Oleh: Ari Sampit/wongtani | 8 Mei 2009

PANEN SEMANGKA SUPER, RATA-RATA 15 KG

semangka turasman 2Boleh percaya boleh tidak,panen buah semangka di Purworejo tidak pernah melebihi 10 kg sebelum ini,bahkan jika ada yang lebih dari 10 kg malah menimbulkan ketakutan bagi petaninya.”Disini kepercayaan terhadap hal gaib sangat kental,kalau ada semangka berbuah lebih dari 10 kg,apalagi sampai 15 kg,petani malah ketakutan,tidak berani panen.Karena kepercayaan dari nenek moyang,daerah sini tidak mungkin panen sebagus itu,jika kok ternyata ada panen sebesar itu,ada pemikiran pasti diinginkan ratu kidul,jadi tidak berani dipanen.Kami hanya ambil yang kecil-kecil,yang besarnya lebih dari 10 kg kami bersihkan,kami bungkus dengan kain kafan,diberi doa,lalu dikubur,”demikian penjelasan Bpk Turasman.

“Saya pun kemarin juga begitu pak,melihat semangka saya besar-besar,awalnya saya sedih.Tapi setelah dijelaskan bahwa pertumbuhan yang cepat dan buah yang lebih besar ini faktor penggunaan Produk NASA,baru saya bisa bernafas lega.Tradisi tetap saya penuhi,semangka yang paling besar tetap saya kubur,tapi sisanya saya jual.Kemarin saya mengubur semangka yang beratnya sekitar 17 kg pak,”ujar Pak Turasman.

Memang sebelumnya rata-rata tanaman semangka di daerah Purworejo bagian selatan tidak begitu bagus.Setelah semangka 1pakai Produk NASA ternyata bisa lebih bagus.Hal ini secara ilmiah bisa dijelaskan karena faktor kandungan unsur hara lengkap yang ada di Produk NASA dan kandungan hormon perangsang tumbuh seperti auksin,sitokinin dan giberelin.

Cara aplikasi Produk NASA yakni POP SUPERNASA 1 sdm + 10 liter air disiramkan secara merata,POC NASA disemprotkan 3 tutup/tangki dicampur dengan HORMONIK 1 tutup/tangki.Sampai panen ini telah menghabiskan 8 botol POC NASA,4 botol HORMONIK,14 POP SUPERNASA.

Menurut Pak Turasman,berat semangka yang pakai Produk NASA jauh lebih berat daripada yang tidak pakai.Panjang buah mencapai 31 cm,berat buah 15 kg bahkan ada yang 17 kg,biasanya berat hanya 4-6 kg.Rata-rata berat 13 kg.Selain itu daun semangka yang pakai Produk NASA tetap bertahan hijau dan segar,sementara yang lainnya sudah mengering dan coklat.

semangka turasman1“Mudah-mudahan Produk NASA bisa berguna untuk membuka mata petani di daerah saya,bahwa sebenarnya kalau bercocok tanam dengan benar dan modern,hasil bisa lebih bagus,tidak sekedar hanya pasrah dan mengandalkan pola budidaya tradisional, ujar Pak Turasman menutup perbincangan.

sumber : http://nasa-agro.com/kesaksiansemangka2.html


Responses

  1. pupuk apa ya pak yg di pakai supaya buah nya besar??

    Suka

  2. siang pak, mau tanya kalau sudah pakai produk nasa POC,POP,Hormonik apakah harus tetap pakai pupuk anorganik? atau cukup pakai produk nasa saja?makasih..

    Suka

  3. Yang benar pak ????

    Suka

  4. pak….mau tanya knapa ttnm semangka saya banyak yng pecah pd batang dan layu tp banyak pula yang tdk pecah tp ttp layu jg!? saya petani dari Kaliaman Kec Kembang Kab Jepara! terima untuk jwbnnya matur nuwun

    Suka

  5. Apa ada cara pengendalian hama monyet (macaca fasicularis) yang suka mencuri buah semangka…Apa di suruh makan yang kenyang aja ya? Trus jual Kuacinya……Opo kabare mas?

    Suka

  6. Pak petani, semangka dipasarkan diloaksi setempat aja, biasanya petani tanam saat menjelang hrga bagus..jika tidak yah bnyk ruginya..alias kurang laku krn bnyk pilihan buah lain . kalau bisa yah bangun jaringan pemasaran dengan pedagang buah…

    Suka

  7. ni mau tnya tlng infonya utk memasarkan semangka dan hrg smanka kemana???y pak

    Suka

  8. Ya mas Sarwo..aku lagi sibuk juga he he he jadi gak sempat mampir ke patani semangka saat musim asap dan kemarau di kotaku, pasti mereka punya trik sehingga semangkanya masih bisa panen,

    Suka

  9. Kalo ada tehnik terbaru tanam semangka tolong diupdet lagi pak.

    Suka

  10. Selamat pagi pak solikin, maf baru bisa kasi komentar maklum lagi maen kepetani terus….wah bagus pak ditanah bekas sawah asal struktur tanah tanah tidak liat dan asam seperti disampit, ditanah gambut semangka oke lo pak di sampit…telpon saya aja 08125140796 atau saya yg telpon pak…ndak cukup dan puas bila disini…..
    Tetap semangat pak dan Inssyaallah BISA….

    Suka

  11. pak saya petani semangka selama ini belum pernah menggunakan prodak NASA, selama saya menana semangka hasilnya selalu kurang memuaskan dan sekarang saya tanam dilahan sawah bekas tanaman padi saya mintak bantuannya supaya hasil tanaman saya berhasil?

    Suka

  12. Malam Pak Selamat. wah bila cerita disini gak cukup pak, namun intinya tanaman butuh makan sama seperti kita manusia, ada nasi, lauk pauk,sayur mayur, susu dll. tanaman minimal butuh 13 unsur hara makro mikro dan hormon. bila semuanya dipenuhi dan kondisi lingkungan mendukung pasti bisa pak….tapi keahlian seorang petani juga turut mendukung, hormon sudah ada pada tanaman tapi mesti kita tambah dengan hormon organik dari luar yg mirip dg yg ada pd tanaman. pupuk pake aja yg pernah bpk pake namun tentunya ditambah pupuk organik NASAnya Indonesia….POC Nasa, Hormonik, Supernasa, powernutrision dll. ok selmat mencoba dan bila butuh pupuknya hub. saya he he he

    Suka

  13. mat siang pak aku penduduk kisaran aku mau tanya pak pak bagai mana biar semangka di kampung kami bisa besar melebihi dari 10 kg .apa paktor semangka biar besar .kita harus pakai hormon ?pupuk apa. terima kasi

    Suka

  14. Pagi Pak juma Nababan, silahkan dibaca di budidaya semangka pak. kalau didaerahku semangka yg besar cukup 5-7 kg saja karena pasar menghendaki yang demikian…

    Suka

    • selamat malam pak, mau tanya, di daerahku Kudus jawa tengah di mana untuk mendapatkan pupuk NASA, saya tertarik tapi tak tahu tempat membelinya

      Suka

    • pak apa nana pupuk nya supaya buah semangka nya besar ya??

      Suka

  15. Selamat pg pak.
    Saya mau tanya cara2 bertani semangka bagaimana ya,
    terimakasih.

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: