Oleh: Ari Sampit/wongtani | 13 Maret 2009

Laporan kunjungan kerja ke sampit-muara tewe

training produk nasa di sampitOleh : Ir. Agus Budi S. dan Ir. Syahriar Reza

LAPORAN KUNJUNGAN KERJA KE SAMPIT–MUARATEWEH KALIMANTAN TENGAH TGL 12 – 21 FEBRUARI 2009 AGUS BUDI S – SYAHRIAR REZA
1. Tgl 13 Febrauri 2009; Kami mengunjungi Lahan Pertanian binaan SL-PHT Dinas Pertanian Sampit yang telah menggunakan produk-produk NASA bersama Leader Nasa di Sampit Bp. Joko Ari ( Distanak dan Stokist KH-745), Bp. Kusyono (Kepala laboratorium PHP), Mujito (POPT) dan Bu Yulin (PPL). Di Lahan cabe Besar milik Bp. Suwarno yang dulu endemi penyakit layu Fusarium ternyata setelah diterapi dengan Natural GLIO bisa mengurangi serangan penyakit layu dan hampir dikatakan tidak ada satupun tanaman yang terserang layu Fusarium, kata Bp Mujito selaku pembimbing petani SL-PHT. Selain itu kami juga mengambil kesaksian yang luar biasa untuk tanaman Pare, Jagung, Timun, Jeruk dan Terong yang semuanya itu ditanam di tanah masam dan gambut tetapi dengan teknologi NASA semua bisa tumbuh dengan normal dan spektakuler.
2. Tgl 14 februari 2009 : Training Produk NASA di aula Dinas Pertanian dan Peternakan Sampit – Kota Waringin Timur. Acara dimulai pukul 08.30 WIB, Dihadiri oleh Bp. Hanif  Budinugroho selaku Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sampit kabupaten Kota Waringin Timur, selain itu juga hadir para PPL dan kelompok tani se- Kab. Kota Waringin Timur kurang lebih ada 85 orang. Leader Nasa yang hadir : Bp. Joko Ari ( KH-745), Bp. Kusyono, Bp. Mujito, Ibu Yulin dan Bp. Hedinansyah. Acara sangat antusias sekali karena selain dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan langsung juga hadir pemateri yang handal dari PT. Natural Nusantara yaitu Ir. Agus Budi Setyono ( TS. Hama & Penyakit ) dan Ir. Syahriar Reza ( TS. Budidaya dan Pupuk ). Selain itu juga antusias peserta yang sangat luar biasa dengan adanya diskusi, tukar pengalaman dan adanya pertanyaan sampe 5 session tanya jawab ( persession = 5-6 penanya) dan tak terasa acara sampai jam 14.00 WIB, kemudian habis acara kami bersama Bp. Joko Ari dan Bp. Hadinansyahmengunjungi lokasi perkebunan karet di luar kota seluas 50 Ha.
3. Tgl 18 Februari 2009 : Acara Training Produk di Kantor Balai Desa Padran Permai Butong Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Kal-Teng. Leader NASA : Bp. Bowo dr Jogja dan Ibu Irgawati (Mantan Kades) dengan dihadiri Staf PT. AGU, PPL, Kelompok Tani. Jumlah peserta : 45 orang. Acara dimulai pukul 09.00 – 12.30 WIB. Kemudian kami melanjutkan perjalanan untuk Training Produk di Balai Desa Trinsing – Barito Utara, Leader NASA : Alwi Sulistyo, Heriman Supardi dan Hanafi. Acara dihadiri oleh Kepala BPP Muara Teweh, PPL, Kelompok Tani. Peserta : 40 orang. Acara mulai pkl 14.00 – 17.00.
4. Tgl 19 Februari 2009 : Training Produk dibagi 2, yaitu a. Ir. Agus Budi Setyono jalur Bp. Bowo dr Jogja di SMK Negeri 2 Muara Teweh, Leader NASA : Alwi S dan Bowo, Peserta : 100 orang, terdiri dari guru, siswa, PPL dan ketua – ketua kelompok tani. Acara sangat antusias berkat kepiawaian TS kita yang penuh humor, antusias dan semangat memaparkan wawasan dunia pertanian, hama penyakit, peternakan dan perikanan, meskipun kondisinya sudah drop akibat flu dan batuk tetapi tetap profesional. Selain itu juga berkat dukungan Effen Organizer mas Alwi et al yang shooting dari awal sampai akhir acara tanpa kenal lelah dan tetap semangat Pagi teru…..uuus. Acara dimulai jam 09.00 buka oleh bp. Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Muara Teweh dan berakhir jam 12.30.
b. Ir. Syahriar Reza jalur Bp Tri Wasono Jogja di Gedung Kota Muara Teweh. Leader : Bp. Eko dan Bp. Khoirul. Peserta : 15 orang. Meskipun yang hadir sampai siang sedikit tapi TS kita tetap antusias dan semangat memaparkan wawasan dunia pertanian dengan yel NASA ” Semangat Pagi ”….acara dimulai jam 10.30 – 13.00
c. Siangnya setelah acara Training produk, selanjut kami mengujungi lahan sawit milik Bp. H. Arul seluas 100 Ha. Dengan mengendarai mobil Terano milik H. Arul kami ber-7 dengan jalan yang gronjal-gronjal dan berliku-liku, kurang lebih 1 jam kami tiba di lokasi kebun sawit sekitar jam 15.30. kurang lebih 1,5 jam kami bertukar pikiran mengenai bagaimana berbudidaya tanaman sawit yang baik dan benar serta cara meningkatkan produksi. Akhirnya tak terasa waktu begitu cepat akhirnya kami memutuskan pulang sekitar jam 17.00. Sesampai di rumah Bp. H. Arul sekitar jam 18.00 kami langsung dikejutkan dengan dilihatkan cek senilai Rp 130 juta untuk membeli produk-produk NASA langsung dari Bp. H. Arul yang diberikan ke Leader NASA Jogja yang Luar biasa Mas Bowo.

Tanggal Publikasi: 03-March-09, Jam : 11:06:29

Sumber :

http://www.naturalnusantara.co.id/indek_7_1_1.php?id=35


Iklan

Responses

  1. salam kembali kawan! …sukses selalu VOB nya yah….trims dah mampir

    Suka

  2. salam dari kami di barito utara…

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: