Oleh: Ari Sampit/wongtani | 16 Agustus 2009

Kiat Pembasmi Keongmas dan Bebas Antraknosa

patahtulangKeongmas Pomacea sp momok petani padi. Hama itu memakan batang dan daun padi berumur 15 hari. Pengendalian dengan moluskasida bersifat sementara, karena hanya mengatasi yang menempel di tanaman. Sedangkan keongmas di bawah permukaan air langsung menyusup ke dalam tanah. Keongmas mampu bertahan selama 2 tahun di dalam tanah. Sri Purbowati dari Laboratorium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggunakan patah tulang Euphorbia tirucalli. Gerusan 10 g patah tulang dilarutkan dalam seliter air. Ekstrak disebar ke lahan seluas 20 m x 20 m saat pengolahan tanah. Hasilnya, keongmas yang tersembunyi di dalam tanah pun mati. ***
Penangkal Bengkak Akar

Penyakit bengkak akar akibat serangan Meloidogyne sp menurunkan produksi terung. Untuk mengatasinya, tumbuk saja bawang putih dengan konsentrasi 40 g/liter. Siramkan 200 ml cairan itu di sekitar perakaran. Ekstrak bawang putih itu menekan bengkak akar pada tanaman terung. Penelitiannya dilakukan Ceppy Nasahi dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Perlakuan itu 10 hari sebelum tanam sampai 5 hari setelah tanam. Hasilnya, serangan Meloidogyne sp turun 72,13% dan 72,22% larva mati. ***

Bebas Antraknosa

Antraknosa momok bagi pekebun cabai. Tunjung Pamekas dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu membuktikan khasiat cangkang kepiting untuk mengatasinya. Cabai merah yang direndam dalam 20 mg/ml ekstrak cangkang kepiting terbebas dari serangan cendawan Colletotrichum capsici, penyebab antraknosa. Untuk mencegah serangan di lahan, semprotkan air rendaman cangkang kepiting di sekujur tanaman. ***

Semut Pengaman Jeruk

Semut rangrang acap bersarang di berbagai pohon buah-buahan. Sayang, keberadaannya dianggap sebagai pengganggu. Hasil penelitian Dr Nguyen Thi Thu Cuc, ahli serangga dari Cantho University, Vietnam, membuktikan Oecophylla smaragdina itu ternyata memiliki manfaat sangat besar. Semut api itu mampu memangsa berbagai hama seperti kepik hijau, ulat pemakan buah, dan kutu-kutuan pada jambu, kakao, mete, dan jeruk. ***


Responses

  1. Wah makasih mas bgung…..yang belum tau si patah tulang terbantu sekali… !

    Suka

  2. yang bingung dengan patah tulang. bisa pake google untuk liat poto-2 nya. kasih aja kata
    “Euphorbia tirucalli” ke simbah guugel… nanti biar diterawangkan. klik yang gambar/image biar keliatan gambar. jangan yang web.

    Suka

  3. untuk pencegahan antraknosa kenapa harus dengan air rendaman cangkang kepiting,,apa kandungan dalam cangkng itu,,apakah bener2 efektif.

    Suka

  4. info menarik,,,

    Suka

  5. boleh tahu mas, trubus edisi kapan?terima kasih

    Suka

  6. salam ayem tentrem…
    saya kok kurang mengerti dengan patah tulang itu, tolong jelaskan lebih lengkap lagi.
    dari cara awal sampai akhir.

    Suka

    • Waduh….mas, diulas lagi yah…wong aku dapatnya dari majalah trubus tuh, kalau tanaman patah tulang itu sih banyak aja di setiap daerah kok…keliatannya sih gak menarik tuh tanamannya tertapi punya pungsi herbal dan sebagai Fungisida alami seperti yg ditulis di Trubus..

      Suka

  7. Salam kembali…saya dapat info ini dari majalah trubus…dan Patah tulang itu juga termasuk tanaman hias juga obat-obatan, banyak kok yang tanam…selain tuk manfaat diatas sebagian orang bilang tuk obat patah tulang…

    Suka

  8. salam kenal….
    Tertarik dengan kiat membasmi keong mas dengan patah tulang, bisa dijelaskan PATAH TULANG itu apa…? sebelumnya sy ucapkan terimakasih…

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: