Oleh: Ari Sampit/wongtani | 9 Januari 2009

Kelapa Sawitpun oke !

Hasil Panen Pakai Produk NASA meningkat 4,3 ton/ hektar

“Pada awalnya saya dikenalkan produk NASA untuk meningkatkan hasil panen kelapa sawit saya lalu,katanya bisa menghemat pupuk kimia.Tapi saya tidak percaya begitu saja.Tapi karena penasaran,tetap saya coba.Ternyata saya bisa membuktikan dan hasilnya luar biasa hebat,panen bisa meningkat sementara biaya pupuk bisa ditekan”, ujar Bpk. Toyo selaku manager pelaksana dari Kebun Lisa.

Pemakaian Pupuk Makro/ NPK di Kebun Lisa ini memang benar-benar dihemat,bagaimana tidak,biasanya pupuk kimia menghabiskan 350 – 400 kg/ha.Setelah pakai produk NASA hanya menggunakan 175 kg / ha.Menghemat 50%.

Lokasi kebun kelapa sawit ini terletak di Ds. Wirabangun, kec. Simpang Pematang, Kab.Tulang Bawang, Lampung. Bibit yang ditanam campuran, ada dari lokal, Bakri Brothers, Marihat.Ditanam pada tahun tanam1999 dan 2001.Rata-rata saat ini berumur antara 7-9 tahun.Luas lahan yang bisa dipanen 48 Ha.

Produk NASA yang dipakai POWER NUTRITION, POC NASA, HORMONIK, AERO 810.Teknis pemberian 2 botol POWER NUTRITION + 60 tutup POC NASA + 1 botol HORMONIK + 2 tutup AERO 810 + 20 liter air dicampur,kemudian diberikan untuk 20 tanaman,masing-masing 1 liter per-pokok tanaman.Pemberian ini dilakukan setahun sekali.

Menurut keterangan Bpk Toyo,hasil penggunaan Produk NASA mulai kelihatan ketika sudah diaplikasikan selama 2 bulan,waktu itu yang mencolok terlihat adalah warna daun yang hijau mengkilat.Dan pada 4 bulan pemakaian sudah mulai terlihat bunga-bunga calon buah.yang lebih mengagetkan waktu panen lebih singkat,biasanya 5,5 bulan menjadi 4,5 – 5 bulan,sehingga lebih cepat panen.Selain itu tanah terasa lebih gembur,subur,berwarna hitam dan serangan hama ulat api juga sangat berkurang.

Secara keseluruhan,menurut Bpk Toyo,keistimewaan setelah pakai Produk NASA diantaranya adalah jumlah keliling buah bertambah,warna sawit lebih hitam dan yang lebih penting adalah berat janjang meningkat.Berat TBS ( Tandan Buah Segar ) biasanya 8 kg,setelah pakai Produk NASA bisa mencapai 17 kg,bahkan ada yang mencapai 27 kg.Potongan refraksi pabrik biasanya 12%-17%,setelah pakai Produk NASA refraksi pabrik hanya 3%-4%.

Selama Januari-Agustus ( 8 bulan ) hasil panen meningkat menjadi 4.304 kg/hektar.Sementara pada bulan Juli,ketika biasanya kena track,ternyata setelah pakai Produk NASA tetap berproduksi tinggi.

ssumber www.nasa-agro, www.natruralnusantara.co.id

Iklan

Responses

  1. This way, they can have some people from the institution to make the decision what is best for them in order that these people will not regret in the future due to this institution’s products.

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: