Oleh: Ari Sampit/wongtani | 27 November 2009

Peringatan Dini Kondisi Cuaca di Indonesia

Ilustrasi

Jumat, 27 November 2009 | 08:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang kondisi cuaca di Indonesia yang berlaku mulai hari ini hingga 30 November.

Peringatan ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan aktivitas badai tropis NIDA di Samudera Pasifik sebelah utara Papua dan daerah pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan sebelah barat laut Kalimantan, di Samudera Hindia sebelah barat NAD serta barat daya Lampung. Badai tropis ini berpengaruh terhadap besarnya potensi pertumbuhan awan-awan hujan baik pada pagi, siang dan malam hari terutama di wilayah Indonesia sebelah selatan Khatulistiwa.

Disamping itu adanya anomali Outgoing Long Wave Radiation (OLR) di atas wilayah Indonesia terutama Indonesia tengah dan timur yang bernilai negatif (MJO aktif) serta suhu muka laut yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi mendukung besarnya potensi curah hujan yang akan terjadi.

Wilayah yang berpotensi  hujan lebat disertai  petir dan angin kencang adalah pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian tengah dan selatan,  Jawa Barat, Banten,  Jabodetabek,  Jawa Tengah bagian utara dan barat,  Jawa Timur bagian utara,  Kalimantan bagian barat, timur dan selatan, sebagian besar Sulawesi, Maluku utara, tengah dan tenggara serta  Papua bagian barat dan tengah.

Catatan:

Menjadi perhatian bagi petani hortikultura didataran lebih rendah disampit agar waspada debit pasang dan limphan air hujan bisa merendam tanamn. Untuk Padi sawah masih no problem belum ada pertanaman…banjir akan terjadi disawah namun hanya hitungan jam dengan catatan seluruh saluran air telah dibersihkan.


Responses

  1. Thanks info from your post.

    Suka

    • Thanks balik Donita..kelincinya lucu-lucu..yah ditempatku jarang yang piara kelinci padahala Viterna sangat bagus untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuhnya…

      Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: