Oleh: Ari Sampit/wongtani | 6 Agustus 2009

PETERNAKAN

ViternaTANYA JAWAB BIDANG PETERNAKAN

1. Bagaimana Mekanisme kerja Viterna dalam menunjang pertumbuan dan produktifitas ternak?

Jawab:
Viterna adalah suplemen nutrisi murni yang siap diserap oleh dinding usus halus sehingga tidak diperlukan lagi proses pencernaan terhadap Viterna. Setelah Viterna diserap oleh dinding usus halus akan mengalami metabolisme yang normal seperti nutrisi yang diperoleh dari pakan. Penambahan Viterna ke dalam ransum bearti menambah kuantitas dan kualitas pakan yang diberikan.

2.Untuk ayam pedaging berapa dosis dan cara pemberiannya?

Jawab:
Cara pemberian melalui air minum dengan dosis 1-2cc/liter air minum(diberikan dari DOC masuk hingga panen).

3.Bagaimana aplikasi pemberian Viterna pada ayam petelur(layer), apakah tidak berpengaruh negatif terhadap produksi telur karena jika terjadi kegemukkan produksi turun?

Jawab:
Viterna merupakan produk yang diformulasikan untuk memacu pembentukan protein tubuh, jadi lebih spesifik untuk ternak yang menghasilkan produksi daging, namun demikian juga dapat bermanfaat untuk ayam petelur, hanya apliasinya harus tepat. untuk ayam petelur yang sudah produksi, dosisnya hanya 1cc/liter air minum/3-5hari sekali. hal itu untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukkan ayam yang dapat menurunkan produksi. untuk masa pembesaran hingga menjelang masa produksi dosis dan aplikasinya dapat disamakan dengan ayam pedaging.

sapi potong4. Apa manfaat Viterna pada sapi potong?

Jawab:
Beberapa pengaruh positif pemberian Viterna dalam ransum sapi Potong adalah:
Peningkatan nafsu makan sapi hal ini disebabkan terjadinya peningkatan aktifitas enzim-enzim penrencanaannya,peningkatan pembentukan daging sehingga pertambahan badan perhari (ADG=average Daily Gain) menjadi meningkat terutama pada sapi dengan ransum yang kekurangan nutrisi berkualitas(misalnya hanya diberi jerami padi dan rumput liar). pengurangan pembentukan lemak tubuh baik lemak daging(marbeling) maupun lemak yang disimpan di jaringan dan dibawah kulit (gajih) dan daya tubuh meningkat karena kelengkapan nutrisi yang dikonsumsi.

ayam broiler nasa5. Bagaimana manfaat VITERNA pada ternak ayam pedaging atau Broiler?

Jawab:
Manfaat yang diperoleh adalah mempercepat pertumbuhan ayam sehingga masa panen lebih cepat, menurunkan angka FCR sehingga menurunkan proposi biaya pakan, meningkatkan daya tahan tubuh ayam, peningkatan kualitas daging dalam hal penigkatan kadar protein, penurunan kadar lemak dan kolesterol serta rasa yang lebih enak, kotoran lebih kering dan bau berkurang sehingga menurunkan populasi lalat.

6. Bagaimana pengaruh VITERNA terhadap kualitas daging, parameter apa yang digunakan?

Jawab:
VITERNA dapat menigkatkan produktivitas ternak baik secara kuantitas dan kualitas. Secara kuantitas ditandai dengan pertumbuhan ternak yang lebih cepat sehingga masa panen dapat dipersingkat. Secara kualitas diukur dari kadar protein dan kolesterol daging serta rasanya. Hasil analisa laboratorium dari percobaan di lapangan menunjukkan bahwa:
– Daging tanpa VITERNA :
kadar protein : 20,78 % dan kadar kolesterol 206,78 mg/100 gr
– Daging dengan VITERNA :
kadar protein : 22,37 % dan kadar kolesterol 193 mg/100gr
Sehingga dapat disimpulkan daging dengan VITERNA lebih baik dan sehat dari pada yang tidak menggunakan VITERNA disamping itu dengan kadar protein yang lebih tinggi maka secara fisik tekstur daging lebih padat dan rasanya lebih enak hampir menyerupai rasa daging ayam jawa atau kampung.

7. Apakah yang disebut dengan FCR dan Bagaimana pengaruh pemberian VITERNA FCR tersebut?

Jawab:
FCR adalah singkatan dari Feed Convertion Ratio merupakan satuan untuk menghitung efisiensi pakan pada budidaya pembersaran atau penggemukan.
Rumus menghitungnya adalah : FCR = Jumlah pakan : Bobot hidup total
Semakin kecil angka FCR maka semakin baik pakan yang diberikan. FCR juga dapat digunakan untuk memprediksi besarnya keuntungan atau kerugian karena biaya pakan mempunyai proposi terbesar dalam struktur pembiayaan budidaya, yaitu bisa mencapai 80%

Sumber : http://forumnasa.blogspot.com

Iklan

Responses

  1. d cianjur yg jual viterna dmn ya pa?

    Suka

  2. mas ..bisa gak poc nasa di campur obat yang merk lain…

    Suka

  3. Bibit apa yang paling bagus. Dan bibit apa yang banyak di pakai para peternak ayam horen (broiler nasa)

    Suka

  4. […] stok ayam kita masih bisa menutupi,” lanjut Don menanggapi. (sumber: detik.com/ foto: wongtaniku.wordpress.com) « PreviousMendulang Untung dari Sang Maestro […]

    Suka

  5. Mas Farrel, Mas Andy dan mas eko, produk nasa hanya bisa didapatkan disetiap distributor nasa atau anda begabung menjadi distributornya, syaratnya hanya 60.000 untuk KIT belum ongkos kirim, sms atau call saya di 081250981098

    Suka

  6. dimana saya mendapat nasa

    Suka

  7. bapak terima kasih atas artikel yang disampaikan di blognya,, bagaimana cara mendapatkan produk nasa untuk daerah surabaya? minta info sekalian bapak atas harganya..

    Suka

  8. Maaf Mas Klau untuk Daerah Sukabumi, dimana bisa ditemukan Penyalur VITERNA nya.. ? trmks..

    Suka

  9. Mass klu utk daerah. Tebing Tinggi,Medan dimana bisa ditemukan penyalur viternanya dan siapa bisa dihub.I karna saya yakin dgn produknya saya mau beli.makasih mass tlg infonya ya mas….

    Suka

    • wah saya gak punya rekan distributor nasa disana mas Husin….jadi gak bisa bantu nih…padahal sayang kalau gak coba pake produk nasa nih….

      Suka

  10. Hubungi akang tasripin 081809697115 semoga beliau bisa bantu mas hendra…apabila ada hal yg ditanyakan ttg nasa secara khusus bisa sms ke no saya yah, trims, semangat pagi!

    Suka

  11. pak saya mau tanya kalo di daerah bandung mau beli Viterna plus dimana dan harganya berapa ???
    makasih…

    Suka

  12. makasih tips nya ya bang… ditempat q banyak sapi…

    Suka

  13. Semangat pagi pak edy,s…terimakasih sudah mampir dan semoga kelak bermanfaat tuk kita semua…

    Suka

  14. bagus banget artikelnya pak ari semoga ber manfaat pada kami suwatu saat

    Suka

  15. artikel bgs buat aku tg pemula jdi tau.
    tks

    Suka

    • Makasih mas sudah mampir…salam sukses

      Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: