Oleh: Ari Sampit/wongtani | 4 Januari 2009

Yok Rendam Benih Padi

Siapkan Benih Padi Tuk disemai

Siapkan Benih Padi Tuk disemai

Musim Tanam Oktober 2008 dan Maret 2009 ini kami menanam varietas Ciherang dengan kelas benih BD ke BP,  kenapa Ciherang?…. karena varietas ini sudah adaptif dengan kondisi lahan kami, dan sudah ditanam sejak tahun 2002, juga terbukti produksinya tinggi gak rewel lagi he he he….

Nah anak-anak SPMA ini sedang membersihkan benih yang tidak bernas, caranya cukup direndam air saja (ssst… gak pake garam seperti yg dianjurkan), terus di obok -obok dah, kotoran yang mengapung dibuang aja dan yang tenggelam tetap dalam bak air tersebut.  Setelah itu siapkan air tuk merendam benih namun terlebih dahulu Campurkan Dua Tutup POC Nasa dan satu Tutup Hormonik pada air rendaman untuk merendam benih 30 kg.  tuangkan aja air tersebut kedalam bak dan tunggu 24 jam baru diangkat dan diperam.

Sambil nunggu benih berkecambah  kami menyiapkan bedengan persemaian, kami bikin sesuai kebutuhan menghadap timur barat dengan kondisi lahan yang drenase airnya mudah diatur agar kecambah tidak tergenang air sebelum waktunya.  Tips kami, jangan lupa semprotkan air sisa rendaman benih tadi rata dipermukaan bedengan persemaiian….hasilnya buktikan aja sendiri ha ha ha ha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: