Oleh: Ari Sampit/wongtani | 31 Juli 2009

Pertanyaan Seputar Kelapa sawit

PERTANYAAN     :

Bagaimana aplikasi produk NASA jika disemprotkan pada bibit sawit dan sawit dibawah 2 tahun?

JAWABAN            :

Untuk penyemprotan di pembibitan gunakan POC NASA 4-5 tutup dan HORMONIK 1 tutup per tangki merata . dan untuk tanaman TBM disemprotkan per tangki untuk 10-15 tanaman

PERTANYAAN     :

Kelapa sawit produksi sudah lama tidak dipupuk/ diurus, dosis NASA berapa dan efek berapa lama?

JAWABAN            :

Melihat kasus diatas sebaiknya aplikasi pupuk yang ideal adalah 3,5 – 5 kg SUPERNASA atau POWERNUTRITION dan dengan NPK atau pupuk makro majemuk dengan dosis rekomendasi dari dinas pertanian setempat dengan cara ditaburkan (jika kadar air tanah cukup) atau dikocorkan jika tanah kering dengan air 5 liter per pokok.Efek pupuk bagi tanaman dipengaruhi antara lain oleh kondisi keasaman tanah, kadar air tanah, genetika tanaman , sejarah pemupukan lahan dll. Untuk pengalaman untuk tanaman sawit pengaruh pemupukan akan tampak antara1-4 bulan tergantung kondisi stress tanaman tersebut.

PERTANYAAN     :

Dosis , cara dan waktu aplikasi prod NASA untuk sawit yang sudah berbuah?

JAWABAN            :

Dosis ideal 3,5-5 kg POWER NUTRITION per 4-6 bulan sekali , diawal musim hujan dan diakhir musim hujan, dengan cara dikocor, atau ditabur ke piringan (bersama atau tidak dengan NPK).

PERTANYAAN     :

Bisakah memupuk sawit dengan POWER tanpa menggunakan air?

JAWABAN            :

Prinsip memupuk agar bisa diserap oleh tanaman adalah ketersediaan air ditanah (kadar air dalam tanah). Jika tanah cukup lembab , efisiensi pemupukan Makro ataupun dengan POWER akan cukup tinggi, sebaliknya jika kadar air tanah sangat rendah (karena kemarau panjang) sebaiknya pemupukan dengan system pengocoran atau menunda pemupukan dahulu.

PERTANYAAN     :

Bagaimana komposisi produk NASA terbaik untuk tanaman sawit produksi yang ditanam ditanah rawa (rendahan) ?

JAWABAN            :

Gunakan SUPERNASA 2,5 kg dan POWER NUTRITION 2,5 kg per hektar per 6 4-6 bulan sekali

PERTANYAAN     :

Berapa pengurangan pupuk makro yang “aman “jika sudah menggunakan POWER NUTRITION 3,5 – 5 kg per hektar per 6 bulan?

JAWABAN            :

Pengurangan sebaiknya maksimal 50% dari dosis rekomendasi setempat.

PERTANYAAN     :

Berapa persen kenaikan Kelapa Sawit yang menggunakan Produk NASA?

JAWABAN            :

Perlu ditekankan bahwa yang berpengaruh terhadap peningkatan produksi bukan hanya produk NASA saja, namun banyak faktor lain termasuk pupuk Makro, air, genetis tanaman, hama penyakit, iklim,sejarah lahan, dll. Pengalaman berkisar antara 25% bahkan ada yang 150%.

PERTANYAAN     :

Apa keistimewaan produksi sawit yang telah menggunakan produk NASA POWER NUTRITION?

JAWABAN            :

Berbuah lebih kontinyu/ tidak terlalu mengalami trek buah seperti halnya tanaman sawit umumnya, ekstraksi lebih tinggi,berat janjang lebih berat, umur produksi lebih panjang, tanaman lebih cepat dewasa.

PERTANYAAN     :

Tanaman sawit kuning di rawa bagaimana aplikasi dengan prod NASA?

JAWABAN            :

Untuk mengatasinya harus bersama2 lakukan teknis sebagai berikut :
Buat parit parit drainase, bersihkan piringan dan rintis, lakukan pemupukan dengan dolomit , lakukan pemupukan 1 bulan setelah aplikasi dolomit dengan pupuk TSP/SP36, atau pupuk NPK/MAKRO, yang dicampur dengan SUPERNASA yang memiliki daya kerja terbaik sebagai pembenah tanah.

Sumber : www.naturalnusantara.co.id


Tanggapan

  1. PT. BASMAA KURNIA UTAMA

    JUAL :

    1. PUPUK DOLOMITE
    2. CALCIUM CARBONATE CaCo3 POWDER
    3. QUICK LIME/KAPUR TOHOR CaO POWDER
    DAN BINGKAHAN
    4. HYDRATED LIME Ca(OH)2

    HUBUNGI :

    ‭+62 822 11855757‬, +62 853 2947 5858

    Suka

  2. Kenapa buah sawit saya pada rontok ya pak. Padahal buahnya masi muda. Ad yang satu pohon, buahnya hampir rontok semua.

    Suka

  3. knpa prkmbngn sawit d tanah rawa lambaat prkmbngnnya,pdhal sistem pungguh atw tapak kuda sdh saya lakukan.

    Suka

    • Pak Ronny, Naikkan PH tanahnya pak, dengan pemberian dolomit dll. setelah itu aplikasikan pupuk NPK plus Supenasa dan powernutrisi,

      Suka

  4. knpa sawit lama prkmbngannya d tanah ber rawa,smtara tapak kuda sudahtnggi saya buat.mohon pnjlsannya.

    Suka

  5. mengapa sawit tidak berbuah,padahal pohonya sudah besar.

    Suka

  6. mengapa sawit tidak berbuah,padahal sudah besar.

    Suka

    • Banyak sebabpak, asal ususl bibit, sejarah pemupukan 9perawatan)….coba di share fotonya pak di facebooksaya

      Suka

      • nanti besok saya foto dulu trima kasih atas partisipasinya…

        Suka

  7. saya menggunakan pupuk slowrelease, bagaimana dengan aplikasinya? untuk sawit TM 3 tahun berapa yang harus saya siapkan produk NASA untuk per hektarnya (143 pohon)? matur nuwun

    Suka

    • Mas Budi S, Gunakan Power Nutrisi dosis 3 kg – 5 kg per Hektar, uapayakan sistem pemupukannya di siramkan/kocor kalaupun itu susah campurkan saja Power Nutrisi dengan pupuk Makro dan taburkan, lebih baik 4 bulan sekali min 6 bulan sekali.

      Suka

      • baik pak. terima kasih utk advisnya. kalu untuk merangsang pembentukan bunga betina pada sawit yg bukan sawit laki-laki pakai hormon dari Nasa apa?

        Suka

      • Pak Budi S. Bisa Gunakan Power Nutrisi saja pak dosis 3-6 kg/ha. Didalamnya semua unsur hara makro mikro dan hormon sudah ada, namun demikian bisa juga ditambahkan aplikasi Hormonik dan poc nasa,

        Suka

  8. bagaimana penanganan bibit sawit yang masih berada dalam polybag sementara umur sawit sudah lebih dari 2 th, pemupukan terakhir dengan NPK mutiara campur garam

    Suka

    • Pak JOn…maaf telat…he he he… saya bukan pelaku di sawit pak namun demikian banyak teman pekebun sawit, sayang sekali sampai bibitnya umur 2 tahunan nih, walau juga masih banyak yg kejadian seperti itu dan tetep ditanam dan biasanya lebih aman dari hama babi kata kawan2. Bila bibit umur dua tahun dan akar sudah tembus polybag…logikanya saya mesti aplikasikan Pupuk Organik Cair Nasa plus Hormoniknya, semprotkan saja 2 minggu sekali atau minimal sebulan sekali. Untuk pemupukan di medianya bisa gunakan supernasa saja yg dicairkan dengan NPk mutiara dan disiramkan pak. Dosisnya satu sendok makan super nasa dan segenggam NPK mutiara (yaramila) campurkan sepuluh liter air dan siramkan setengah liter campuran per bibit cukup lah…nah ini saran saya..namun demikian silahkan disaring sesuaikan pengalaman anda dan kondisi setempat. terimakasih

      Suka

  9. minimal perhektar sawit yg udah jadi menghasilkan berapan sekali panen

    Suka

  10. Salam kenal mas Ivan Hafid; semoga tesisnya lancar…Jujur saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik karena latar belakang saya bukan di perkebunan namun di Tan.Pangan dan Hotikultura…saya hanya berinteraksi dengan para petani sawit yang menggunakan produk NASA dalam memperbaiki asupan nutrisi sekaligus perbaikan kondisi tanahnya, dengan hasil yang sangat memuaskan mereka yang tentunya dengan keberanian mencoba dan rutinitas pemupukan yg mereka lakukan, jadi menurut mereka penambahan Super nasa, Power Nutrisi, Poc nasa dan Hormonik jauh meningkatkan ferforma sawit dan kualitas panennya…sedangkan curah hujan sangat berpengaruh karena bila musim kemarau produksinya jauh menurun…atau mereka bilang trek…namun pengakuan petani yg memakai produk nasa trek tidak terlalu parah alias masih bisa panen…demikian mas..maaf kalau tidak memuaskan anda..trims

    Suka

  11. Salam Pa, Saya sedang menyusun tesis untuk studi ttg sawit, sebagai bahan dasar penelitian Saya, kalo boleh Saya ingin menanyakan:

    -seberapa persen pengaruh faktor curah hujan dan pemupukan terhadap produksi klp sawit, dan mana yang lebih berpengaruh/besar pengaruhnya?

    Sebelumnya terimakasih Pa, smoga ilmu2 bapak banyak dimanfaatkan semua orang, dan menjadi berkah.

    Suka


Tinggalkan komentar

Kategori