…

      Suka

  7. ass.pk mau tnya apa ada obat untuk untuk mengatasi penyakit layu pada tanaman pisang.mhon jwbanya

    Suka

    • Gunakan Glio pak agus riyanto…

      Suka

  8. mlm pak, bgini sy mau tanya apa obat buah durian yg terkena ulat (boler)?

    Suka

  9. pak klau di palembang di mana saya bisa menemukan produk nasa dan klu mau beli di mana y

    Suka

  10. Saya punya pohon klengkeng,tingginya sktitr 2 mtr sdh berbuah. Tapi kenapa ya ada salah satu cabang yg layu trus mengering (ada buahnya).sebelumnya 2 pohpn pepaya sy juga layu trus mati. Apakah penyakitnya sama?

    Suka

  11. dimana beli glio nasa untuk wilayah bengkulu utara pak? berapa harga nya?

    Suka

    • Ibu Sumini silahkan hubungi saya via telpon atau sms saja ke saya, glio readi

      Suka

      • Klo untuk wilayah Jakarta – Bogor belinya dimana..? Nomor HP anda berapa..? tks

        Suka

  12. .pak mhon info nya…klo utk iakn mas pakai produk ap yah agar cepat besar & tahan trhdap pnykit.trima kasih

    Suka

    • yudha, gunakan TON untuk kualitas air dan viterna masa dan hormonik buat campur pakan agar napsu makan bertambah dan cukup nutrisi sehingga ikan lebih sehat dan cepet besar

      Suka

  13. jika temen2 ada yang membutuhkan kotoran ayam bagus untuk tanah yang kurang subur hubungi saya ke nmr 085745921577 bpk. kuslan

    Suka

  14. salam kenal pak.. di mana saya bisa membeli produk bapak untuk daerah tangerang selatan? saya memiliki pohon jeruk yg terjangkit kutu loncat. mohon infonya ya pak… trimakasih.

    Suka

  15. pak wadah untuk pemeraman bibit timun menggunakan apa ya,saya udh rendan selama 30 menit kemudian sya peram di kain tetapi tidak berkecambah biasa aja sama seperti bibit sebelumnya

    Suka

    • pasti kainnya ga dijaga kelembabannya ini ya…mesti ga akan berkecambah

      Suka

  16. Gimana caranya y untuk tanah yang kurang subur dan banyak rayap tanah agar subur dan bisa ditanami, produk apa yang harus saya pakai? Mksh

    Suka

  17. Tanya : saya punya pohon lengkeng berumur 5 tahun, tapi tidak berbuah, bagaimana agar pohon lengkeng saya bisa berbuah?

    Suka

  18. sy dari aceh, mhon bantuan untuk dikirim daftar harganya pak. soalnya nyari distributornya utk wil aceh susah banget…
    bisa dikirim via email aja ke….
    ad.jamjuri@gmail.com
    trmksh…

    Suka

  19. saya mempunyai kolam terpal lele ukuran 1.5m x 3m. pengairan menggunakan sumur bor, pemeliharaan ikan lele sudah berjalan 3 minggu sudah mencapai size 15cm. saya pingin hasil yg cepat, kemudian saya beri TON Nasa. setelah 2hari berikutnya kok airnya jadi berbau busuk.
    soalnya sudah 2 x percobaan seperti itu juga. akhirnya saya putuskan untuk tidak pakai TON lg. kira2 apa penyebabnya ya…

    Suka

  20. Buah Kelengkeng saya tumbuh lebat tetapi banyak yang pecah. kenapa begitu?bagaimana cara mengatasinya?

    Suka

  21. oya mas anjuran dosis pupuk organik cair nasa pada tanaman kacang hijau berapa cc /petak atau pertanaman brapa ya mas??? dan jg dosis anjuran pupuk NPK mutiara pada tanaman kacang hijau untuk 1 ha.. di tunggu balasanya

    Suka

  22. adakah produk nasa dijual di sulawesi tengah.?

    Suka

  23. bos berapa kg/Ha supernasa padat untuk tanaman cabai

    Suka

  24. bos saya mau nanya berapa kg per Ha untuk tanaman cabai merah

    Suka

  25. Mau tanya kalau pake viterna plus ternak yang sedang hamil ntar keguguran ga . ?

    Suka

    • Gak papa pak Tarya..kurangi dosisnya saja

      Suka

  26. mau nanya ni.saya petani durian dan cengkeh, untuk bsa buah/ diluar musim pakek zpt produk supernasa nasa yg mna ? Dan bgai mna aplikasinya? Dan saya dpat bli dimana?.terimakasih tamaril trenggalek jawa timur

    Suka

    • GUNAKAN POWER NUTRISI..,,,SILAHKAN HUBUNGI DI ALAMAT KONTAK TERDEKAT DI JAWA MAS DONO SAFARI 081225999901

      Suka

      • Salam Kenal pak.. sy tinggal di Rumpin Bogor.. klo mo beli SOC (Suplemen Organik Cair) untuk pakan kambing yg terdekat dimana ya..? makasih sebelumnya.. salam

        Suka

  27. Urutan komoditas andalan indonesia mulai dari yang teratas hingga terendah apa saja ya pak (Bahan pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan & kehutanan) ? Terima kasih

    Suka

  28. kepada seluruh peternak saya coba menawarkan susu untuk minuman ternak anda semua.
    silahakan kontak: 085210932709/dhani
    harga murah abis.

    Suka

  29. Pak saya sorang mahasiwi di pergiruan tinggi politeknik pertanian negeri pangkep, jurusan Agroindustri.
    yang ingin saya tanyakan, berapa jenis pengolahan tanaman ubi kayu, dan mengapa pengolahan ubi kayu belum banyak dimasyarkat, padahal penghasilan ubi kayu di indonesia cukup banyak…terimah kasih…

    Suka

  30. Berapa dosis pemberian POC+VETRNA+HORMONIK pada kolam lele terpal ukuran 4x6m..?

    Suka

    • ketiganya di campur, ambil satu tutup campur air secukupnya, untuk campuran pakan 3-5kg, biarkan pakan 5 menitan trus berikan ke ikan lele..

      Suka

  31. slmt pagi maaf numpan tanya
    10 jenisi tanaman lunak, dan 10 jenis tanaman keras,
    ada yang tau kah

    Suka

  32. apkah produk nasa ada di jual di daerah banda aceh

    Suka

    • Ada distributor disana pak namun belum punya stok barang, silahkan pak Hasbullah menjadi distributor nasa..kami siap bantu

      Suka

      • Apa syarat jadi distributor pak..? sy tinggal didaerah Rumpin Bogor HP: 082178956743-q81382126096

        Suka

  33. saya firdaus dari aceh, kami petani tambak udang ingin berkenalan dengan bapak wong tani, mengenai produk pupuk yang bapak promosikan. Mohon infonya kemana saya menghubungi bapak.

    Suka

    • ini no hp sy pak, 081250981098

      Suka

  34. salam kenal
    saya tinggal di kota garut jawabarat baru belajar tani 2 tahun dengan cara organik. selama ini saya hanya menggunakan kotoran kambing yang di komposkan sendiri. terasa sangat repot. saya pun menggunakan sistim mina padi. tolong bantu saya pupuk apa saja yg harus saya pakai dari nproduk NASA dan bagaimana cara dan takarannya? saya hanya mengelola 1400m. tolong di bantui yah.

    Suka

    • Kalau organik murni non kimia baik pestisida dan pupuk kimia, silahkan manfaatkan “Super Nasa” sebagai pupuk dasar dan Power Nutrisi menjelang generatif, sementara aplikasikan 4 tutup poc nasa plus 1 tutup hormonik untuk satu tangki sprayer 14 liter dan semprotkan 7 atau 10 hari sekali, apabila ada kendala hama penyakit manfaat pestisida organik Pestona, Pentana dan agensia hayati Gliocadium dan BVR..sementara ikannya campurkan pakan dengan viterna…silahkan kontak saya atau pak jaya sukarta jakarta yg dekat dengan anda

      Suka

  35. untuk wilayah krian, toko apa yang jual produk nasa

    Suka

    • dimana saya bisa beli produk nasa,saya tinggal di medan.

      Suka

    • Sodiq, Krian sidoarjo…ga dijual ditoko mas..telponen saya aja wes..tak kirimi

      Suka

  36. jelaskan nama pupuk nasa yang kita pakai untuk tomat dengan rinci

    Suka

  37. di mana saya bisa membeli prodak nasa saya tingal d riau bagan senembah

    Suka

    • Bisa menghubungi di no 081380267809 dg bp Rey

      Suka

  38. tolong kirimkan dosis pemakaian pupuk makro dengan di aplikasikan dengan REKOMENDASI PRODUK NASA YANG BAIK SAYA GUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI pada lahan luas 150 m2 dan luas 540 m2 pada tanaman padi.

    Suka

  39. PaK toLng kasih tau aLmt peNjuaL viTerNa & poC nasa atau produk2 NASa didaerah makassar. Kl emang blm ada gmn cara mesanx

    Suka

    • Usman >>>Kontak saya aja mas di 081250981098..agr cepet clear jawabannya

      Suka

      • dimana saya bisa beli produk nasa,saya tinggal di medan.

        Suka

      • Silahkan hubungi saya bos Endar

        Suka

  40. Saya mau order organik Natural BVR di daerah kediri di lokasi /alamatnya di mana trim’s
    Narko

    Suka

  41. mengapa sawit tidak berbuah,padahal pohonya sudah besar.

    Suka

  42. untuk wilayah tabalong, kalimantan selatan. dimana bisa mendapatkn product NASA??
    dan yg saya perlukan adalah obat pohon karet agar memiliki getah lateks yg banyak, tapi selanjutnya tidak merusak kestabiliasan dr produksi pohon karet tersebut dimasa mendatang.
    dan pupuk yg bagus untuk produksi pohon karet tersebut.
    tolong kirim balasannya via email.

    Suka

    • pak,saya mau tanya,mengapa sawit tidak berbuah, padahal pohonya sudah besar

      Suka

    • cEK eMAILNYA BOS…

      Suka

  43. Selamat Pagi
    pak saya mo tanya…
    dimana untuk wilayah Bandar lampung, produck NASA bisa saya dapatkan ?
    Maaf & tlg balas Via email saya…
    Terimakasih

    Suka

  44. Berapa lama Pupuk Nasa, setelah diproduksi Kadaluarsa………?
    Seperti : POC NASA, SUPER NASA, Harmonik, Aero termasuk Produk Obat Natural dll.

    Suka

  45. pak saya tertarik untuk membeli produk nasa namun untuk cabang atau contak person di wilayah madura khususnya kota sampang sudah ada apa belum pak ? mhon infonya,
    trimsk

    Suka

  46. PaK toLng kasih tau aLmt peNjuaL viTerNa & poC nasa atau produk2 NASa didaerah sidoarjo soaLx sebagiaN toko perternaKan didaerah sini blm ada produk tersebut,,
    mohoN dibaNtu pak & terimakasih ats perhatiaNx…

    Suka

  47. salm knl pak saya ingin menanam bawang gi mana cara pengobatanya

    Suka

  48. dimana saya bisa pesan herbisida ricestar extra pak, trima kasih

    Suka

  49. aslm. mas bro.
    minta saranya bagaimana supaya ayam tidak kena penyakit tetelo?

    Suka

  50. saya mohon berikan bagaimaana cara penanam timun yang benar dan pestisida apa apa saja yang harus di pakai.

    Suka

    • Tingaalkan Pestisida Kimia !

      Suka

      • BUDIDAYA MENTIMUN
        ________________________________________

        I. PENDAHULUAN
        Produksi mentimun di Indonesia masih sangat rendah padahal potensinya masih bisa ditingkatkan. Untuk itu PT. Natural Nusantara berupaya turut membantu meningkatkan produksi secara Kualitas, Kuantitas dan Kelestarian (K-3).

        II. SYARAT PERTUMBUHAN
        2.1. Iklim
        Adaptasi mentimun pada berbagai iklim cukup tinggi, namun pertumbuhan optimum pada iklim kering. Cukup mendapat sinar matahari, temperatur (21,1 – 26,7)°C dan tidak banyak hujan. Ketinggian optimum 1.000 – 1.200 mdpl.

        2.2. Media Tanam
        Tanah gembur, banyak mengandung humus, tata air baik, tanah mudah meresapkan air, pH tanah 6-7.

        III. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
        3.1. Pembibitan
        a. Siapkan Natural GLIO dan campurkan dengan pupuk kandang matang, diamkan 1 minggu.
        b. Siapkan tanah halus dan pukan dapat diganti SUPERNASA / POC NASA yang telah dicampur Natural GLIO (tanah : pukan = 7:3) dan masukkan polybag.
        c. Rendam benih dalam larutan POC NASA dan air hangat (2cc/l) selama 30 menit.
        d. Peram selama 12 jam. Setiap benih yang berkecambah dipindahkan ke polibag sedalam 0,5-1 cm.
        e. Polybag dinaungi plastik bening dan bibit disiram dua kali sehari.
        f. Semprotkan POC NASA (2cc/l air) pada 7 hss.
        g. Setelah berumur 12 hari atau berdaun 3-4 helai, bibit dipindahkan ke kebun.
        3.2. Pengolahan Media Tanam
        a. Bersihkan lahan dari gulma, rumput, pohon yang tidak diperlukan.
        b. Berikan kalsit/dolomit (pH tanah <6 : 1-2 ton/ha)
        c. Tanah dibajak/dicangkul 30-35cm sambil membalikkan tanah dan biarkan 2 minggu.
        d. Olah kembali tanah sambil membuat bedengan lebar 120 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar bedengan 30 cm.
        e. Tambahkan pupuk kandang 20-30 ton/ha atau 0,5 kg pupuk kandang ke setiap lubang tanam 40 x 40 x 40 cm.
        f. Berikan pupuk NPK 100 kg/ha (1/3 dari dosis keseluruhan).
        g. Siramkan POP SUPERNASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1 botol/1000 m² dengan cara :
        Alternatif 1 : 1 botol POP SUPERNASA diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 lt air diberi 200 cc larutan induk tadi untuk menyiram bedengan.
        Alternatif 2 : setiap 1 gembor vol 10 lt diberi 1 peres sendok makan POP SUPERNASA untuk menyiram 5-10 meter bedengan.
        h. Pasang mulsa. Dan 1 minggu kemudian buat lubang tanam.
        i. Taburkan Natural GLIO yang sudah dikembangbiakkan dengan pukan pada setiap lubang tanam (1 kemasan + 25-50 kg pukan matang untuk 1000 m2).

        3.3. Penanaman
        – Siram bibit dalam polibag dengan air
        – Keluarkan bibit bersama medianya dari polibag.
        – Tanamkan bibit di lubang tanam dan padatkan tanah di sekitar batang.

        3.4. Pemeliharaan Tanaman
        – Tanaman yang rusak atau mati dicabut dan segera disulam dengan tanaman yang baik.
        – Bersihkan gulma (bisa bersama waktu pemupukan).
        – Pasang ajir pada 5 hst ( hari setelah tanam ) untuk merambatkan tanaman.
        – Daun yang terlalu lebat dipangkas, dilakukan 3 minggu setelah tanam pada pagi atau sore hari.
        – Pengairan dan Penyiraman rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan cara di siram atau menggenangi lahan selama 15-30 menit. -Selanjutnya pengairan hanya dilakukan jika diperlukan dan diintensifkan kembali pada masa pembungaan dan pembuahan.

        3.5. Pemupukan:

        Waktu
        Pupuk (kg)

        TSP
        Urea
        KCL

        Pukan

        Pupuk Dasar
        150
        150
        150
        20.000

        3-5 hst
        100

        150
        100

        10 hst
        250
        300
        100

        Setelah berbunga

        250

        250

        Setelah Panen I

        100
        100

        POC NASA +
        Hormonik

        (Mulai umur
        2–10 minggu)
        Disemprotkan ke daun :
        • Alternatif 1: 8 kali ( interval 1 minggu sekali) dgn dosis 3 – 4 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik per tangki
        • Alternatif 2: 4 kali (interval 2 minggu sekali ) dgn dosis 6 – 8 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik per tangki

        3.6. Hama dan Penyakit
        3.6.1. Hama
        a. Oteng-oteng atau Kutu Kuya (Aulocophora similis Oliver).
        Kumbang daun berukuran 1 cm dengan sayap kuning polos. Gejala : merusak dan memakan daging daun sehingga daun bolong; pada serangan berat, daun tinggal tulangnya. Pengendalian : Natural BVR atau PESTONA.

        b. Ulat Tanah (Agrotis ipsilon)
        Ulat ini berwarna hitam dan menyerang tanaman terutama yang masih muda. Gejala: Batang tanaman dipotong disekitar leher akar.

        c. Lalat buah (Dacus cucurbitae Coq.)
        Lalat dewasa berukuran 1-2 mm. Lalat menyerang mentimun muda untuk bertelur, Gejala: memakan daging buah sehingga buah abnormal dan membusuk. Pengendalian : Natural METILAT.

        d. Kutu daun (Aphis gossypii Clover)
        Kutu berukuran 1-2 mm, berwarna kuning atau kuning kemerahan atau hijau gelap sampai hitam. Gejala: menyerang pucuk tanaman sehingga daun keriput, kerititing dan menggulung. Kutu ini juga penyebar virus. Pengendalian : Natural BVR atau PESTONA

        3.6.2. Penyakit
        a. Busuk daun (Downy mildew)
        Penyebab : Pseudoperonospora cubensis Berk et Curt. Menginfeksi kulit daun pada kelembaban udara tinggi, temperatur 16 – 22°C dan berembun atau berkabut. Gejala : daun berbercak kuning dan berjamur, warna daun akan menjadi coklat dan busuk. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        b. Penyakit tepung (Powdery mildew )
        Penyebab : Erysiphe cichoracearum. Berkembang jika tanah kering di musim kemarau dengan kelemaban tinggi. Gejala : permukaan daun dan batang muda ditutupi tepung putih, kemudian berubah menjadi kuning dan mengering. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        c. Antraknose
        Penyebab : cendawan Colletotrichum lagenarium Pass. Gejala: bercak-bercak coklat pada daun. Bentuk bercak agak bulat atau bersudut-sudut dan menyebabkan daun mati; gejala bercak dapat meluas ke batang, tangkai dan buah. Bila udara lembab, di tengah bercak terbentuk massa spora berwarna merah jambu. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        d. Bercak daun bersudut
        Penyebab : cendawan Pseudomonas lachrymans. Menyebar pada saat musim hujan. Gejala : daun berbercak kecil kuning dan bersudut; pada serangan berat seluruh daun yang berbercak berubah menjadi coklat muda kelabu, mengering dan berlubang. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        e. Virus
        Penyebab : Cucumber Mosaic Virus, CMV, Potato virus mosaic, PVM; Tobacco Etch Virus, TEV; otato Bushy Stunt Virus (TBSV); Serangga vektor adalah kutu daun Myzus persicae Sulz dan Aphis gossypii Glov. Gejala : daun menjadi belang hijau tua dan hijau muda, daun berkerut, tepi daun menggulung, tanaman kerdil. Pengendalian: dengan mengendalikan serangga vektor dengan Natural BVR atau PESTONA, mengurangi kerusakan mekanis, mencabut tanaman sakit dan rotasi dengan famili bukan Cucurbitaceae.

        f. Kudis (Scab)
        Penyebab : cendawan Cladosporium cucumerinum Ell.et Arth. Terjadi pada buah mentimun muda. Gejala : ada bercak basah yang mengeluarkan cairam yang jika mengering akan seperti karet; bila menyerang buah tua, terbentuk kudis yang bergabus. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        g. Busuk buah
        Penyebab : cendawan (1) Phytium aphinadermatum (Edson) Fizt.; (2) Phytopthora sp., Fusarium sp.; (3) Rhizophus sp., (4) Erwinia carotovora pv. Carotovora. Infeksi terjadi di kebun atau di tempat penyimpanan. Gejala : (1) Phytium aphinadermatum: buah busuk basah dan jika ditekan, buah pecah; (2) Phytopthora: bercak agak basah yang akan menjadi lunak dan berwarna coklat dan berkerut; (3) Rhizophus: bercak agak besah, kulit buah lunak ditumbuhi jamur, buah mudah pecah; (4) Erwinia carotovora: buah membusuk, hancur dan berbau busuk. Pengendalian: dengan menghindari luka mekanis, penanganan pasca panen yang hati-hati, penyimpanan dalam wadah bersih dengan suhu antara 5 – 7 derajat C. Dan pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

        3.7. Panen
        3.7.1. Ciri dan Umur Panen
        Buah mentimun muda lokal untuk sayuran, asinan atau acar umumnya dipetik 2-3 bulan setelah tanam, mentimun hibrida dipanen 42 hari setelah tanam Mentimun Suri dipanen setelah matang.

        3.7.2. Cara Panen
        Buah dipanen di pagi hari sebelum jam 9.00 dengan cara memotong tangkai buah dengan pisau tajam.

        3.7.3.Periode Panen
        Mentimun sayur dipanen 5 – 10 hari sekali tergantung dari varitas dan ukuran/umur buah yang dikehendaki.
        BY.WONGTANI DAN NASA

        Suka

    • BUDIDAYA MENTIMUN
      ________________________________________

      I. PENDAHULUAN
      Produksi mentimun di Indonesia masih sangat rendah padahal potensinya masih bisa ditingkatkan. Untuk itu PT. Natural Nusantara berupaya turut membantu meningkatkan produksi secara Kualitas, Kuantitas dan Kelestarian (K-3).

      II. SYARAT PERTUMBUHAN
      2.1. Iklim
      Adaptasi mentimun pada berbagai iklim cukup tinggi, namun pertumbuhan optimum pada iklim kering. Cukup mendapat sinar matahari, temperatur (21,1 – 26,7)°C dan tidak banyak hujan. Ketinggian optimum 1.000 – 1.200 mdpl.

      2.2. Media Tanam
      Tanah gembur, banyak mengandung humus, tata air baik, tanah mudah meresapkan air, pH tanah 6-7.

      III. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
      3.1. Pembibitan
      a. Siapkan Natural GLIO dan campurkan dengan pupuk kandang matang, diamkan 1 minggu.
      b. Siapkan tanah halus dan pukan dapat diganti SUPERNASA / POC NASA yang telah dicampur Natural GLIO (tanah : pukan = 7:3) dan masukkan polybag.
      c. Rendam benih dalam larutan POC NASA dan air hangat (2cc/l) selama 30 menit.
      d. Peram selama 12 jam. Setiap benih yang berkecambah dipindahkan ke polibag sedalam 0,5-1 cm.
      e. Polybag dinaungi plastik bening dan bibit disiram dua kali sehari.
      f. Semprotkan POC NASA (2cc/l air) pada 7 hss.
      g. Setelah berumur 12 hari atau berdaun 3-4 helai, bibit dipindahkan ke kebun.
      3.2. Pengolahan Media Tanam
      a. Bersihkan lahan dari gulma, rumput, pohon yang tidak diperlukan.
      b. Berikan kalsit/dolomit (pH tanah <6 : 1-2 ton/ha)
      c. Tanah dibajak/dicangkul 30-35cm sambil membalikkan tanah dan biarkan 2 minggu.
      d. Olah kembali tanah sambil membuat bedengan lebar 120 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar bedengan 30 cm.
      e. Tambahkan pupuk kandang 20-30 ton/ha atau 0,5 kg pupuk kandang ke setiap lubang tanam 40 x 40 x 40 cm.
      f. Berikan pupuk NPK 100 kg/ha (1/3 dari dosis keseluruhan).
      g. Siramkan POP SUPERNASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1 botol/1000 m² dengan cara :
      Alternatif 1 : 1 botol POP SUPERNASA diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 lt air diberi 200 cc larutan induk tadi untuk menyiram bedengan.
      Alternatif 2 : setiap 1 gembor vol 10 lt diberi 1 peres sendok makan POP SUPERNASA untuk menyiram 5-10 meter bedengan.
      h. Pasang mulsa. Dan 1 minggu kemudian buat lubang tanam.
      i. Taburkan Natural GLIO yang sudah dikembangbiakkan dengan pukan pada setiap lubang tanam (1 kemasan + 25-50 kg pukan matang untuk 1000 m2).

      3.3. Penanaman
      – Siram bibit dalam polibag dengan air
      – Keluarkan bibit bersama medianya dari polibag.
      – Tanamkan bibit di lubang tanam dan padatkan tanah di sekitar batang.

      3.4. Pemeliharaan Tanaman
      – Tanaman yang rusak atau mati dicabut dan segera disulam dengan tanaman yang baik.
      – Bersihkan gulma (bisa bersama waktu pemupukan).
      – Pasang ajir pada 5 hst ( hari setelah tanam ) untuk merambatkan tanaman.
      – Daun yang terlalu lebat dipangkas, dilakukan 3 minggu setelah tanam pada pagi atau sore hari.
      – Pengairan dan Penyiraman rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan cara di siram atau menggenangi lahan selama 15-30 menit. -Selanjutnya pengairan hanya dilakukan jika diperlukan dan diintensifkan kembali pada masa pembungaan dan pembuahan.

      3.5. Pemupukan:

      Waktu
      Pupuk (kg)

      TSP
      Urea
      KCL

      Pukan

      Pupuk Dasar
      150
      150
      150
      20.000

      3-5 hst
      100

      150
      100

      10 hst
      250
      300
      100

      Setelah berbunga

      250

      250

      Setelah Panen I

      100
      100

      POC NASA +
      Hormonik

      (Mulai umur
      2–10 minggu)
      Disemprotkan ke daun :
      • Alternatif 1: 8 kali ( interval 1 minggu sekali) dgn dosis 3 – 4 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik per tangki
      • Alternatif 2: 4 kali (interval 2 minggu sekali ) dgn dosis 6 – 8 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik per tangki

      3.6. Hama dan Penyakit
      3.6.1. Hama
      a. Oteng-oteng atau Kutu Kuya (Aulocophora similis Oliver).
      Kumbang daun berukuran 1 cm dengan sayap kuning polos. Gejala : merusak dan memakan daging daun sehingga daun bolong; pada serangan berat, daun tinggal tulangnya. Pengendalian : Natural BVR atau PESTONA.

      b. Ulat Tanah (Agrotis ipsilon)
      Ulat ini berwarna hitam dan menyerang tanaman terutama yang masih muda. Gejala: Batang tanaman dipotong disekitar leher akar.

      c. Lalat buah (Dacus cucurbitae Coq.)
      Lalat dewasa berukuran 1-2 mm. Lalat menyerang mentimun muda untuk bertelur, Gejala: memakan daging buah sehingga buah abnormal dan membusuk. Pengendalian : Natural METILAT.

      d. Kutu daun (Aphis gossypii Clover)
      Kutu berukuran 1-2 mm, berwarna kuning atau kuning kemerahan atau hijau gelap sampai hitam. Gejala: menyerang pucuk tanaman sehingga daun keriput, kerititing dan menggulung. Kutu ini juga penyebar virus. Pengendalian : Natural BVR atau PESTONA

      3.6.2. Penyakit
      a. Busuk daun (Downy mildew)
      Penyebab : Pseudoperonospora cubensis Berk et Curt. Menginfeksi kulit daun pada kelembaban udara tinggi, temperatur 16 – 22°C dan berembun atau berkabut. Gejala : daun berbercak kuning dan berjamur, warna daun akan menjadi coklat dan busuk. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      b. Penyakit tepung (Powdery mildew )
      Penyebab : Erysiphe cichoracearum. Berkembang jika tanah kering di musim kemarau dengan kelemaban tinggi. Gejala : permukaan daun dan batang muda ditutupi tepung putih, kemudian berubah menjadi kuning dan mengering. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      c. Antraknose
      Penyebab : cendawan Colletotrichum lagenarium Pass. Gejala: bercak-bercak coklat pada daun. Bentuk bercak agak bulat atau bersudut-sudut dan menyebabkan daun mati; gejala bercak dapat meluas ke batang, tangkai dan buah. Bila udara lembab, di tengah bercak terbentuk massa spora berwarna merah jambu. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      d. Bercak daun bersudut
      Penyebab : cendawan Pseudomonas lachrymans. Menyebar pada saat musim hujan. Gejala : daun berbercak kecil kuning dan bersudut; pada serangan berat seluruh daun yang berbercak berubah menjadi coklat muda kelabu, mengering dan berlubang. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      e. Virus
      Penyebab : Cucumber Mosaic Virus, CMV, Potato virus mosaic, PVM; Tobacco Etch Virus, TEV; otato Bushy Stunt Virus (TBSV); Serangga vektor adalah kutu daun Myzus persicae Sulz dan Aphis gossypii Glov. Gejala : daun menjadi belang hijau tua dan hijau muda, daun berkerut, tepi daun menggulung, tanaman kerdil. Pengendalian: dengan mengendalikan serangga vektor dengan Natural BVR atau PESTONA, mengurangi kerusakan mekanis, mencabut tanaman sakit dan rotasi dengan famili bukan Cucurbitaceae.

      f. Kudis (Scab)
      Penyebab : cendawan Cladosporium cucumerinum Ell.et Arth. Terjadi pada buah mentimun muda. Gejala : ada bercak basah yang mengeluarkan cairam yang jika mengering akan seperti karet; bila menyerang buah tua, terbentuk kudis yang bergabus. Pengendalian : Pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      g. Busuk buah
      Penyebab : cendawan (1) Phytium aphinadermatum (Edson) Fizt.; (2) Phytopthora sp., Fusarium sp.; (3) Rhizophus sp., (4) Erwinia carotovora pv. Carotovora. Infeksi terjadi di kebun atau di tempat penyimpanan. Gejala : (1) Phytium aphinadermatum: buah busuk basah dan jika ditekan, buah pecah; (2) Phytopthora: bercak agak basah yang akan menjadi lunak dan berwarna coklat dan berkerut; (3) Rhizophus: bercak agak besah, kulit buah lunak ditumbuhi jamur, buah mudah pecah; (4) Erwinia carotovora: buah membusuk, hancur dan berbau busuk. Pengendalian: dengan menghindari luka mekanis, penanganan pasca panen yang hati-hati, penyimpanan dalam wadah bersih dengan suhu antara 5 – 7 derajat C. Dan pemberian Natural GLIO sebelum tanam.

      3.7. Panen
      3.7.1. Ciri dan Umur Panen
      Buah mentimun muda lokal untuk sayuran, asinan atau acar umumnya dipetik 2-3 bulan setelah tanam, mentimun hibrida dipanen 42 hari setelah tanam Mentimun Suri dipanen setelah matang.

      3.7.2. Cara Panen
      Buah dipanen di pagi hari sebelum jam 9.00 dengan cara memotong tangkai buah dengan pisau tajam.

      3.7.3.Periode Panen
      Mentimun sayur dipanen 5 – 10 hari sekali tergantung dari varitas dan ukuran/umur buah yang dikehendaki.
      by anak PETANIKU DAN NASA

      Suka

  51. pak..ada enggak produk pupuk cair-nya yang ada kandungan antranstan untuk kopi & kakao

    Suka

  52. saya mau tanya solusi memberantas hama selain menggunakan pestisida itu apa

    Suka

  53. saya mau tanya cara membeli produk nasa posisi saya dikalimantan barat

    Suka

    • Hendra….barusan saya kirim ke sambas dan sekadau..silahkan call saya saja mas…

      Suka

      • pak wong tani sampai saya tunggu lama pesta panen…..saya tunggu kabar dari dari wong tani tentang pertanyaan saya di via sms

        Suka

  54. pak kalau saya mau belajar tentang kelengkeng, bisa belajar di mana ya pak, mohon info nya. untuk saya di daerah yogyakarta terimakasih bapak

    Suka

  55. berapa lama jerami harus di buka untuk menutup persemaian padi dan berapa tinggi bibit padi yang bagus untuk di tanam?

    Suka

  56. kenapa bunga kelengkeng saya rontok,apa pentebab nya dan apa pupuk yang tepat?tolong di bantu.saya baru kali ini mencoba menanam kelengkeng.terima kasih.

    Suka

  57. bagaimana penerapan rumpas pada tanaman padi dan kapan digunakan

    Suka

  58. Agen pu2k nasa

    Suka

  59. Pak, apa Produk nasa yang tepat untuk tanaman padi?Bgaimana cra penggunaannya?

    Suka

  60. pak saya dari jambi bagai mana saya bisa mendapat kan produk supernasa untuk kebun karet saya …kalu saya pesan sama bapak ,,,,bagai mana caranya…………..

    Suka

  61. sampai ke gorontalo brpa harga per ekor,minimal pesana berapa ekor.

    Suka

  62. malam pak.. maaf ini lagi belajar blog pak.

    Suka

  63. malam pak

    Suka

  64. sudah adakah bahanya nasa untuk membikin pupuk compos,contohnya: seperti e4

    Suka

  65. Seller poc nasa di kota bandung ada ngga pak ?
    mohon alamat lengkapnya,
    Terima kasih.

    Suka

    • coba hubungi akang tasripin abdul kadir, 081809697115

      Suka

  66. bagaimana cara untuk mempermuda jangkauan pemakaian di luar pulau jawa dan memperolehnya

    Suka

    • rizkilaberqy, bergabung saja anda menjadi sitributor nasa, selanjutnya distribusi produk mudah saja . contak saya saja di hp. 081250981098 or email borneonasa@yahoo.com

      Suka

  67. Oya Pak,,Saya berdomisili di Payakumbuh,, apa ada di tempat saya stockis yg jual produk Nasa, sekalian pak alamat yg bisa Saya samperin. Saya sangat berminat tentang Produk NASA,,,, makasih Pak atas informasinya.,,,oya Pak, kapan waktu yg cocok untuk melaksanakan pemupukan atau penyemprotan terhadap kebun coklatnya pak & apakah pemupukan atau penyemprotan itu tergantung iklim ( musim hujan / panas. makasih Pak atas informasinya…

    Suka

    • bayu, saya gak punya jaringan disana mas, silahkan dicari dulu disana kalau gak ketemu juga alternatifnya bergabung via kami atau kami kirim produk dari sini seperti kepada teman2 pengguna produk nasa lainnya yg sudah kami kirim dengan selamat sampai tujuan.
      Pemupukan sebaiknya memperhatikan iklim, namun demikian kapanpun bisa diaplikasikan,

      Suka

      • berpa pak nominalnya klo saya pesan untuk kebun coklat & ayam saya pak?.sesuai yg bapak anjrkan tsb
        ,,,trim’s

        Suka

      • bayu, gunakan power nutrisi 3-6 kg.ha, ayamnya berapa ekor mas ..minimal 200 ekor satu botol viterna…

        Suka

    • Pak,, dah saya cari tpi gak ada pak stokis di tempat saya,, klo saya beli produk yg saya butuhkan sama bapak brapa uangnya pak,,trim:s atas bantuannya

      Suka

      • kontak disini aja mas Bayu 081250981098 atau liat didaftar harga resmi sesuai wilayah anda….

        Suka

      • makasih Pak nopenya dah saya save

        Suka

  68. Pak,sya juga sekarang berternak ayam arab ( broiler ) , perkiraan usia ayam saya bulan depen udah mulai bertelor ,, produck nasa apa yg bisa saya berikan untuk suplemen atau vitamin untuk ayam,,saya,,,,,sekarang saya baru mencoba 200 ekor,,makasih pak

    Suka

    • Gunakan Viterna 1 cc/liter air, cukup 2 kali seminggu saja karena ayam anda sudah bertelur.

      Suka

  69. Pak,,saya memunyai kebun coklat 1 hektar udah berumur 5 thn tpi hsil yg sya dapat gak seberapa,, sekarang buah coklat saya mulai putiknya 50% pada hitam semua, apa ya pak yg bisa saya lakukan & daun coklat klo musim hujam pada kuning semua & dahan mulai ada gejala mati,,batang coklat saya ada 800 btg ,,tlg pak apa yg harus sya lakukan untuk bisa kebun saya menghasilkan maksimal makasih pak ,, sekarang saya jga ada 500 btg yg berumur 6 bln thank ya pak

    Suka

    • untuk coklat yg berbuah gunakan Powernutrition dosis 5 kg / ha mas Bayu, aplikasiakan 3 bln sekali, cegah dan obati serangan jamur tular tanah dengan agens hayati Gliocadium. untuk tanaman yang masih mudah gunakan supernasa dosis 3-5 kg/ha, semprotkan 4 ttp poc nasa + 1 tutup hormonik + 7 ttp pestona dan satu tutup aero sebulan sekali.

      Suka

  70. Saya mempunyai kebun kakao yg sudah berumur 7 tahun, produk NASA apakah yg bisa membuat lebat tanaman kakao saya? dan berapa yang dibutuhkan per hektar?
    Kalao saya menggunakan produk NASA, juga menggunakan pupuk MUTIARA 16-16-16 buatan norwegia berapa ideal/ha untuk penggunaan pupuk mutiara tersebut?

    Suka

  71. Mas,penggunaan TON untuk lele gimana???
    Apa dicampurkan sama POC Nasa,Viterna sama harmonik??
    Atau sebelum bibit ditebar harus menggunakan TON terlebih dahulu? Kemudian berapa hari air tesebut diendapkan setelah di tabur TON??

    Suka

  72. Berapa Rupiah harga pupuk organik padat merk supernasa per kilogram?

    Suka

  73. berapa rupiah harga pupuk organik padat (granul) perkilogram ny ?

    Suka

  74. Saya baru balajar bertani,bagaimana cara aplikasi Poc Nasa,Pop Super Nasa & Hormonik untuk padi sawah yg berumur 30 hst,dan utk wilayah Nagnjuk dimana distributornya PT.NASA?trim.

    Suka

  75. selamat malam pak, apakah produk nasa bisa digunakan untuk tanaman singkong ?

    Suka

    • Sangat Bisa pak Shobarul…

      Suka

    • SALAM KENAL DARI PETANI SINGKONG MEDAN PAK COBA PAKE BIBIT UBI KAYU SAMBUNG DAN PUPUK /JAMU TANAH DARI SIDU MUNCUL HERBAFARM GRANUL DAN CAIR HASILNYA LUAUUUUUUUUUUR BIASA SY SAKSINYA 1 HA DAPAT 185 TON HARGA JUAL RP 470 SELAMAT MENCOBA SEMOGA PETANI UBI KAYU KITA TAMBAH SEJAHTRA SEJAHTRA DAN SEJAHTRA AMIIIIIIIIIIIIIIN WASALAMMM

      Suka

  76. Mau tanya bos….
    1. Berapa POC NASA diperlukan untuk tanaman padi seluas 1ha?
    2. Bagaimana aplikasinya?
    3. Berapa penggunaan PESTONA, GLIO untuk 1 ha sawah?
    4. Bagaimana aplikasinya untuk tanaman padi?

    Suka

  77. pak umtuk dpatkan produk poc nsa gmana saya mukti dari BANYUWANGI

    Suka

  78. saya erwin ns suka dengan program tanya jawab anda, kalau boleh saya juga ingin ikutan bertanya dengan bapak, saya ingin beternak ayam boiler dan saya sudah punya lahan dan kandangnya. bagaimana ya pak cara dari mendapatkan bibitnya, orang yang merawatnya sampai menghasilkan hasil yang maksimal

    Suka

    • erwin, coba ke poultry atau toko sapronak terdekat dokota anda rasanya doc mestinya ada mereka sediakan….atau coba cari perusaahn kemitraan dikota anda. Kemudian soal pekerja/anak kandang yah banyak aja yg mau kerja kan pak…kalau yg dari nol ya sampeanlah yg ngajarin sampai dia bisa…kalau cari yg udah bisa banyak2lah berhubungan dengan peternak di kota anda…..oke…

      Suka

  79. selamat Pagi Pak, saya dari Kota Jambi.
    saya skrg sdg memelihara ikan lele dan saya sdh membeli produk nasa yaitu
    1. POC NASA
    2. VITERNA
    3. HORMONIK
    bagaimana cara menggunakannya????

    Suka

  80. Tolong informasinya tentang cara membuat kandang ayam pedaging atau bowler, saya baru mau berusaha.. saya mohon infonya pak.. terima kasih sebelumnya..

    Suka

  81. boleh minta tolong g??? ku da tugas tentang program SL-PTT. itu yang kacang tanah khan dilakukan di 5 provensi,,, bleh minta salah satu data desa SL-PTT ??? PLEASE ……teruz kendala dan pendukung para petani disana bbwt berpartisipasi dalam SL-PTT pa ya>>>>

    Suka

  82. saya dengan pak bangun dari medan pak, gimana saya bisa mendapat produk nasa di wilayah Medan pak untuk saya pergunakan ke tanaman jeruk diwilayah tanah karo.

    Suka

    • Pak bangun….saya tidak punya jaringan disana…namun coba bergabung dan akan kami bantu untuk memperoleh produk nasa di Gudang Bantu Nasa Medan…tentunya setelah melalui persyaratan terntu diantaranya menjadi Distributor Nasa. Trims….kalau ada no HP akan saya Kontak

      Suka

  83. saya di ketapang kalbar ingin nyari bibit ayam pedaging bpk pnya cabang di kalbar gak,,,,???

    Suka

    • sayangnyua aku baru masarkan bibit broiler sekitar sumatra barat aje Tomecy Tom

      Suka

  84. tapi ok lah…
    berapa jumlah minimumnya ? dan bagaimana cara transaksinya ?
    oh ya pak,, maaf sebelumnya.. saya masih berumur 19th, jadi pantasnya di panggil de/nak, bukan bapak..
    terimakasih.

    Suka

  85. saya memulai bisnis ternak briler baru 6 bulan, dan masalah saya adalah angka FCR yang tingi dan saya membutuhkan penggemuk broiler, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan produk NASA di daerah DAMASY RAJA, SUMATRA BARAT ???
    mohon di jawab segera !!!
    terimakasih.

    Suka

    • Den bagus yth. Silahkan kontak saya di no 081250981098. Mengingat produk nasa dipasarkan secArA berjenjang maka hanya bisa diperoleh pada Distributor NASA….. Didaerah bapak mestinya ada namun karena saya tidak punya jaringan disana jdi gak bisa membantu, namun demikian produk Nasa bisa saja diperoleh melalui saya . Ok saya tunggu contak or sms

      Suka

      • wah… kalau begitu hanya bisa memesan produk dalam jumlah besar saja dongz ????

        Suka

  86. saya memulai bisnis ternak briler baru 6 bulan, dan masalah saya adalah angka FCR yang tingi dan saya membutuhkan penggemuk broiler, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan produk NASA di daerah DAMASY RAJA, SUMATRA BARAT ???
    terimakasih.

    Suka

  87. Slmt siang pak. Sy dri Kec.Kandis di Riau. Adakah produk NASA utk Puyuh dan Kelinci. Kalau untuk Kelapa Sawit, adakah produk NASA? Apakah di Riau ada distributor atau agennya atau dimana sy bisa mendapatkan produk NASA?

    Suka

    • Dear Dona Maulana; Gunakan Viterna untuk Burung Puyuh dan Kelinci….kalau untuk Kelapa sawit yg sudah produksi…3 tahun ke atas gunakan POWER NUTRISI dosis 3-5 kg per hektar 4 bulan sekali. Untuk Riau mestinya ada pak…namun saya tidak bisa membantu krn tidak ada distributor link saya disana….bisa hubungi saya saja untuk penjelasan mendapatkan produk2 NASA…trims…

      Suka

  88. pakde… mohon bantuane gmana caranya ngatasi hama wereng? dari nasa harus pake obat yang mana? maturnuwun Sendi Cepu

    Suka

  89. juragan…mau tanya soal kotoranya…untuk mengurangi bau kotoran yang manjur pakai apa ?…saya udah coba obat yg seharga 180 rb ja g’ da efek…pdahal kalo dilihat dari tinggi kandang hembusan angin sudah sangat bagus..kotoranya kering..tapi baunya itu yg g’ baik…oia 1 lagi..mencegah timbulnya cacing putih pda kotoranya ( set ) gmna ya?..atau untuk pembasmi nya…

    Suka

    • Kalau ayam pake viterna biasanya rada kurang baunya…tapi baunya kotoran memang bau juga sih..coba mas Pakai Ni35..semprotkan pada kotoran seminggu sekali….kalau set biasanya kawan2 menebar furadan aja mas…

      Suka

  90. bapak/ibu saya ingin nnya tentang jgung mnis, tolong bapak/ibu jwab dong..
    1. bagaimana persilangan jagung manis varietas F1 jambore???
    2. apa deskripsi jagung manis varietas F1 jambore???
    tolooooong dong jwab aq dah pusing bget nyariiiinnnya ngax dapet2…
    trimakasih sbelumnya….

    Suka

  91. Selamat malam.,

    bagaimana mendapatkan viterna dan Poc nasa dikota batam tks

    Suka

    • Pak Arminta Wijaya..produk Nasa dan Viterna hanya dioeroleh melalui distributor atau stockis Nasa pak….jadi silahkan dihubungi yang terdekat atau dengan bantuan saya…terimakasih…

      Suka

  92. saya bukan seorang petani tapi saya masuk di jajaran sek.kelompok tani..di daerah kami banyak petani jeruk n tanaman bunga krisan
    Permasalahan yg sekarang timbul :
    Jeruk: Terserang lalat buah..yg menyebabkan buah gugur dan membusuk.
    Krisan: Daun hangus, daun terserang hama yg menyebabkan di daun timbul bentol2.”
    Mohon bantuan dari bpk, n saya tertarik buat memasarkan produk bapak bila cocok buat tanaman yg ad di daerah kami…
    Trima kasih…

    Suka

  93. begini pak,,,saya pemula dalam beternak ayam,,pada minggu 1,,ke 2,,dan le 3,,ayamnya alhamdulilah sehat,,tp pada saat masuk minggu ke 4 ayam itu bx yg kena penyakit ,,tidur berdiri,,dan kena,,flu,,,tlg kasi penjelasan tentng obat dan cara penanggulangannya

    Suka

  94. nama saya edwardt,,saya ingin beternak ayam tapi saya belum ngerti tentang beternak ayam ini.tpi saya ingin beternak ingin membuka usaha sampingan,,,jadi saya minta tolong dulu buat Bapak2 mohon langkah2 beternaknya,mulai dari pemilihan lokasi kandang, cara pengeraman dan pemilihan telur yang bisa dijadikan bibit…terima kasih

    klo bsa jawabannya dikirim ke email saya aza. edwardthotang@yahoo.co.id
    terima kasih

    Suka

  95. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    pak saya adalah petani baru di daerah Trenggalek Jawa Timur, musim tanam kali ini hampir separuh tanaman padi yang ada di daerah kami mati. Hal itu bermula ketika padi berumur 3 minggu. Saat itu padi kelihatan biasa-biasa saja akan tetapi karena curah hujan yang terlalu tiinggi dan sebagian besar sayah tergenang air selama berhari-hari tanaman padi yang ada menguning dan terserang hama. Kami sudah berusaha memupuk dan memberi pestisida tapi tidak ada perubahan. Padi yang kami tanam waku itu jenis Ciherang. Mohon penjelasan dan tolong informasi jenis varoetas apa yang kemungkinan cocok di tanam di daerah kami. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    Suka

  96. ass mas,mohon petunjuk. sy baru jd member di nasa, saya memiliki 17 ha lahan karet tanam 2003.yg baru menghasilkan 3000batang( pernah disisip 3500 batang,besar batang tidak seragam, hasil produksinya sekarang tidak konstan 300-400/mgu. setahun lalu sempat 600kg/minggu, saya pengen mencoba product nasa untuk meningkatkan produksi getah saya… product apa saja yg sy perlukan untuk kebun karet sy ini,apa saja campuran pupuk makronya,bagaimana mengatur takarannya per/ha/btg..bgmn mengaplikasikannya. sy udh lihat video untuk test’ karet,cuma saya bingung masing2 petani kebun beda2 pengaplikasiannya dan beda takarannya. saya mohon petunjuk yg sangat jitu yg lebih manstap.. perlu diketahui sy sudah mempersiapkan,15 sak NPK proska gresik(750kg) dan 10 sak uera (500kg) untuk percobaan 10 ha…kira apa lagi yg perlu sy lengkapi…mohon petunjuk..mohon petunjukk!!! aduhh harga getah lagi turun nihhhhh di tap sel dari 20rb ke 14000..gak tau permainan gak tau gimana…

    Suka

    • Wsalam Bang Siregar…
      Mohon contak saya bang di 081250981098

      Suka

  97. ass, selamat pagi mas.salam kompak selalu,saya mau mencoba pupuk organik nasa untuk perkebunan karet, pupuk organik apa saja yg saya perlukan untuk menaikkan produksi,serta campuran pupuk makronya apa saja, bagaimana caranya, dan bgamn mengatur takarannya…perlu diketahui kebun karet kita luasnya kira2 17ha ada . tanam 2003 ,2005ada yg didsisip kira2 3500 batang karena banyak yg mati, jadi sekarang kondisi batang belum menghasilkan getah semua,pemebesaran batang banyak yg tidak seragam alias tidak merata, kondisi lahan 70 % curam 35. dulu hasilnya sempat 600kg/minggu sekarang2 hasilnya cuma 300-400kg/minggu. tolong solusinya mas… sy sdh mendaftar sebagai anggota,..

    Suka

  98. bos kalo entok diternak dengan metode broiler gimana ya, apakah hasilnya ok, atau ada metode yang lebih efisien ?

    Suka

    • Mas Teguh…boleh juga tuh…tapi aku gak paham soal entok nih jadi gak berani comen…Thanks dah mampir bos…..

      Suka

  99. Kalau saya baca, pemakaian untuk lahan pertanian terutama padi dengan mengunakan Nasa sepertinya tinggi cost nya.
    Kalau saya hitung, Super Nasa yg di anjurkan 250 Kg. juga Nutrition pada pemumupukan ke tiga 250 Kg.
    Sedangkan harga Supernasa Rp.42.500 / 250 gr.
    1 kg= 1000 gr ( 4 botol)=Rp.170.000.
    Kalau 250 Kg yg di anjurkan, berapa yg harus di keluarkan biayanya ????????
    Yang benar aja nih…..

    Suka

    • Rena….waduhhhh kok jadi angka 250 kg per ha ya….aku juga bingung darimana angka itu didapat ..??????
      saya pakai dan anjuran hanya 3-5 kg saja super nasa dan power nutrisi boleh ditambahkan atau tidak untuk pemupukan susulan III, dosisnya juga cukup maksimal di 3 kg. dengan catatan pupuk kimianya dikurangi 50 % . kalau pake 250 kg..wah memang gak masuk akal lah…kecuali memang kelebihan duit nih ha ha ha ha…

      Suka

  100. saya mau nanya gimana ya cara memelihara ayam broiler dan ikan lele?

    Suka

    • wah panjang atuh jawabnya…coba cari di dalam blog ini ada kok….Fitri mau ternak ya….ayo dimulai sambil belajar.

      Suka

  101. Salam kenal..Saya mau menanam padi ciherang dgn menggunakan nasa..tolong panduaannya sejak dari persemaian. Terimakasih

    Suka

    • Mas Aam….salam kenal dan senang mengenal anda…
      wah perminannya mantaps namun panjang banget jadinya eui….lebih baik call saya aja yah…krn saya ingin tahu dimana dan bagaimana kondisi lingkungan tempat tanam padi var. Ciherangnya…sesudah itu kita sesuaikan dosis pemupukannya plus Nasa… Oke…!

      Suka

  102. pak saya baru beternak lele, dan kolam saya baru dibuat secara permanen
    berapa lama saya bisa memasukan bibit lele untuk kolam baru dan bagaimana tips nya pak. karna kolam permanen yg baru gak bisa langsung diisi bibit

    Suka

    • Pada kolam semen atau terpal, maka tidak diperlukan pengolahan lahan seperti di lahan tanah, oleh karena itu perlakuan TON hanya dilakukan setelah isi air. Perlakuan pertama yaitu setelah pembersihan selesai dilakukan, isi kolam diisi air setinggi 20 cm, tebarkan/siramkan TON dengan dosis 1 kg per hektar (satu sendok makan penuh per 100 m2), setelah itu air dibiarkan selama 3 hari, setelah itu diisi penuh untuk keperluan budidaya. Perlakuan berikutnya dilakukan setelah ikan berumur 15 hari dengan dosis yang sama dan diulang setiap 15 hari untuk menjaga kualitas air kolam budidaya.
      Untuk pakan gunakan VITERNA dan POC NASA masing-masing satu botol dicampur menjadi satu, kemudian campuran tersebut ditambah dengan 1 – 2 tutup botol HORMONIK. Sedangkan dosis penggunaannya sama saja untuk semua jenis ikan maupun udang, yaitu 1 tutup botol campuran tersebut ditambah dengan 0,5 sampai 1 liter air yang kemudian dicampur dengan 2 ? 3 kg pakan ikan.

      Suka

  103. apakah nasa mengeluarkan produknya untuk penyakit sawit seperti busuk pohon .
    terima kasih

    Suka

    • Gunakan saja Glio, semprotkan 2 sendok makan Glio plus 2 sendok makan gula pasir, aplikasikan sore hari jam 16.00 keatas…

      Suka

  104. pupuk apa aja yang bs mebasmi jamur?

    Suka

    • Bukan Pupuk namun Agen hayati Gliocadium mampu mengatasi Jamur Fusarium dll.

      Suka

  105. dimana tempat2 yang bisa beli obat2an super nasa,poc nasa dll.(wilayah kabupaten tegal).

    Suka

    • Ass. Mas M. Hoji….
      Produk nasa dipasarkan secara jaringan/mlm sehingga bisa diperoleh di setiap distributor Nasa, sayangnya saya tidak memiliki info maupun jaringan di kota tegal sehingga tidak bisa membantu. atau saya sarankan bergabung saja dulu via siapa saja dan bisa lewat saya produk bisa dikirim dari jogja atau kalimantan. kontak saya/sms saja nanti kami jelaskan.
      Matursuwun…

      Suka

  106. saya mau nanya.poc nasa,super nasa kok di slawi (kota slawi kab.tegal ) kok da ada dikioas obat pertanian.

    Suka

  107. Sya pakai nasa utk tanaman bawang merah.lmyan bs menghemat pemakaian pupuk kimia walopun hasil panen blum meningkat.

    Suka

    • Semangat pagi mas Imam….pantang mundur terus berkarya…moga panennya tambah banyak yah Gan….

      Suka

  108. I have browse through several of the reviews on your website at this moment. And I really like the way you write. I had it to my bookmark and will also be coming back soon. Please visit my website too and tell me how you feel.

    Suka

  109. [...] wongtaniku<br. RACHMAD WIDODO [...]

    Suka

    • Sorry telat, udah kupasang link nya…..thanks mas Ugang…

      Suka

  110. link wongtaniku udah saya pasang dengan nama wongtaniku cari di link sahabtanya ya,,link juga blogku ya,,

    http://yoyon12.wordpress.com

    Suka

  111. Bisa via saya mas eko, karena saya gak punya jaringan dirembang….

    Suka

  112. tolong dijawab saya posisi di rembang

    Suka

  113. dimana saya mendapat produk nasa

    Suka

  114. Pak Azam di Riau Pakan Baru masuk wilayah II harganya 47.500, untuk mendapatkan potongan harga sekitar 20% jadilah distributor nasa pak…. Bisa dilihat di halaman harga di blog ini

    Suka

  115. Saya peternak ayam dipekan baru (riau)
    saya tertarik dengan VITERNA,
    bagaimana saya bisa mendafatkan produk itu dan harga nya berapa per botol nya.

    TERIMKASIH

    Suka

  116. Ton, tambak organik nusantara untuk terapi air kolamnya mas, poc nasa, viterna plus hormonik bisa dicampur dan ambil satu tutupnya dikasi air sedikit campurkan rata untuk 5 kg pakan, biarkan beberapa menit setelah itu taburkan dikolam.
    Ikan semakin sehat dengan kondisi nafsu makan yang baik mas, semua ada di vcd kompilasi ikan.

    Suka

  117. apa saja produk nasa yg dipakai utk ikan gurame dan mohon penjelasnya ?

    Suka

  118. Halo pak. Saya lagi mau berusaha kelapa sawit,hanya saya masih minim pengetahuannya..kondisi tanah sy Ph= 4,5 – 5, tanah gambut, dan kalo pasang hampir selutut.yg hendak saya tanyakan:
    1. Saya baru selesai nanam bibit umur 1thn 3bln, (sudah sebulan tertanam) kira2 langkah apa yg saya tempuh selanjutnya bila menggunakan produk nasa? Kalau NPK 16:16 bisa dipake tidak utk umur bibit sy yg baru d tanam ini?

    2. Apa bermanfaat bila d dolomit pak? Berapa dosis,dan apa sudah waktunya d dolomit (sudah sebulan tertanam)

    Trimakasih pak atas arahannya,tolong kalau ada tambahan2,d beritahukan k saya supaya hasil bisa maksimal…makasih

    Suka

  119. Terima kasih pak atas tanggapan nya.
    Pak bagaimana caranya supaya saya bisa sesegera mungkin mendapatkan produk Nasa ? karena saya masih belum menemukan distributornya.
    Terima kasih

    Suka

  120. Bapak Prabowo, Selamat siang dan salam kenal juga. Senang bisa mengenal bapak.
    Poduk nasa untuk Lele yang bisa digunakan adalah Viterna dan Poc Nasa untuk menambah nutrisi pada pakan, ikan akan menjadi baik nafsu makannya dan nutrisi pakan terserap sempurna sehingga pertumbuhan ikan/lele lebih bagus. Sementara Tambak Organik Nasa (TON) untuk perlakuan pada air kolamnya agar membantu mengurangi dampak keracunan akibat kotoran ikan, menumbuhkan pakan alami dikolam dll. Untuk lebih detail ada vcd kesaksian para pekolam lele pak…
    Distributor di malang saya pikir banyak pak sayang saya tidak tau karena tidak punya jaringan disana, sedangkan asal orang tua saya juga dari malang selatan.
    Khusus untuk lele jujur saya tidak menguasai tapi bisa saya bantu bila bapak bergabung dengan nasa nanti bisa menghubungi Teknical Servis Nasa khusu perikanan.
    Demikian pak, nanti saya coba tambahkan via email bapak

    Suka

  121. Selamat Malam dan salam kenal.
    Saat ini saya mulai mencoba ternak Lele, dan yang menjadi kendala adalah masalah pakan.
    Ada beberapa pertanyaan yang akan saya tanyakan
    1. Apakah ada Produk Nasa yang bisa digunakan di Pengembangan usaha Lele ini.
    2. kalau memang ada, apakah ada distributor di daerah Malang ( Jatim )
    3. Apakah Bapak juga menerima pertanyaan yang lebih detail mengenai usaha peternakan ikan Lele tersebut.
    Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih

    Suka

  122. salam kenal, sudilah kiranya bp membagi ilmunya, sy slah satu petani jeruk, saya punya permasalahan dengan buah jeruk. Bagaimana mengatasi buah jeruk supaya tidak pecah n rontok,makasih

    Suka

  123. Salam kenal kembali Rusla, sukses selalu dan senantiasa sehat buat anda dan keluarga di Maluku Utara Ternate

    Suka

  124. salam kenal pak, dr Maluku Utara Ternate.

    Suka

  125. Halo mas edy, tuk lengkeng gunakan power nutrirsi dan semprotkan poc nasa dan hormonik insya Allah berbuah. Jawaban satunya ada via email

    Suka

  126. Mas tanya lagi ya…, aku alergi pupuk kandang, apakah ada cara bercocok tanam tanpa menggunakan pupuk kandang, bagaimana caranya, ( Produk NASA apa saja yang dipakai),…trims ..

    Suka

  127. Pak nanya, produk apa dari nasa agar tanaman lengkeng saya dapat berbuah.
    Persoalannya saya mencangkok dari pohon (lengkeng)yang berbuah lebat, setelah tiba saatnya saya potong dan saya tanam dihalaman rumah saya, sekarang tumbuh subur hampir 2 tahun, tetapi tidak berbuah seperti induknya.
    Mohon petunjuk, trims.

    Suka

  128. Halo Pak Anton,,,senang mengenal anda dan terima kasih sudi berkunjung diblog yg sederhana ini.
    Jawaban pertanyaan bapak sudah saya jawab via email

    Suka

  129. Salam kenal mas,

    Saya petani kelapa sawit di daerah sumatera selatan, tepatnya di muara enim. Saya tertarik untuk beralih ke produk pupuk organik mengingat harga Pupuk Kimia sekarang melambung.
    Tolong dijelaskan cara pemakaiannya ( POC NASA ) untuk tanaman sawit, dimana bisa didapatkan POC Nasa di daerah saya.

    Terima kasih

    Suka

  130. Halo mas Andrio..perlu diingat saya bukan TS Nasa lho ya..blog ini juga hanya memperkaya dan sarana saya berinteraksi dengan sesama petani yang menggunakan nasa…jadi berdasarkan pengalaman coba saya tuangkan disini.
    Dosis yg mas tulis sudah tepat kok…apalagi dari PT nasa yg notabene dari Teknical servis yg memiliki integritas yg baik dibidang masing-masing. Untuk karet aku belum banyak punya referensi mas hanya satu petani yg menuturkan pengalamannya dan untuk itupula aku terjun tanam karet seluas 2 ha namun umurnya baru 1 tahun sehingga kelak aku bisa lebih mengerti tenang perkaretan.
    Reaksi pada tanaman keras secara visual dapat dilihat 2 mingguan dengan perubahan pada daun yg lebih hijau dan mengkilat, namun pada produksi latek butuh waktu lebih lama sesuai sejarah pemupukan dan kondisi tanahnya. namun pada komoditi kelapa sawit….saya punya kawan2 petani maniak nasa…karena 3 tahun sudah aplikasikan nasa terus menerus dan hasilnya memang sangat baik terbukti dengan terulangnya order mereka secara rutin.
    Demikian mas tanggapan saya, terus mencoba dan amati saya yakin karetnya akan berbeda…

    Suka

  131. Bapak /Ibu yth,

    Apakah aplikasi/dosis yang saya gunakan untuk tanaman karet sebagai berikut sudah sesuai dengan anjuran PT.NASA

    POP 6Sendok makan
    POC 2Tutup botol POC NASA
    NPK 5 Gelas
    AIR 16 Liter

    1 pohon karet 2 liter jadi saya sudah pupuk 8 pohon karet

    Saya harapkan informasi dari Bapak dan Ibu

    Terima kasih

    Suka

  132. Salam hormat,

    Pertama saya semprot BVR seminggu kemudian pakai pestona 2 minggu kemudian
    Saya memberikan POP 1 Botol di tambah POC 1 Botol Air 50 L untuk 25 POHON KARET dengan cara di disiramkan 1 pohon 2 Liter

    Kemudian saya berikan PUPUK 161616 +TE

    Tiap pohon saya siramkan 2 Liter per Pohon tetapi kenapa getah nya tidak meningkat tetap 20 KG per 6 hari Luas kebun 2 ha 800 pohon karet

    Apakah cara aplikasi yang saya buat salah?

    Note: Selama 1 bulan hasil getah tidak meningkat. Produksi Getah 6 hari cuma 20 KG

    Suka

  133. Pertama saya semprot BVR seminggu kemudian pakai pestona 2 minggu kemudian
    Saya memberikan POP 1 Botol di tambah POC 1 Botol Air 50 L untuk 25 POHON KARET dengan cara di disiramkan 1 pohon 2 Liter

    Kemudian saya berikan PUPUK 161616 +TE

    Tiap pohon saya siramkan 2 Liter per Pohon tetapi kenapa getah nya tidak meningkat tetap 20 KG per 6 hari Luas kebun 2 ha 800 pohon karet

    Apakah cara aplikasi yang saya buat salah ?

    Suka

  134. Salam kenal…

    Suka

    • Trims mas dah mampir ke blog sederhana ini….salam kenal kembali…

      Suka

  135. salam kenal bapakAry… mo nanya…produk nasa ada yg pernah nyoba pd ayam petelor blm pak,,,slama ini yg saya coba msh pd tanaman pepaya dan kakao..hasil nya sangat tidak mengecewakan.hebat bgt

    Suka

  136. untuk ptoduk natural glio dijelaskan sebagai hiperparasit yang menjadi saingan pathogen dalam hal tempat dan nutrisi, klau begitu natural glio ini mendapatkan nutrisi dari mana? apa tidak malah menjadi saingan ama tanamannya dalam hal mendapatkan nutrisi?

    Suka

  137. Mohon informasinya ya Pak, saya membaca artikel mengenai berkebun durian dan jenis pupuk nasa yang dipergunakan. yang ingin saya tanyakan apakah ada dampaknya jika setelah pada ketinggian tertentu 4-5 meter saya memotong pucuk daun pada pohon durian? apakah hal itu akan membuat pohon tersebut tidak bertambah tinggi?

    terima kasih untuk informasinya.

    Suka

  138. salam kenal… mohon petunjuk nya donk tentang sawit… brp lama jangka waktu pemupukan bibit dari awal penyemaian dan pupuk2 jenis apa aja yg harus digunakan… tq

    Suka

  139. Semangat pagi !, Halo mbak Nia…2 kwintal gabah/200 kg gabah kering panen atau kering giling ya? anggap saja sudah kering giling atau siap giling dengan kadar air 13%…kalau kualitas gabahnya baik seperti bila pake Pupuk Nasa maka rendemennya antara 70-73 % seperti yg saya alami. Kalau Gabah mbak kita anggap saja 65% renmennya maka hasil berasnya dari dua kwintal jadi 130 kg saja, jadi bila di bagi dua ya hanya 65 kg aja bagiannya…mgkin maksut mbak nia itu 2 ton ya…kok hasilnya cuman 2 kwintal??? berapa luasannya mbak…?

    Suka

  140. saya mempunyai pertanyann tentang hasil sawah. Saya mempunyia sawah yang menghasilkan 2 kwintal gabah, saya mau menanyakan berapa kira kira beras yang dihasilkan?( karena ada seorang petani yang mengolah sawah saya dan kami membagi 2 hasil tersebut) hasil beras yang saya terima dari satu kwintal gabah bagian saya setelah digiling adalah 500 kg, apakah ini normal karena berari berat sekam yang terbuanga dlaah sama dengan berat beras yaitu 500 kg.
    terima ksih

    Suka

  141. Oke mas..salam kenal maaf telat nih…

    Suka

  142. salam kenal
    tukar link ya.. :)

    http://ultimaswari.wordpress.com/

    Suka

  143. bagai mana tmpat pemeliharaannYa, suhunya, tmpat penjualannya!

    Suka

  144. Salam hangat mas hery, terimakasih banget dah mau mampir diblog sederhana ini mas…nasa punya jadwal tetap pelatihannya di kantor pusat di Jogja sedangkan didaerah dilakukan oleh leadernya dan berkala akan ada kunjungan TS nasa untuk pertemuan/pelatihan..silahkan juga kunjung situs http://www.naturalnusantara.co.id
    Webnya mas hery luar biasa, semoga kian lestari indonesia ini karena pejuang2 gigih seperti mas dkk. Sukses mas…

    Suka

  145. slam kenal mas,
    saya mau tanya NASA mengadakan pelatihan secara periodik atau spontanitas saja, maaf ya mas kalo memang ada jadwal boleh saya tahukan. saat ini saya sedang mengembangkan field School juga di Aceh bersama teman-teman, jadi salah satu capacity buildingmya mengirimkan relawan-relawan kita untuk pelatihan juga sekalian membuka wawasan.
    lestari mas!

    Suka

  146. Halo Pa Zainudin, mohon maaf saya gak punya data dipekalongan namun mestinya ada namun jika bapak ingin bergabung via saya ok semoga saya bisa bantu…

    Suka

  147. saya sangant tertarik dengan produk nassa, terus dimana saya bisa mendapatkan produk tesebut.mohon nama dan alamat distributor di wilayah pekalongan

    Suka

  148. Boleh mbak tapi saya bukan seorang yg ahli lo ya jadi jawabane gak sebaik yg diharapkan he he he. No HP ada di Profile tuh….sukur kalau mau gabung sama nasa nih nambah temen nambah rejeki.

    Suka

  149. PAK, MINTA ALAMT DAN NO HP DONK. SAYA INGIN KONSULTASI LANGSUNG. APA BOLEH?.

    Suka

  150. Salam Pramuka……!!!

    Lam kenal… maju terus dan selalu kembangkan usaha Pertaniannya, trms karna dah add situs kami, semoga bermanfaat… oych Simpan ych Link kami :

    Suka

  151. Salam kembali pak tasripin, waduh…kalau udah umur 60 hari kena serangan tikus ampun deh pak saya juga kadang mengalaminya, saya hanya melakukan pengendalian sebelum umur tersebut, saat olah tanah saya sebar racun tikus aja pak dan hasilnya lumayan banyak yang mati…bila masih diserang biasanya gak banyak lagi dan lingkungan pertanaman padi kita harus tetap bersih pak. Kami tidak punya pestisida khusus untuk tikus pak…jadi aku tidak bisa cerita nih…..mohon maaf njeh.

    Suka

  152. Salam, Pak tanaman padi saya yang berusia 60 hari terkena serangan hama tikus. apa yang harus saya lakukan dengan produk pestisida bapak. mohon pencerahannya pak.

    Suka

  153. Halo mas Iwan, yah masalah durian anda banyak yang alami juga tuh termasuk lengkeng saya dalam pot drum, kata kawan-kawan karena panas ekstrim dan kuamati bukan juga karena jamur…aku sih hanya kasi itu tanaman pupuk yang aku kocorkan, 1 sendok supernasa plus 3 sendok NPK Mutiara 16-16-16 2 minggu sekali, trus aku semprot aja dengan poc nasa dan hormonik setiap minggu yah alhamdulillah kini membaik, jika kasus tanamanku itu kembali seperti itu aku akan ganti mediannya, nah durian mas iwan coba aja kasih pupuk dan siram air yang cukup ya…semoga berhasil. Kalau temanku dan seperti yang aku lakukan. teduhkan atau naungi aja sambil dipupuk dan disiram….buktinya lengkeng kita hijau kembali…wah disampit luar biasa panasnya kemarau ini.

    Suka

  154. tanaman durian montong saya tinggi 2mtr sekarang kena penyakit daun mulai kering dari ujungnya lama kelamaan keringnya menjalar sampai setengah daun dan akhirnya rontok, pertama hanya beberapa daun dan sekarang hampir semua daun. bagaimana cara pencegahan /pengobatannya, mohon saran dan petunjuk trims

    Suka

  155. Hallo pak Robby…yang merasa sebagai petani tidak akan pernah bingung yg bingung bila gak bisa sampaikan dengan baik ke petani, petani tinggal pilih aja mau pake yg mana sesuai teknis budidaya dan hasil yg ingin mereka capai dan selama ini it’s oke tak ada keluhan. Nasa adalah produk akgrokomplek jadi tidak hanya tanaman untuk hewan dalam hal ini ternak juga ada dan justru reaksinya cepat sekali terlihat, soal berani tidak berani itu relatif, kalau sekedar membuktikan ini organik ya banyak yg sudah minum termasuk saya, yg mencampurkan power nutrisi dgn kopi saat kelelahan he he he…tapi bahan dr pupuk organik nasa diantaranya kan dari saripati tanaman dan pupuk kndang dll. jadi yah gak kita sarankan untuk diminum alias tidak patut lah…tapi bila Pak Robbi bergbung ayo sama-sama kita minum he he he karena ada beberapa kasus justri nafsu makan nambah lo….trims dah mampir ya…

    Suka

  156. Koq banyak buanget ya jenisnya,apa para petani nggak malah bingung pakainya,trus bisa diminum ke hewan nggak?manusia bisa minum nggak?
    Kalo bisa diminum manusia khan artinya tidak ada bahan kimianya…anda berani minum produk ini nggak?

    Suka

    • pak saya mau tanya, apakah kalau sedang
      berbuah pohon mangga boleh di potong daunya? soalnya terlalu rimbun. makasih

      Suka


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: