Oleh: Ari Sampit/wongtani | 21 Agustus 2009

Bau Ayam baunya duit ayam?

Picture11Beternak ayam pedaging/broiler ternyata tidak semudah yang kubayangkan, namun demikian karena rasa ingin tau sekaligus praktekkan sendiri Hebatnya produk Viterna maka aku putuskan untuk beternak ayam, sekalian memanfaatkan situasi sedang kemarau yang notabene cuaca bagus ketimbang musim hujan untuk beternak ayam pedaging ini bathinku. Dan Goal settingnya adalah harga daging ayam akan bagus bila panen mendekati lebaran.  Melalui VCD Peternakan ayam pedaging dari Nasa dan pengalaman teman beternak ayam dengan tambahan nutrisi dari Nasa semakin memantapkanku tuk berbau ayam dan nikmatnya bau duit ayam???

Kumulai persiapan dengan memperbaiki atap kandang yang lapuk dan bocor,  pekerjaan ini menghabiskan dana hampir Rp. 1.500.000,- yang meliputi harga atap daun rumbia 1000 lembar, paku dan upah dua orang pekerja. Selain dana diatas aku belikan pompa air kapasitas 200 watt seharga  Rp. 520.000,- cukup buat bersihkan kotoran ayam dikandang dan memompa air ke propil tank untuk persedian air minum si ayam.  Selang air cukup kita siapkan 50 meter, kemudian persiapan arang kayu dan drum untuk pemanas ayam baru datang sampai umur 5-7 hari, tak lupa sekam padi dan kertas koran untuk alas ayam dan plastik tipis untuk kelambu agar panas bisa merata tak cepat hilang.  Oh ya…kandang ayam yang kupakai adalah kandang ayam milik seorang teman yang patah arang karena tidak berhasil pada periode pertama ternak ayamnya, kusewa dan kumanfaatkan bersama teman saat berkutat di Balai Benih Padi.

anak ayam dan pemanas arang kayuHari sabtu tanggal 8 Agustus 2009 DOHC ayam kami tiba sebanyak 2000 ekor, yang sebelumnya ditandai dengan teken kontrak bagi hasil dengan perusahaan kemitraan.  Karena kandang dan peralatan sudah siap semuanyapun berjalan dengan baik, begitu datang ayam sudah masuk area penghangat, tak lupa minuman 1 cc Viterna per 1liter air sudah menyambutnya. Seminggu kayak merawat bayi nih dan sukurlah walau sempat dicuri tikus 4 ekor  dan mati 2 ekor saat tiba ayam kami sehat dan merata pertumbuhannya.  Pemanas arang kayu cukup menghemat biaya dan panasnya lebih baik daripada menggunakan kompor minyak tanah.  Pengalaman kami aplikasikan viterna sore hari berdampak pada suhu badan ayam tinggi keesokan harinya plus cuaca diluar panas sehingga ayam nampak seperti susah bernapas sehingga aplikasi viterna kami rubah pagi hari agar malamnya badannya hangat.  Setelah melalui seleksi ayam yang kerdil dan tidak sehat kami pisahkan sekitar 20 ekor.

Sampai tanggal 21 Agustus usia ayam kami 14 hari, kemaren kami berikan vaksin gumboro dan hebatnya ayam tetap lincah menyebar dan makan semakin kuat. Ayam yang tidak sehat kena vaksin akhirnyapun mati.  Kami ambil sampel berat rata-rata sudah mencapai 400 gram dan pakan yang dihabiskan sehari ini sudah 130 kg.  Dosis Viterna pada umur 15 hari kan kutingkatkan lagi menjadi 2cc/liter air setelah melihat kondisi ayam yang cukup sehat dan masuk hitungan FCR nya.  Yang sangat menyenangkan melihat ayam makan kuat, tumbuh merata, kotoran murni tidak terlihat bentuk pakan (pencernaan  baik), pemberian viterna rutin satu hari sekali sedangkan vitamin dari pabrik tetap diberikan dengan agak mengurangi dosisnya.

Kita tunggu hari-hari selanjutnya semoga pertumbuhan ayamku makin pesat dan terhindar dari penyakit, maklum agak was-was karena ini pengalaman pertamaku beternak.


Responses

  1. asal jangan baunya kecium tetangga pak, bisa dituntut ganti rugi kita.. Semangat terus ya pak..

    Suka

    • tetangganya sudah di sogok ayam ha ha ha jadi aman saja nih bos sarman p sagala

      Suka

      • wah, kalo gitu namanya sudah menjalankan CSR pak yah.. kayak perusahaan2 bonafide gitu..

        Suka

  2. Dès cette rentrée universitaire, l’équipe du Service Culturel vous propose une
    programmation variée dans chacun de ces lieux.

    Suka

  3. An interesting discussion is worth comment.

    There’s no doubt that that you should publish more on this issue, it might not be a
    taboo matter but usually people don’t speak about such issues.

    To the next! Kind regards!!

    Suka

  4. That puts e-commerce sites on quite a level playing field.
    Internet marketing is less costly than printed ads, radio or TV.
    Use online follow-up methods including email and become prepared to use direct
    mail.

    Suka

  5. I do not even understand how I ended up here, however I assumed this submit used to be good.
    I do not recognize who you are however definitely you’re going to a famous blogger in the event you aren’t already.

    Cheers!

    Suka

  6. My brother suggested I may like this blog. He used to be entirely right.

    This put up truly made my day. You can not imagine simply how
    a lot time I had spent for this information! Thanks!

    Suka

  7. I really like what you guys tend to be up too.

    This sort of clever work and exposure! Keep up the very good works guys I’ve included
    you guys to blogroll.

    Suka

  8. My brother suggested I may like this blog. He was once entirely
    right. This post actually made my day. You can not consider simply how a lot time
    I had spent for this info! Thanks!

    Suka

  9. An Aquaponics garden may be set up indoors or outdoors in the backyard.
    In fact, everyone will see this activity enjoyable and rewarding.
    Growing fish that may easily catch diseases and parasites could be disheartening.

    Suka

  10. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that service?
    Thanks!

    Suka

  11. Attractive section of content. I just stumbled upon your
    web site and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog
    posts. Anyway I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently
    rapidly.

    Suka

  12. Ahaa, its nice dialogue concerning this paragraph here at this weblog, I
    have read all that, so at this time me also commenting at this place.

    Suka

  13. Hi there, I desire to subscribe for this website
    to get most recent updates, so where can i do it please assist.

    Suka

  14. My spouse and I stumbled over here by a different web page and thought I might
    as well check things out. I like what I see so i am just following you.
    Look forward to exploring your web page for a second time.

    Suka

  15. Good day! Do you use Twitter? I’d like to follow you if
    that would be okay. I’m absolutely enjoying your blog and look
    forward to new updates.

    Suka

  16. Thank you for another informative site. Where else may I get that type of info written
    in such an ideal way? I have a mission that I’m just now running on, and I have been on the look out for such information.

    Suka

  17. What’s up to all, it’s genuinely a pleasant for me to go to
    see this web site, it contains useful Information.

    Suka

  18. This is my first time pay a visit at here and i am truly impressed to read all
    at alone place.

    Suka

  19. This excellent website truly has all of the information and facts I wanted concerning this subject and didn’t know who to ask.

    Suka

  20. wonderful submit, very informative. I’m wondering why the opposite experts of this sector don’t notice this.
    You should continue your writing. I am sure, you
    have a huge readers’ base already!

    Suka

  21. I am curious to find out what blog platform you’re utilizing? I’m having some minor
    security issues with my latest website and I would like to find something
    more secure. Do you have any recommendations?

    Suka

  22. I really like what you guys are up too. This sort of clever work and reporting!
    Keep up the awesome works guys I’ve added you guys to blogroll.

    Suka

  23. Hi friends, fastidious post and good arguments commented at this
    place, I am in fact enjoying by these.

    Suka

  24. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your article seem to be running off the screen in Opera.

    I’m not sure if this is a format issue or something to do with web browser compatibility but I figured I’d post to let
    you know. The design look great though! Hope you get the issue solved soon.
    Thanks

    Suka

  25. excellent points altogether, you simply won a logo new reader.

    What would you suggest in regards to your publish that you just made a few days ago?
    Any positive?

    Suka

  26. Excellent way of telling, and nice paragraph to obtain facts concerning my presentation topic,
    which i am going to deliver in academy.

    Suka

  27. What’s up friends, how is all, and what you desire to say concerning this article, in my view its genuinely amazing designed for me.

    Suka

  28. I’m a sixteen year guy in high school. I continue to hang out with my ex girlfriend in university. I nevertheless feel like I love her. What can i do to confirm or dispprove if I’m or not?
    .

    Suka

  29. Hey there! I’ve been following your blog for some time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Lubbock Texas! Just wanted to mention keep up the great job!

    Suka

  30. You ought to be a part of a contest for one of the greatest blogs on the web.

    I will recommend this site!

    Suka

  31. semngad

    Suka

  32. asslam.w.b

    salam kenal untuk semua peternak ayam.
    saya lingga,berdomisili di pulau batam
    doakan saya ya, kebetulan baru mau mulai berternak ayam nih
    kapasitas ayam 2000 ekor,panjang kandang 36 meter,dan lebar 6 meter.
    semoga saya sukses ya …
    amin.

    Suka

  33. Ass wr.wb..
    mohon pencerahan pak..
    bagaimana hitung-hitungan apabila kita kerjasama dengan penyedia bibit.

    terima kasih
    wassallam
    ahmad

    Suka

  34. gambar penghangat yg hemat gmn y?

    Suka

    • Pak Manbub M, saya hanya menggunaka kayu bakar untuk pemanas/penghangat….gunakan drum bekas potong dua, drum belahan tersebut untuk menampung kayu bakar untuk di bakar dalam kandang (liter)….sederhana sekali namun ayam saya is oke aja tuh…..!

      Suka

  35. aku mau tnya bagaimana cara pemanas yang bagus dan murah buat ayam..
    kirim k bambangbageur@yahoo.co.id

    Suka

    • Akang Bambang, aku peternak tradisional aja, melihat disekelilingku bnyk kayu bakar aku putuskan pake kayu bakar tersebut sebagai pemanas, tempat pembakaran dari drum dipotong jadi dua, lapisin bagian bawah dengan tanah agar mengurangi panas, beri alas batu bata agar gak membakar sekam, atasnya kasi penutup seng yg dibentuk segi empat, gantung saja pake tali….simple dan ayamku oke saja…..Trims dah mampir

      Suka

  36. Selamat anda sudah memutuskan untuk memulai berusaha dengan persiapan yang lumayan mantab dan saya do’akan semoga berhasil dan sukses. Salam kenal. Saya saat ini juga baru memulai kecil-kecilan beternak ayam pedaging dengan mamanfaatkan waktu luang sebelum dan setelah pulang kantor. Ya lumayan setiap dua minggu sekali saya panen ayam. Saya baru mulai bulan Juli 2009 dan sudah panen 7 kali. Ya lumayanlah untungnya … bisa untuk membantu biaya kuliah anak. wasalam

    Suka

    • Trims pak Pujiono atas supportnya…InsyaAllah kandang kami perbanyak lagi dan kombinasi dengan tanaman buah2an, Ayo pak dicoba pakai VITERNA doong, saat ini ayam saya umur 34 hari average BW 1,7 kg pakan habis 102 Zak, populasi 2150 ekor hidup dari 2200, kondisi lingkungan kandang kurang mendukung (becek dan lembab ditanah) .

      Suka

  37. Terimakasih mbak Christianan, kunjungan anda semakin membuat kita semangat lagi…salam buat rekan peternak dan buat mbak semoga senantiasa sehat dan sukses….Salam Nasa dan semangat pagi….

    Suka

  38. aku salut akan kerja kerasmu. moga sukses,,aku juga perternak yang sangat butuh pengalaman

    Suka

  39. Stainless tanks, Perawatan kesehatan ayam setiap hari pak dilakukan, terutama kebersihan lingkungan kandang dan alat-alat kandang, pemberian Viterna setiap hari kami lakukan untuk membuat ayam lebih sehat sehingga mampu menahan penyakit yg akan datang, dan efisiensi pakan.

    Suka

  40. Mas arief, jujur saya belum pernah menghitungya karena saya ikut sistem plasma…sebenarnya bisa dihitung mungkin lagi malesnya yang keluar. Obat-obatan saya gunakan diberikan oleh perusahaan, sementara tambahan yg luar biasa membuat saya berhasil adalah viterna…saya agak kurang PD bila beternak dan bertani tidak pakai pupuk dan nutirisi ternak dari nasa…

    Suka

  41. Klo untuk perawatan untuk kesehatan ayam biasanya dilakukan berapa hari sekali yah?

    Suka

  42. berapa estimasi biaya yang baik untuk berternak ayam broiler sebanyak 200 ekor, dan obat-obatan dan vit apa yang baik untuk ayam. karna saya baru ingin memulai mohon jawabannya.

    Suka

  43. […] yang sehat ya…..lebaran menunggu …! Related Post : Bau Ayam baunya duit ayam? Categories: Kesaksian Tag:viterna Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak […]

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: