Oleh: Ari Sampit/wongtani | 27 Januari 2009

Sekali dipupuk nasa, panen padi meningkat

Cuma Pupuk Sekali Hasil Panen Tetap Meningkat

“Banyak tetangga dan teman-teman petani yang tanya ke saya,pakai pupuk apa?Kok dipupuk cuma sekali kok hasilnya bagus,”Bpk Hadi Mulyono memulai ceritanya,”Ya saya bilang saja,pakai pupuk baru dari Jogja,saya belum berani kalau pakai Produk NASA,karena baru kali ini saya mencoba.”

Bpk Hadi Mulyono,petani padi di Dsn Margo Mulyo,Ds Pandean,Kec Tayu,Kab Pati,Jawa Tengah.Awalnya mengenal NASA karena didatangi teman dari Jogja yang kebetulan distributor NASA.Ketertarikan pertama karena dikatakan bahwa Produk NASA adalah produk organik yang dalam penggunaan jangka panjang bisa menggemburkan tanah,hal ini karena kondisi tanah Bpk Hadi Mulyono yang sudah keras/rusak.Selain itu,selaku kepala desa,memang menjadi program desa untuk memakai pupuk-pupuk organik di lahannya.

Bpk Hadi Mulyono menanam padi di luasan lahan 5000 m2,jenis padi yang ditanam adalah ciherang,jarak tanam 20 cm.Mulai memakai Produk NASA pada umur 1 bulan.Dosis yang diberikan 4 tutup POC NASA + 4 tutup PESTONA+ 1 tutup HORMONIK + 1 tutup AERO 810,disemprotkan seminggu sekali.Sampai panen sudah disemprot sebanyak 4 kali.Penyemprotan dihentikan ketika padi mulai menguning.Untuk pupuk kimia memakai 150 kg campuran Urea,TSP dan KCL diberikan diawal tanam sebagai pupuk dasar.Selama memakai Produk NASA terjadi penghematan pupuk kimia,biasanya 225 kg,setelah pakai Produk NASA hanya 150 kg.

“Walaupun pupuk dikurangi,tapi saya bangga,karena pertumbuhan tanaman saya lebih bagus daripada tetangga.gambaran dan hasilnya berbeda dengan tetangga.Harapan saya nanti Produk NASA akan saya gethok tular-kan ke tetangga dan teman petani,”imbuh Bpk Hadi Mulyono.”Perkiraan saya per-rumpun bisa menghasilkan 1,5 – 2 ons.”

Dilihat sepintas saja memang tanaman padi milik Bpk Hadi Mulyono ini memang berbeda dengan tanaman di sekitarnya.Batang lebih tinggi,malai lebih panjang.daunnya awet segar dan warna hijau daun bertahan,walau padi sudah tua tapi daun tetap segar dan hijau.Menurut prediksi Bpk Hadi Mulyono,jika melihat pertumbuhan yang ada panen mencapai 3,5 ton,meningkat 0,5 ton dari biasanya yang hanya keluar 3 ton.Berarti tambahan keuntungan mencapai Rp 1.000.000,Sementara biaya pupuk mampu menghemat 75 kg,dari 225 kg menjadi hanya 150 kg.Menghemat biaya sekitar Rp 100.000.Jika dihitung secara ekonomis total penambahan hasil Rp 1.000.000 + penghematan Rp 100.000,total Rp 1.100.000.

“Saya merasa puas memakai Produk NASA,musim berikutnya saya akan memakai lagi.Jika nanti berhasil lagi maka saya akan anjurkan semua tetangga dan teman-teman petani untuk memakai Produk NASA,”demikian anjuran Bpk Hadi Mulyono.

copy paste dari :http://www.nasa-agro.com/kesaksianpadi3.htmlwww


Responses

  1. […] Sekali dipupuk nasa, panen padi meningkat […]

    Suka

  2. Salam kenal dan Semangat pagi….Hidup Pertanian..he he he… Penyemangat pak tuk senantiasa senang bertani…saya petugas pertanian sekaligus petani dan peternak bersama kawan-kawan petani dan sudah mengaplikasikan kesemua komoditi dan ternak dan ikan hasilnya ya memang memuaskan seperti keaksian diseluruh indonesia…mari pak bertani dan tentunya gunakan produk ramah lingkungan NASA…

    Suka

  3. Salam kenal,
    Saya jadi kepengen jadi petani beneran dan tambah menggebu-gebu.
    Saya sudah mengamati produk dan kesaksian nasa pd petani, sepertinya sangat memuaskan sebagai pupuk.
    Terima kasih atas info2 nya.
    Hidup nasa dan petani.

    Suka

  4. Terimakasih mas Agus Fazri atas semangatnya….so pasti mas perusahaan akan pikirkan itu, sementara 4 tahun saya bergabubg kualitas tetap top markotop nih…he he he…saya buktikan sendiri soalnya .

    Suka

  5. Karena sudah banyak kesaksian produk NASA, saya harap kepada pabrik NASA harus mempertahankan kualitas produk NASA…….. jangan sampai diawal produksi bagus lama-lama untuk penghematan produksi maka hasil produksi menjadi buruk…….. HIDUP NASA……….

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: