Oleh: Ari Sampit/wongtani | 2 September 2009

Ayam Pedaging

coba seekor 1,2 kgHari ini umur ayam sudah 25 hari, populasi 2000 ekor kematian hanya 2 % saja itupun mati karena hanya kejepit lantai kandang dan dimakan tikus sementara yang tidak normal hidupnya gak tega matikan dan dipisah diarea sendiri.  Berat rata-rata sudah mencapai 1,25Kg, hasil sampling 2 betina dan 1 jantan dari 5 kali timbangan, sedangkan yang khusus jantan mencapai rata-rata 1,35 kg.  Berat tertinggi jantan mencapai 1,4 kg.

Hingga hari ini pakan perhari standarnya masih 250 kg namun kadang ditambah melihat napsu makannya cukup tinggi, kehendak hati ingin memberi pakan lebih dari aturan namun kami khawatir tepat uumur 35 hari sekitar  H minus 7 lebaran harga turun.  Harga dikandang saat ini masih bagus sekitar R. 16.000 – Rp. 16.500.   Pesatnya pertumbuhan ayam terlihat dari berat badan yang melebihi standar yang harusnya hanya 1,2 kg.   ayam sehat tampak kulit kemerahan akibat pemberian Viterna dan Poc Nasa yang sudah menghabiskan 6 botol.  Kami sengaja gunakan Viterna dan Poc nasa agak irit mengingat cuaca sangat panas khawatir suhu badan ayam terlalu tinggi yang berakibat pada stress,mungkin dimusim penghujan nanti dosis akan aku naikkan 2 cc/liter air diumur 15 hari sampai panen.

ayam pedaging by viterna dan poc nasaKami sangat puas, sisa waktu 10 hari ini berharap tidak ada penyakit, semoga…Bravo nasa !


Tanggapan

  1. Walaikum salam,
    Lebaran didepan hati, kamipun lega nasa terbukti
    ayampun sehat semua, target 1,8 kg 35 hari
    tinggal harganya janganlah hancur, sehingga hati kecil kembali
    namun kunjungan para upline jadi pemicu
    berlari mengejar mimpi dan masa depan
    bersama petani
    Bravo mas Aziz Sragen

    Suka

  2. assalam’alaikum
    lebaran mau tiba, ayam potongpun siap di panen.
    selamat menikmati hasil panen dihari raya idhul fitri terasa nasa dan viterna walau di musim kering.
    alangkah nikmatnya hidup ini.
    keluarga bahagia
    ibadah puasapun lebih tenang dan khusuk.
    wassalam

    Suka


Tinggalkan komentar

Kategori