Oleh: Ari Sampit/wongtani | 1 Februari 2009

Pengalaman Tan. Karet dengan NASA

aplikasi nasa pada tan. karet

Nama Saya : Hadinansyah KA, alamat rumah Jl. Muchran Ali GG.Pos Polisi no. 16 B rt,23 rw,07 Baamang Tengah Sampit Kalteng Hp. 085249706105.

Saya memiliki sebidang tanah seluas 5000 M persegi, saya tanami bibit karet 500 pohon berupa bibit karet cabutan karet lokal yang besarnya kira-kira seukuran batang rokok.   Dengan pengetahuan yang ada saya pelihara kebun dengan membersihkan dari rumput dan tumbuhan pengganggu lainnya.  Saat umur karet 6 bulan saya berikan Urea Campur NPK sebanyak 2 sendok makan pertanaman, reaksinya karet sayapun menampakan perubahan dengan munculnya tunas baru.

saat demo di petani bersama stokis kh.745Umur karet setahun besar batangnya hanya seukuran telunjuk tangan saya, sayapun bertanya dalam hati… Kalau begini kapan panennya??? satu tahun kok perubahannya hanya sebesar telunjuk tangan.  Setelah saya pikir dan amati ternyata lahan/tanah kebun tidak mendukung pertumbuhan  karena keras dan berpasir.   Akhirnya saya temukan pupuk Nasa, saya coba beli satu SUPER NASA 250 gram + NPK 20 kg saya campur air 500 liter untuk mengocor 500 pohon artinya  i liter perpohon. Awalnya sih juga ragu apa bisa ya pupuk sekecil ini membuat tanamanku berubah?. Hasilnya terlihat 1 bulan setealh saya kocor/siram dengan tanda pucuk (tunas) bermunculan terus menerus selama 4 bulan, tanah makin gembur, pohon karetpun ikut membesar.  Kini setelah 6 bulan pohon sudah seukuran batrey Evereadi besar.

Umur Karet 1,5 tahun saya pupuk lagi dengan dosis 1 botol Super nasa + 1 btl POC NASA + 1 Btl Hormonik + NPK 20 kg campur dan aduk dengan air 500 liter untuk 500 tanaman ( 1liter/pohon).  Hasilnya terlihat setelah satu bulan kemudian, tunas baru bermunculan lebih besar ukurannya dari rantingnya, kulit pohon retak retak karena pembesaran pohon sangat cepat dan tanah tampak sudah berubah gembur keseluruhan.  Setelah 6 bulan kemudian kini batang pohonnya seukuran botol air mineral kemasan 1,5 liter.

kebun demo karet lokalUmur karet 2 tahun saya pupuk lagi dengan dosis 2 Super nasa + 1 POC nasa + 1 hormonik + 20 kg NPK campur 250 liter air utuk mengocor 250 pohon karet.  Sekarang umur karet saya 2,5 tahun besar pohon rata rata berdiameter 15 cm.  Kalau begini saya berani menargetkan bahwa 2,5 tahun lagi sudah berdiameter 30 cm dan sudah bisa dipanen (disadap).

Kesimpulannya dengan Nasa mempercepat pertumbuhan dan mengemburkan tanah.  semua ini adalah pengalaman pribadi saya sebagai petani karet lokal. Bagi saya, NASA TEMAN SEJATI SAYA

kEPADA PARA PETANI, PEKEBUN SAYA HARAPKAN UNTUK MENCOBA KARENA MENCOBA KITA TAU BUKTINYA DAN PASTI ANDA AKAN MEMPUNYAI PENGALAMAN SEPERTI SAYA.

SALAM NASA…


Responses

  1. saya dimedan pak, dimana saya bisa mendapatkan produk nasanya? tolng di dismskan alamatnya ke no saya 081362368170. thanks

    Suka

  2. kalau d kalbar,distributor nya di mana ya ?

    Suka

    • Bapak Wan aja yg jadi Distributor gimana nih….Di kalbar saya tidak punya jaringan pak jadi mesti sampean dulu yg jadi distributor…call saja saya yah…

      Suka

  3. Artikelnya sangat Membangun,,,semoga Petani karet kita lebih maju…Salam.

    Suka

    • Terimakasih..maju petaninya makmur harapannya pak..!

      Suka

  4. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berkebun karet yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: