Oleh: Ari Sampit/wongtani | 23 Oktober 2015

CARA MEMUPUK JERUK

Jeruk siam SampitSampai hari ini, Jum’at 23 Oktober 2015 kondisi kotaku sangat parah terkepung asap akibat pembakaran/terbakarnya lahan dan tanah gambut.  Sepantasnya sudah tidak sehat lagi dan harus mengungsi ke arah pantai yang lebih bersih dari paparan asap, namun kami masih kuat dan sabar.

Tidak boleh hanyut dengan kondisi bencana ini, mari kita petani harus menyiapkan kembali lahan yang terbengkelai karena tak bisa berbudidaya lagi.  Sebagai petani jeruk saya mempersiapkan pemupukan kebun jeruk diawal musim penghujan nanti dengan cara sebagai berikut :

  1. Bersihkan lahan seputar tajuk pohon jeruk dan kalau mampu bersihkan semua area tanaman agar sanitasi tanaman terjaga baik.
  2. Buat alur melingkar di tepi tajuk terluar atau minimal diameter 1 meter (jeruk umur 4 tahun)
  3. Masukkan pupuk dalam alur yang di buat dan ditutup kembali.

Dosis pemupukan pertama sebagai berikut :

  1. NPK Phonska 700 kg
  2. Supernasa Granule 80 Kg
  3. Power Nutrisi 3 Kg
  4. Ketiga pupuk diatas di campur hingga rata dan ditaburkan dalam alur keliling pohon jeruk dosi 1 kg/pokok
  5. Semprot POC Nasa dan Hormonik plus Insektisida untuk mengendalikan Trip dan tungau seminggu sekali 3 kali berturut-turut
  6. Selanjutnya aplikasi semprot memperhatikan kondisi tanaman.

Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah buah terbentuk dan sebesar kelereng atau minimal 4 bulan setelah pemupukan pertama dengan menggunakan Pupuk NPK Palmae dari Yara Mila Plus Power Nutrisi.

To be continued


Tanggapan

  1. […] Sampai hari ini, Jum’at 23 Oktober 2015 kondisi kotaku sangat parah terkepung asap akibat pembakaran/terbakarnya lahan dan tanah gambut. Sepantasnya sudah tidak sehat lagi dan harus mengungsi ke arah pantai yang lebih bersih dari paparan asap, namun kami masih kuat dan sabar. Tidak boleh hanyut dengan kondisi bencana ini, mari kita petani harus menyiapkan kembali… Baca selengkapnya… […]

    Suka


Tinggalkan komentar

Kategori