Oleh: Ari Sampit/wongtani | 4 Februari 2009

Jeruk Kota Besi

yang seger dari Kota BesiManis juga……kecut juga bikin seger kok, nah loh maunya yang gimana? yang jelas bila udah mateng jeruknya manis kok dan bila agak kurang bagus hasilnya masih laku dijual sebagai jeruk peres dengan harga Rp. 2.000/kg.

Jeruk ini ditanam di Kecamatan Kota Besi, kondisi tanah gambut yang sudah lanjut dan dibutuhkan perlakuan pengapuran, pupuk organik dan anorganik agar pertumbuhannya bagus.  Asal bibit dari Jawa Tengah alias jeruk keprok, namun aman CVPD, dipilih karena kulitnya tebal sehingga bila dikirim jarak jauh tidak mudah rusak kata petani setempat. Jadi jeruk ini pernah dikirim keasalnya yakni pulau jawa….jeruk kok makan jeruk eh jeruk kok kangen jeruk?

Nah, karena aku jualan pupuk…sebagian petani jeruk ini juga pakai pupuk organik nasa lho, yakni power nutrisi, super nasa, poc nasa, hormonik, pestona dan glio.  Pupuk anorganik tetep pakai namun bisa dihemat.


Tanggapan

  1. Jum’at 13 Pebruari 09. team nasa jogja hadir dan menyaksikan kebun jeruk di kota besi….wah mereka terpana juga ditanah y gak bersahabat jeruknya oke banget…. pake ppk nasa tentunya….

    Suka


Tinggalkan komentar

Kategori