Oleh: Ari Sampit/wongtani | 15 Oktober 2009

OPEN HOUSE MT II 2009 BB PADI

ANTISIPASI DAMPAK ELNINO DENGAN TANAM

VUB SANGAT GENJAH

Open house MT II 2009 di BB Padi yang akan diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2009 ini merupakan agenda kegiatan tahunan sebagai kelanjutan dari open house tahun-tahun sebelumnya yang diadakan setiap musim menjelang panen. Sesuai perkembangan dan permasalahan hambatan dalam peningkatan produksi padi akibat perubahan iklim global khususnya ancaman kekeringan sebagai dampak Elnino, maka Open House untuk musim Tanam II 2009 ini BB Padi akan memamerkan tampilan berbagai invasi teknologi peningkatan produksi padi mengantisipasi dampak El-Nino dengan menanam Varietas Unggul Baru Padi yang berumur sangat genjah.

VUB Padi umur genjah, sangat genjah adalah salah satu inovasi teknologi alternatif yang dihasilkan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, sebagai upaya percepatan peningkatan produksi padi untuk mengatasi berbagai ancaman terhadap ketahanan pangan nasional. Digelar selama 3 hari dan untuk MT II ini akan banyak diwarnai acara-acara yang lebih apresiasi terhadap kepentingan dan permasalahan stake holder, pengguna dan petani. Seperti pada acara hari pertama Senin 19 Oktober selain pameran juga diselenggarakan Temu Bisnis, Lomba Diversifikasi produk beras juga pemberian sampel benih VUB kepada petani/pengunjung. Begitu juga jadwal hari kedua, Selasa 20 Oktober 2009 Open House juga diisi dengan Seminar Hasil Penelitian, Lomba Budaya Tani dan pembagian sampel benih VUB. Pada hari ketiga Rabu, 21 Oktober sebelum penutupan Open House akan dihiasi dengan acara temu teknis penyuluh dan petugas lapang.

Pameran Lapangan Out-door

Pengunjung Open House dapat menyaksikan secara langsung dan berdiskusi dengan peneliti BB Padi di areal percobaan di lapangan yang disuguhkan seperti Laboratorium lapang SLPTT, Demonstrasi perbanyakan benih BS, FS, Pertanaman plasma nutfah padi, demonstrasi padi rawa, demonstrasi galur-galur padi umur sangat genjah OM 2395, OM 5240, Om 1490,Om 4495, Inpari 1, Silugonggo, Dodokan, Situ Bagendit, BP1808, BP1352, BP 1178, BP1146, IR6510, IR71146, S4616, pemupukan jangka panjang, serta berbagai inovasi teknologi padi terkini yang telah dihasilkan oleh BB Padi. Selain itu pada Open House yang akan digelar 19-21 oktober 2009 dan dibuka pukul 09.00-15.00 wib, pengunjung dapat menyaksikan demonstrasi pertanaman varietas-varietas unggul padi sawah yang baru dilepas tahun 2008-2009 serta pertanaman IP Padi 400 yang pengujiannya sudah menginjak pada MT III, pertanaman MT II telah dipanen, yaitu varietas padi umur sangat genjah Silugonggo dan umur genjah Ciherang. Diujung areal demonstrasi pengunjung dapat menyaksikan demonstrasi pertanaman padi sawah tahan kekeringan, pertanaman padi gogo tahan naungan, serta Sistem Integrasi Padi dengan Ternak (SIPT) dengan proses pengolahan pupuk kompos dan biogas.

Pameran In-door

Open house yang dibuka bagi petani pengguna teknologi dan masyarakat umum ini selain menyajikan informasi teknologi padi yang terbaru dalam bentuk panel poster tempel, display produk di stand pameran in-door juga dibuka bagi pengunjung yang berminat untuk melihat secara dekat dan berdiskusi di laboratorium analisis flavour beras, laboratorium hama & penyakit, laboratorium tikus, prosesing benih FS, BS. Bagi yang berminat untuk membeli benih kelas BS maupun kelas FS dapat berhubungan dengan petugas di UPBS. Selain itu Kopkarlitan sebagai koperasi unit usaha juga menyediakan beras murni, saprotan , benih pokok (BP) benih sebar (ES). Bagi pengunjung yang ingin beristirahat di BB Padi, tersedia Agro Widya Wisata dengan kolam burungnya yang berada di dekat komplek penginapan. Disamping informasi teknologi padi, para pengunjung dapat juga beristirahat menginap di mess BB Padi dengan berbagai kelas dan fasilitas. Selamat datang di Open House BB Padi, MT II 2009 (Bambang Sri & Priatna Sasmita)

Sumber : BB Padi


Responses

  1. Ide yang bagus mas Aziz…cuman memang butuh waktu dan kemauan menulis…aku termasuk yg agak males terbukti lama tidak ku update blogku ini maklum pekerjaanku numpuk ngurusin padi, palawija dan hortikutura di sampit pak…memupuk sawit judul bagus…karena nasa masih sedikit yg pake tuk sawit karena alasan cara aplikasi yg sulit tuk lahan yg luas mas…

    Suka

  2. makasih info-nya
    kami sendiri punya idea buat blog dengan nama awal sawit atau pupuk sawit, atau mungkin nama karet. pemikiranku dengan nama tersebut atau komediti tertentu insa’allah banyak yg akses untuk mengetahui potensi dengan produk nasa. klau pak ari ada waktu bisa buat blog komoditi.
    maklum klu yg buat kami masih memakan waktu yg lama. padahal sekarang mulai musim hujan yg cocok utk memupuk sawit.
    trim’s
    wassalam

    Suka

  3. halo pak aziz, mhn maaf saat ini sedang dibandung nanti kita bahas yah…aku buat sendiri blog yg sedeehana ini dgn belajar dari internet pak…ada tuh klik aja botingkoblog dan fatisuhud…selamat berkarya klu ada pertanyyan moga bisa aku bantu pak

    Suka

  4. Halo pak aziz, soal bikin wordpress saya sepenuhnya belajar secara otodidak dgn melihat tutorial di berbagai situs seperti yg ada di blog ini pak, klik aja botingkoblog, atau punya mas fatisyuhud…yakin bisa kok pak…hnya bth selingan waktu dan telaten..sukses semangat pagi…saya saat ini ada dibndung.

    Suka

  5. gmn cara buat wordpress ? aku tertarik punyak-nya pak ari. emang blog-nya ini bulanannya bayar berapa ? belajarnya buat blog wab-nya apa ? yg mudah dipelajari
    trim’s

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: