Oleh: Ari Sampit/wongtani | 16 Agustus 2009

Pangkas ala Markus

nona pangkas

  1. Pohon yang siap dibuahkan di dekat batang berumur di atas 1,5 tahun.
  2. Pilih cabang berukuran besar minimal berdiamater 1,5 cm.
  3. Potong daun paling ujung dan daun-daun di pangkal cabang dengan menyisakan sedikit tangkai daun.
  4. Sisakan 4—6 daun paling ujung.
  5. Seminggu pascapemangkasan, bunga muncul di bekas daun yang dipotong.
  6. Setelah bunga berubah menjadi buah sebesar kelereng, sisakan satu buah di setiap dompol. Cabang besar bisa menggendong 2—3 buah asal dari titik berbeda.

Tulisan ini aku copy paste dari Majalah trubus karena ketertarikanku dengan buah yang memang enak ini disamping itu aku sudah mencoba tanam di dalam pot drum dan sudah berbuah, sehingga wacana diatas semakin mebuat aku ingin mengembangkannya dengan tanpa ragu. Di sampit harganya mencapai Rp. 50,000/Kg.


Tanggapan

  1. Wow its great to me mas, thanks and so i hope you always sucses. aku masukin link di blok saya mas semoga banyak yang akan mengenal kalimantan via tulisan mas norman

    Suka

  2. Excellent. Your blog very very excelent. I like it.

    Suka


Tinggalkan komentar

Kategori