Oleh: wongtani | 21 Februari 2011

PADI INPARI 13, TAHAN WERENG COKLAT

start tanam Inpari 13 on 18 Peb 2011

sosialisasi varietas Inpari 13

Inpari 13 Tahan Wereng Coklat

Anomali iklim dengan frekuensi hujan terus-menerus setiap hari yang terjadi beberapa bulan belakangan ini menyebabkan kelembaban udara tinggi sehingga berpotensi memicu pertumbuhan hama wereng batang coklat (WBC) pada pertanaman padi.

“Jika perkembangannya tidak bisa dikendalikan maka bisa memicu peningkatan populasi yang menyebabkan meledaknya intensitas serangan. Ini bisa menyebabkan puso“, jar Ir. Sudir, Staf Ahli Hama Penyakit dan Proteksi Tanaman, Balai Besar Padi, Sukamandi Subang.

Sudir mengatakan populasi tinggi WBC dapat menyebabkan daun berubah kuning oranye sebelum menjadi coklat dan mati. Kondisi ini disebut hopperburn dan membunuh tanaman. Wereng batang coklat juga dapat menularkan penyakit kerdil hampa dan kerdil rumput yang sampai saat ini tidak bisa diobati. Pada kepadatan 1 wereng coklat per batang atau kurang, masih ada peluang untuk bertindak guna menekan populasi.

Penggunaan benih padi varietas tahan serangan WBC merupakan salah satu cara utama untuk mencegah dan mengatasi puso akibat serangan hama ini. Saat ini BB-Padi telah mengeluarkan varietas padi Inpari 13 yang tahan terhadap serangan WBC biotipe 1, 2 dan 3.

Keunggulan lainnya dari varietas ini adalah potensi hasil tanaman yang tinggi, sekitar 8 ton per hektar, umur tanaman genjah sekitar 103 hari, tahan terhadap penyakit blas ras 033 dan agak tahan terhadap ras 133, 073 dan 173, cocok ditanam di ekosistem sawah tadah hujan dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl dan tekstur beras yang dihasilkan lebih pulen.

Selain menerapkan varietas unggul, pencegahan WBC dapat dilakukan dengan penerapan teknik budidaya yang baik seperti bersihkan gulma dari sawah dan areal sekitarnya, hindari penggunaan pestisida secara tidak tepat yang dapat menyebabkan terbunuhnya musuh alami, amati wereng di persemaian setiap hari atau setiap minggu setelah tanam pindah pada batang dan permukaan air, periksa kedua sisi persemaian.

Sumber Sinar Tani

Potensi dan rata-rata hasil

Inpari 13 merupakan varietas berumur sangat genjah dengan umur tanaman 103 hari. Inpari 13 ini memiliki rata-rata hasiI 6,59 t/ha (potensi hasiI 8,0 t/ha). Sedangkan Inpari 1, 2, 3, dan Inpari 6 Jete termasuk dalam klasifikasi varietas yang berumur genjah (105-124 hari).  Keempat varietas tersebut memiliki rata-rata hasiI di atas 5 t/ha. Inpari 1 dengan umur 108 hari memiliki rata-rata hasiI yang tinggi, sekitar  7,3 t/ha dengan potensi hasiI 10 t/ha.   Sedangkan Inpari 2 yang berumur 115 hari memiliki rata-rata hasiI 5,83 t/ha dengan potensi hasiI 7,30 t/ha. Inpari 3 yang dilepas pada tahun 2008 memiliki umur panen sekitar 110 hari, rata-rata hasiI panennya sebesar 6,05 t/ha atau setara dengan potensi hasiI 7,52 t/ha, sedangkan Inpari 6 jete bila ditanam di sawah dataran rendah sampai tinggi (±600 m dpl) memiliki rataratahasiI sebesar 6,82 t/ha (potensi hasiI 12 t/ha) dengan umur panen sekitar 118 hari.  IR66 merupakan varietas yang mempunyai ketahanan biotipe lengkap memiliki  rata-rata hasiI 4,5 t/ha atau setara dengan potensi hasiI 5,5 t/ha.

Mutu beras

Selera konsumen di Indonesia sangat beragam, untuk daerah yang banyak  menyukai tekstur nasi pera dengan kadar amiIosa tinggi seperti Sumatera Barat, dapat menanam varietas tahan wereng cokelat IR66. Varietas tersebut memiIiki tekstur nasi pera dan kadar amilosa tinggi (25%). Varietas IR66 memiliki bentuk beras ramping. Masyarakat Indonesia di Pulau Jawa sebagian besar menyukai nasi yang pulen seperti nasi varietas IR64 dan Ciherang. Saat ini banyak pilihan varietas padi pulen yang tahan wereng cokelat di antaranya adalah Inpari 1, Inpari 2, Inpari 3, dan Inpari 13.

Keempat varietas tersebut mempunyai tekstur nasi pulen dan kadar  amiIosa sedang (20,1-25%).  Inpari 1 mempunyai kadar amilosa 22%, Inpari 2  18,55%, Inpari 3 20,57%, dan Inpari 13 22,40%. Varietas yang mempunyai kadar  amilosa lebih rendah adalah Inpari 6 Jete (kadar amiIosa 18%).  Bentuk beras yang banyak disukai konsumen adalah beras panjang dan ramping, seperti beras IR64 dan Ciherang.

Lain lagi dengan Inpari 2 yang diIepas pada tahun 2008, varietas tersebut memiliki bentuk beras panjang dan gemuk

About these ads

Responses

  1. umtuk bisa dapat benih IR 64/66 label ungu wilayah kediri bisa hubungi siapa. Trims

    • Cari di Balai benih Utama atau Balai Benih Induk Padi di Kediri mas, tanyakan sama dinas pertanian disana

    • Kami menyediakan benih IR64 dalam jumlah besar.
      Dapat menghubungi: 085759271271

  2. klo rasa berasnya g masalah…… yg penting bs panen bagus,toh mo d jual ke pembeli…. sudah panen aja sudah terimakasih,krn beberapa kali daerah kami slalu kena wereng ,tikus,patah tikus.adakah varietas padi yg tahan HAMA…?

  3. saya mencari benih inpari 13 dg label putih berapa perkgnya, tapi masa dormansinya sampai 2013 krn utk pertanaman oktober 2012. tlg infonya…..no yg bisa dihubungi 085264820096

  4. saya menanam Inpari 13, tapi setiap hari perang sama tikus. ada solusi………???????????

  5. [...] -            https://wongtaniku.wordpress.com/2011/02/21/padi-inpari-13-tahan-wereng-coklat/ [...]

  6. benih padi varietas aek sibundong, fatmawati, dan inpari 6. untuk wilayah yogya yang jual dmn yaa?

  7. Butuh benih inpari 13, inpari sidenuk. Inpari 6 hubungi cv babul fallah, wates kulon progo, yogya 0274773951 Atau 081802745008

  8. bagaimana dengan jenis B3,…minta info yang lengkap

  9. bagaimana dengan inpari 10?
    Apa cocok utk mt 2, di mt 2 mana lbh baik inpari 13 atau 10?

  10. Kirim Impari 13 ke Nganjuk per 100kg okirnya brapa?
    BS : Rp. ?
    FS : Rp.?
    SS : Rp.?

    Maturswun…

    • BS: 40.000
      FS: 10.000
      SS: 8.500
      Kami juga punya varietas baru namanya Inpari Sidenuk..

      • untuk inpari sidenuk, berapa per 100kg nya dan kalu kirim ke Palembang (Sumsel) Ongkos nya berapa?

  11. inpari 18 apa sudah ada

    • Harga benih inpari 13 atau ciherang:
      Label FS : 10000
      Label SS : 7500
      Harga belum termasuk ongkir.
      Melayani partai besar.
      Kalo berminat bisa hubungi ke nomer ini: 087760523323.

  12. ada inpari 18

  13. tetap kena HDB boss potong leher dan bakteri pada bulir

  14. inpari 13 tahan werenng tapi gak tahan hdb alias kresek dan potong leler boss apa ada yg menyediakan inpari 18 fs atau ss hub 085735010711 atau email :edysutopo19@yahoo.co.id

  15. saya orang demak,musim tanam kemarin saya tanam varitas inpari 13 memang bisa panen lebih cepat tapi rata-rata banyak di makan tikus, hasilnya juga mengecewakan karena informasi yang kami dapat dari pedagang (pemroses beras) gabahnya ketika di selep pada putus2 kecil-kecil sehingga gabahnya saya jual harganya lebih murah dari varitas sebelumnya (inpari1,2 dst).

    • Muhlis tarom, makasih sudah mampir mas…iya inpari 13 memang lebih genjah umurnya, tahan wereng juga katanya…nah kenapa ditempatku gak berkembang karena petani gak suka dengan sulitnya gabah inpari 13 dirontokkan, butuh mesin putaran tinggi namun akibatnya bulir pecah dan gak bisa buat benih..sedangkan rasanya nasinya masih tetep menang ciherang, cigeulis atau mekongga, monggo mas dipilah saja sesuai kondisi dan pasar di tempat jenengan

      • saya butuh bibit padi silosari,dimana tempat jual bibit silosari

  16. saya orang Randudongkal, kab. Pemalang Jawa TEngah, klo pesen padi jenis inpari 13 dimana yah??,

    • Di tempat kami Sukamandi, Subang banyak stock inpari 13 klas SS (label ungu per kilo Rp. 8500 maupun FS (label putih per kilo Rp. 10500) Pak..semoga berminat
      Hub: 085759271271

      • sukamandinya dimana pak nama toko dan alamatnya pak

      • untuk Pak Siswoyo..
        Sukamaandi itu daerahnya Pak..

      • mas ada inpari 18 klo ada hub 085735010711 harga ikut

  17. Kl mnrut saya inpari 6 krang than trhdap hama wereng,bktinya saya prnah cb tnam,, bru d persemaian bibit dah busuk n gosong.moga ja yg inpari 13 lbih tahan..

  18. mas dari semua jenis impari mana yang hasilnya paling bagus dan pulen

  19. apakah dimusim yang tidak tentu seperti pada saat ini tanam inpari 13 dianjurkan? soalnya saya khawatir inpari 13 mudah roboh menjelang panen nanti. bulan 11 ini petani didaerah kota mojokerto rata-rata sudah mulai tanam. mohon penjelasannya??

  20. inpari di pekalongan ada yang punya ga ya

  21. Posisi saya di palembang,

    saya ingin menanam padi, tapi jenis apa ya yang bagus dengan kondisi lahan yang agak asam?
    Kira2 saya bisa dapat bibitnya dimana ya?

    mohon bantuan informasinya…..trims
    Wisnuaji (ajiebond1003@gmail.com)

    • tanam padi inpara 2 (pulen) atau inpara 3 (pera) dijamin panen banyakpak..karena kedua varietas itu tahan di tanah masam dan genangan.

  22. yang butuh inpari 13 datang saja ke kelompok tani SIWALANSARI.di ds.siwalan,bener,kec.saradan,madiun.hub.bpk sunaryo.beliau menanam inpari 13 luas 1ha.panen pertengahan oktober.trim

  23. pengin inpari 3 FS dimana carinya ?

    • ada mas, datang aja ke dsn. Sambirobyong ds. klitik kec Geneng, berapa buthnya ada mas (081 359 182 324)

  24. saya sudah mencoba tanam inpari 13 hasil panen melimpah

  25. di madiun dapat inpari 13 dimana bapak?????????

    • numpang bantu, mungkin kami siap membantu pengadaan benih bapak Inpari 13, hub kami Agus Hadi 087839550188

      • boss ada inpari18 hub085735010711

  26. gimana cara mendapat padi impari 13 di pati jawa tengah

    • kontak kami pak di 087839550188 mungkin saya bisa bantu pengadaan di Pati.

  27. Kalo d wil. kediri dmana sy bs dptkan benih inpari 13..mohon infonya,thnks!

  28. Kami siap melayani pemesanan benih Inpari 13 beberapa klas:
    BS : Rp. 40.000/Kg
    FS : Rp. 10.500/Kg
    SS : Rp. 8500/Kg
    Semua harga tidak termasuk ongkos kirim.
    Kami sanggup melayani dalam jumlah banyak.
    Hub. 081234817676
    Sukamandi-Subang

    • ada benih ir 64 atau ir 65 ndak ?

  29. Kami siap melayani pemesanan benih Inpari 13 beberapa klas:
    BS : Rp. 40.000/Kg
    FS : Rp. 10.500/Kg
    SS : Rp. 8500/Kg
    Semua harga tidak termasuk ongkos kiri.
    Kami sanggup melayani dalam jumlah banyak.
    Hub. 081234817676
    Sukamandi-Subang

    • boss ada inpari 18 hub 085735010711

  30. Thank for all.. Buat kelompok tani klithik ngawi, kami bisa beli inpari 13 disitu ndak? (glodog magetan)

  31. kalo btuh inpari 13 klas apa aj bisa hubungi nmer ini: 081234817676.
    trima kasih.

  32. Saya punya stok Inpari 13 klas apapun..berapun jumlahnya saya sanggup.
    Hub.081234817676

  33. aku punya bibit anti wereng inpari 13 untuk pemesanan bisa hub. 085857039909

  34. informasinya sangat bermanfaat pak, tanks.

  35. bagaimna cara mendapatkan bibit inpari 13 ini??
    apa di ngawi sudah ad??
    bila sudah di mana saya bisa memperoleh bibit tersebut??
    tolong untuk info lokasi pembelian di sertakan juga.termakasih

    • Mas Wisanggeni, sepurane mas..diluar daerah aku belum tau infonya dimana kecuali di Balai Penelitian Padi Sukamandi Subang Jabar..aku punya stok namun kejauhan ya karena posisi di Kalteng…

    • Ada banyak, krn pada MT2 saya demplot 3Ha dengan hasil memuaskan. Krn kebiasan angka 13 merupakan angka sial maka kita sepakat inpari 13 kita sebut SONGGO LANGIT. Hubungi saya/kelompok tani dsn. Sambirobyong desa Klitik Geneng Ngawi (081 359 182 324)

  36. saya punya lahan 0,5 hektar.. bagaimana komposisi yang cocok dlm hal pemupukan…

    • Inpari 13 masib belum tersebar luas mas. Saya pu. Ya namun sayang posisi saya di kalimanta. Jadi biaya kirimnya lumayan

  37. VARIETAS INPARI 13 DAPAT DIPEROLEH DIMANA..? DIDAERAH SAYA MADIUN .. JATIM SAYA COBA CARI BELUM MENEMUKAN…/??

    • saya masih ada stok pak, Kalo berminat bisa hub, saya di nmr ini 085857039909

    • pak Eko mungkin saya bisa bantu, karena hari Selasa kemarin saya barusan kirim di Saradan madiun pak 420 kg, pak. hubungi kami 087839550188

  38. berapa rata-rata jml butir padi yang bernas dan yg hampa per malai pada padi inpari 6, ciherang dan IR 64, serta brp produksi dr masing masing varietas tsb

  39. Mohon diupayakan terus jenis padi yg tahan wereng, dan pupuk probiotik untuk tanah yang unsur haranya hanya 0,01. terima kasih

  40. Inpari 13 is the best,saya menanam lebih luas lagi.

    • Terimakasih pak Suli Partono..mohon berbagi pengalamannya ya disini agar kawan2 petani lebih mengenal lagi terhadap varietas ini…

  41. Inpari 13 Tahan Wereng Coklat . . .
    layak di coba utk di tanam pak . . .

    • Harus dicoba mas Rahmadi….menurut kawan2 di jawa yang sudah mencoba ternyata baik dan tahan wereng, tahan wereng bukan berarti tidak dikendalikan masih tahan serangan, namun wereng tetap dikendalikan dan si inpari 13 nya lebih tahan serangannya.

  42. Info yg bermanfaat pak .
    Terima kasih

  43. Bagai mana cara pemupukan Padi batang lembang. Apa kah tahan hama wereng coklat

    • Pak Arif ;
      Bentuk tanaman : Tegak, Tinggi tanaman : 93 – 115 cm, Anakan produktif : 13 – 19 batang, Warna kaki : Hijau, Warna batang : Hijau, Warna telinga daun : Tidak berwarna, Warna lidah daun : Tidak berwarna, Warna daun : Hijau, Muka daun : Agak kasar, Posisi daun : Tegak, Daun bendera : Tegak, Bentuk gabah : Ramping, Warna gabah : Kuning bersih, Kerontokan : Sedang, Kerebahan : Sedang, Tekstur nasi : Pera, Kadar amilosa : 27%, Indeks glikemik : 54, Bobot 1000 butir : 29 g, Rata-rata hasil : 6,0 t/ha, Potensi hasil : 7,8 t/ha, Ketahanan terhadap Penyakit : • Tahan terhadap penyakit blas daun dan blas leher malai, Anjuran tanam : Baik ditanam di lahan sawah sampai 700 m dpl.
      Melihat deskrisi diatas, pemupukan seperi biasanya saja pak, Seluruh dosis P (SP36) dan setengah Dosis KCL plus Sepertiga Urea ditaburkan untuk pupuk dasar, Sepertiga urea ditaburkan habis penyiangan umur 25 HST dan Sisa KCL plus 1/3 urea ditebarkan umur 40 HST. Akan sangat baik aplikasikan POC Nasa plus Hormonik sebagai pelengkap unsur mikro umur 15, 25, 35 dan 45 HST.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.556 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: