Oleh: Ari Sampit/wongtani | 9 September 2014

Bakteri VS Bakteri

Pengendali Hawar daun bakteri

Pengendali Hawar daun bakteri

Xanthomonas campestris pv oryzae kadang dikenal petani penyakit kresek, sebab dampak serangan daun menjadi kering dan menimbulkan bunyi kresek-kresek ketika bersinggungan.  Bakteri ini mengintai padi sejak pembibitan hingga panen, artinya bisa menyerang padi tanpa mengenal usia.  Pada tahap pembibitan, serangan ditandai bercak bercak basah di tepi daun. Bercak itu kemudian meluas, daun menguning lalu mengering.  Di pertanaman gejala yang lazim dengan adanya garis-garis basah yang meluas dalam 2-3 hari, ditepi daun muncul bercak-bercak dan dalam 3-5 hari daun menguning.  Batas antar bercak dengan daun sehat ditandai dengan bagian yang tampak basah. 

Hawar daun bakteri merupakan momok menakutkan bagi petani, mampu menurunkan hasil sampai 50 % bahkan kalau parah bisa saja puso.  Bagaimana tidak mengurangi hasil panen bila serangan terjadi dimasa vegetatif terus menuju stadia  generatif membuat daun tidak bisa melaksakan salah satu fungsinya yakni fotosintesis.  Pemupukan urea hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, pemupukan yang berlebih akan membuat tanaman rentan serangan cendawan atau bakteri,  karena dinding sel menipis.

Kini saatnya kita manfaatkan bakteri “baik” corynebacterium untuk mengamankan serangan penyakit Kresek ini dengan cara sebagai berikut :

1. Rendam Benih Padi dalam larutan 2 sendok makan Corrin atau 2-4 gram per liter iter air bisa ditambahkan 2 ml/liter Poc Nasa.

2. Semprot bibit umur 15 hari atau 2 hari sebelum cabut dengan dosis 2 sendok makan corrin pertangki 14-16 liter.

3. Ulangi penyemprotan umur 25 , 30 dan 45 HST dosis 2 – 3 sendok makan corrin (2-4 gram/liter) pertangki 14-16 liter

4. Penyemprotan dilakukan pada sore hari supaya bakteri tidak mati terpapar ultra violet matahari.

corynebacterium tersedia dengan nama produk Corrin dari PT. Natural Nusantara Siap membantu petani padi mengendalikan penyakit Kresek alias Hawar Daun bakteri. 

Order cepat : Call/sms Ari Sampit 081250981098


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: