Oleh: Ari Sampit/wongtani | 5 Maret 2009

Tanam padi ala ari-2

ciherang cvl tinggi, tidak lulus benihTanaman padiku saat ini sudah berbunga serempak mendekati matang susu terutama yang ditanam sekitar tanggal 23 Desember 2008, vareitas Ciherang luas tanam 2 Ha kelas benih BP (Benih Pokok). Tapi sudah kami nyatakan tidak lulus karena cvl nya tinggi sekali, sayang memang namun urusan benih tidak ada ampunnya itu kesepakatan kami dengan pengawas benih tanaman (PBT) Wahyulin Parmanto, SP.  Padahal benih sumbernya kami peroleh dari Balai benih Induk Padi namun entah kenapa hasilnya tidak baik seperti ini, agar tidak mengecewakan petaniku yang lain tindakan tegas kami lakukan sejak dipertanaman.   Sukurlah tanaman padiku yang lain lulus pengawasan masa vegetatif, sumber benihnya dari PT. Pertani Jatim.  Tanaman tampak subur dan bila diamati seksama memang tidak ada campuran selain varietas ciherang, saat ini menjelang keluar malai namun belum serempak.  Cara tanam ala ari ternyata membantu sekali dalam hal kekurangan sdm petani untuk tanam sistim tegel/jajar, tanamanku terlihat ciherangku yang lulus pemriksaan lapang I dan IItumbuh normal bahkan cenderung sangat baik, anakan berkembang rata-rata  24-30 anakan dan beberapa ada yang diatas itu.  Melalui alur kosong inilah pemupukan lebih terjamin rata ke tanaman, penyiangan gulma menggunakan herbisida selektif  RICE STAR juga terpapar rata sehingga gulma jejagoan bisa dikendalikan.  Penyemprotan POC Nasa dan Hormonik pada umur 45 hari atau mendekati fase generatif aku lakukan dengan dosis lebih yakni 8 tutup poc nasa dan 2 tutup hormonik.

Aplikasi poc nasa dan hormonik sampai saat ini sudah 4 kali, dari dosis standar sampai dosis tinggi.  sebenarnya dengan dosis standarpun sudah bagus akan tetapi saya ingin mencobanya dengan dosis lebih, dari segi biaya tidak banyak pengaruh karena pupuk makro aku hemat dan harga benih cukup bagus, sehingga keuntungan masih banyak kok he he he…..!  pada beberapa petak lahan yang menggunakan supernasa jauh lebih bagus tanamannya, lebih sehat dan batangnya besar besar dan anakannya lumayan bikin kami puas.


Responses

  1. […] Tanam padi ala ari-2 | Petaniku dan Nasa – 1. KH. 745 Sampit Joko Ari P, SP (wongtani) 081250981098 Pin.Black Berry 3328BAA8 2. DANA SAFARI, BOYOLALI – JAWA TENGAH HP. 081225999901 Pin.BlackBerry …… […]

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: